10 Game Pokémon Paling Populer Sepanjang Masa

Seri permainan menangkap monster ini memang terus digemari.

Anda fans sejati Pokemon? Sudahkah Anda memainkan 10 game Pokemon terlaris sepanjang sejarah yang ada di daftar ini?

Menyebut nama Pokémon tentu akan mengingatkan para gamer terhadap banyak sekali video game yang hadir di berbagai platform. Karena memang franchise Pokémon telah hadir sejak tahun 1996, dan secara konsisten terus menghadirkan seri baru game-nya.

Ada puluhan game Pokémon yang dihadirkan sejak 26 tahun yang lalu. Dan menyebut mana seri terbaik dari deretan game-game ini tentu terasa sangat subyektif. Karena tentunya setiap gamer akan memiliki memori masing-masing pada setiap serinya.

Untungnya, membicarakan mana game Pokémon yang paling populer masih dapat divalidasi melalui penjualannya. Sehingga berikut adalah 10 game Pokémon paling populer sepanjang sejarah.

10. Pokémon Brilliant Diamond and Shining Pearl (2021)

Penjualan: 14.65 juta kopi

Siapa yang menyangka bahwa salah satu game terbaru dari serinya, berada di ujung dalam daftar ini. Namun perlu diingat bahwa di bawah game ini masih ada belasan game Pokémon lainnya.

Salah satu penyebab mengapa game ini tidak dapat masuk ke dalam posisi atas karena fakta bahwa Pokémon Brilliant Diamond and Shining Pearl adalah sebuah remake. Ditambah lagi review terhadap game ini juga biasa saja.

9. Pokémon Black and White (2010)

Penjualan: 15,64 juta kopi

Bagi para fans Pokémon yang telah mengikuti game-nya sejak jaman 2D, maka game yang satu ini mungkin ikonik karena menjadi seri yang menutup style 2D yang dibawa oleh Pokémon sejak awal.

Selain itu seri ini menjadi salah satu seri Pokémon dengan cerita yang paling baik. Bahkan para pemain mungkin akan mulai mempertanyakan apakah Pokémon yang mereka buru tersebut memang ingin ditangkap atau digunakan dalam duel.

8. Pokémon Ruby and Sapphire (2002)

Penjualan: 16,22 juta kopi

Sebagai salah satu game yang muncul di beberapa generasi konsol. Pokémon juga mengalami beberapa lompatan grafis, salah satunya pada seri Pokémon Ruby and Sapphire ini.

Game ini menjadi yang pertama yang muncul pada konsol baru Nintendo kala itu, yaitu Game Boy Advance. Dengan konsol baru, Pokémon pun mampu melakukan lompatan grafis yang signifikan pada seri ini.

7. Pokémon Sun and Moon (2016)

Penjualan: 16,27 juta kopi

Seri Pokémon satu ini mungkin menjadi salah satu yang kontroversial bagi para fans Pokémon. Developer Game Freak membawa beberapa perubahan yang membuat para fans senang dan tidak sekaligus.

Region Alola yang diusung dalam game ini disenangi para pemain karena memberikan nuansa liburan yang belum ada sebelumnya. Namun perubahan yang dilakukan pada sistem gym juga membuat para fans cukup kesal.

6. Pokémon X and Y (2013)

Penjualan: 16,58 juta kopi

Black and White memang membawa dunia Pokémon lepas dari grafis 2 dimensi, namun seri yang benar-benar membawa game-nya ke dunia 3 dimensi adalah seri X and Y ini. Dan hal tersebut sudah cukup untuk membuat para fans membeli game ini.

Karena terlepas rasa penasaran melihat Pokémon dan dunianya dalam 3 dimensi seri X dan Y memiliki aspek lain yang sangat biasa-biasa saja. Ceritanya cukup membosankan, region yang diusung tidak menarik, namun seri ini berjasa untuk mengawali transisi ke grafis 3D dari serinya.

5. Pokémon Diamond and Pearl (2006)

Penjualan: 17,67 juta kopi

Bisa dibilang seri Diamond and Pearl merupakan penyempurnaan dari Ruby and Sapphire. Terutama untuk sistem jual-beli dalam game-nya yang akhirnya tidak lagi menggunakan sambungan kabel.

Selain itu, salah satu faktor yang membuat seri ini menarik adalah kembalinya Team Rocket sebagai tokoh antagonis utama dalam game-nya. Secara keseluruhan game ini menjadi salah satu favorit di kalangan para fans.

4. Pokémon Gold and Silver (1999)

Penjualan: 23,73 juta kopi

Menjadi bagian dari generasi awal game Pokémon, Gold and Silver bisa dibilang sebagai penyempurnaan desain original game-nya. Game ini berhasil memenuhi ekspektasi para fans dari game-game sebelumnya.

Beberapa yang ikonik dari seri ini antara lain adalah masuknya generasi kedua Pokémon, implementasi pergantian siang dan malam, perkembang-biakan Pokémon, dan berbagai fitur menarik yang terus digunakan di seri-seri selanjutnya.

3. Pokémon Sword and Shield (2019)

Penjualan: 24,27 juta kopi

Seri Sword and Shield mendapatkan penjualan yang menakjubkan karena statusnya sebagai game Pokémon pertama yang masuk ke dalam konsol Nintendo.

Hal tersebut membuat banyak fans dan pemain awam yang penasaran dengan perubahan apa yang dibawa dalam game ini. Selain itu,latar region Galar yang terinspirasi dari Inggris juga menjadi daya tarik tersendiri terhadap game ini.

2. Pokémon Red, Blue, and Green (1996)

Penjualan: 31,05 juta kopi

Red, Blue, and Green merupakan game yang menjadi titik awal kesuksesan berkelanjutan yang dimiliki franchise Pokémon. Dirilis pada 1996, game ini membawa banyak fitur modern untuk jamannya.

Para pemain bebas mengeksplorasi region Kanto untuk menangkap 151 Pokémon yang kini menjadi daftar legendaris untuk para fans. Fitur multiplayer via kabel juga memungkinkan pemain dapat melakukan pertarungan dan jual-beli dengan pemain lain saat itu.

1. Pokémon Go (2016)

Penjualan: Lebih dari 1 miliar unduhan

Meskipun bukan berasal dari seri utama game-nya, namun Pokémon Go merupakan game Pokémon paling populer yang pernah dirilis oleh The Pokémon Company. Pada saat dirilis, game ini bisa dibilang benar-benar menguasai dunia.

Sistem petualangan yang berdasarkan lokasi dunia nyata, mekanisme menangkap Pokémon yang intuitif, dan juga sistem interaksi dunia nyata membuat game mobile ini disukai baik oleh para fans dan juga orang awam.

Dan meskipun popularitasnya kini telah meredup, namun game ini masih cukup konsisten dimainkan oleh banyak orang di seluruh dunia. Tidak mengherankan bila akhirnya Niantic, Inc. masih memberikan update dan event untuk game ini.