30 June 2022

by Hans Thio

Guide Yu Zhong Mobile Legends 2022, Fighter yang Bisa Mendominasi Teamfight

“I would rather betray the world, than let the world betray me.” - Yu Zhong

Yu Zhong memang bukan hero yang mudah dikuasai, meski skill-skillnya terlihat sangat flashy. Tapi, Anda tak perlu khawatir, karena di sini kita akan bahas lengkap guide Yu Zhong Mobile Legends di 2022.

Kerap digunakan untuk mengincar hero lawan, Yu Zhong merupakan fighter yang memiliki kemampuan sustain serta ultimate yang kuat. Meskipun begitu, fighter ini memiliki skillset yang cukup unik dibandingkan hero pada umumnya. Oleh karena itu, kami membuat guide lengkap bagi yang ingin menguasai Yu Zhong.

Di guide kali ini, kita akan mengulas skill, combo, emblem, battlespell, dan build terbaik Yu Zhong dengan detail. Tidak hanya itu, kita juga akan membahas kelebihan dan kekurangan Yu Zhong. Tanpa basa-basi lebih lanjut, mari kita simak guide Yu Zhong Mobile Legends 2022.

Guide Yu Zhong Mobile Legends 2022

Image Credit: Moonton

Penjelasan Skill Yu Zhong Mobile Legends

Tergolong unik, Yu Zhong merupakan hero yang memiliki empat skill aktif dan satu skill pasif. Tidak seperti hero pada umumnya, Yu Zhong tidak mempunyai mana. Sebagai gantinya, Yu Zhong memiliki Sha Essence, efek yang memberikan movement speed serta spellvamp tambahan saat terisi penuh.

Pasif: Cursing Touch

Setiap kali Yu Zhong memberikan damage kepada hero lawan, ia meninggalkan Sha Residue kepada target dan mengumpulkan Sha Essence. Sha Residue akan meledak saat mencapai 5 stack, menggunakan 1 stack setiap 0,5 detik. Setiap penggunaan stack memberikan 2% dari HP target yang telah hilang sebagai physical damage, memulihkan 6% dari HP Yu Zhong yang telah hilang dan mengumpulkan 6 Sha Essence untuk Yu Zhong.

Ketika Sha Essence terisi penuh, Yu Zhong memperoleh 30% movement speed dan 10% spell vamp. Selama periode tersebut, Sha Essence dapat dipulihkan dengan memberikan damage kepada lawan. Perolehan movement speed akan berkurang seiring waktu dengan cepat dalam 2 detik.

Skill 1: Dragon Tail

Yu Zhong menanamkan kekuatannya ke dalam jubahnya dan mengubahnya menjadi senjata, yang mulai menyerang lawan di sekitar setelah waktu yang singkat.

Area bagian dalam jubah memberikan 220–400 (+100% Physical Attack Tambahan) physical damage, sedangkan tepi yang dipertajam memberikan 250% damage yang lebih besar dan memberikan 2 stack Sha Residue. Skill ini hanya memperoleh 40% keuntungan SpellVamp pada minion.

Skill 2: Soul Grip

Yu Zhong melepaskan Dragon Soul, memberikan physicaldamage kepada seluruh lawan di depan dan menyebabkan efek CC Slow kepada mereka sebesar 60% selama 1 detik. Setelah mengenai target, basicattack Yu Zhong berikutnya akan diperkuat.

Ketika Dragon Soul mengenai beberapa target, basic attack yang diperkuat akan meninggalkan beberapa stack Sha Residue dan memberikan physical damage tambahan.

Skill 3: Furious Dive

Yu Zhong melompat ke area yang telah ditentukan dengan kekuatan penuh, memberikan physicaldamage kepada lawan di dalam area tersebut. Dia mampu melakukan dash sekali lagi ke arah yang ditentukan. Setelah jeda singkat, lawan yang berada di dalam area tersebut akan terkena efek CC Airborne selama 1 detik dan physical damage.

Ultimate: Black Dragon Form

Setelah menyalurkan kekuatan selama 0,6 detik, Yu Zhong bertransformasi menjadi Black Dragon dan mulai bergerak. Selama 7 detik, Yu Zhong menjadi kebal terhadap CrowdControl, mengabaikan rintangan, meningkatkan Max HP, memberikan physical damage dan efek CC Knockback kepada hero lawan di jalurnya.

Saat keluar dari Mode Black Dragon, Yu Zhong memberikan damage kepada lawan di sekitarnya, dan memasuki Mode Dragonoid selama 10 detik. Dalam Mode Dragonoid, jangkauan semua skill Yu Zhong akan meningkat.

Prioritas Level Skill: Black Dragon Form -> Dragon Tail -> Furious Dive -> Soul Grip

Untuk penjelasan skill Yu Zhong yang lebih detail, Anda bisa lihat di game atau laman resmi MLBB.

Combo Skill Yu Zhong

Image Credit: Moonton

Soul Grip -> Dragon Tail -> Furious Dive

Combo ini dapat digunakan jika ultimate Yu Zhong sedang cooldown.

Arahkan SoulGrip ke beberapa target untuk memperkuat basic attack selanjutnya. Kemudian, Anda bisa menggunakan Dragon Tail dan FuriousDive untuk memberikan damage dan Sha Residue kepada lawan. Setelah itu, Yu Zhong dapat menggunakan basic attack yang diperkuat untuk meninggalkan beberapa stack Sha Residue kepada target.

Jika semua serangan berhasil terkena, hero lawan akan terkena damage yang tinggi berkat stack Sha Residue yang meledak.

Image Credit: Moonton

Black Dragon Form -> Soul Grip -> Dragon Tail -> Furious Dive

Combo ini bisa digunakan untuk mengincar hero core lawan.

Untuk memulai combo ini, Anda bisa memakai Black Dragon Form untuk mengincar hero musuh dengan mudah. Setelah menggunakan Black Dragon Form, Yu Zhong akan memasuki Mode Dragonoid dan memperluas semua jangkauan skill-nya. Kemudian, Anda bisa menggunakan Soul Grip yang memberikan efek CC Slow untuk memperlambat musuh. Untuk menutup combo, Anda dapat menggunakan Dragon Tail dan Furious Dive secara bersamaan untuk memberikan damage, efek CC, serta Sha Residue.

Emblem Yu Zhong

Image Credit: Moonton

Fighter Emblem – Festival of Blood

Festival of Blood merupakan talent emblem fighter yang dapat menambah spellvamp. Dengan Festival of Blood, kemampuan sustain Yu Zhong akan meningkat.

Tidak hanya itu, emblem fighter juga meningkatkan atribut physical attack, physical defense, serta magic defense yang mampu memperkuat damage serta daya tahan hidup Yu Zhong.

Battle Spell Yu Zhong

Image Credit: Moonton

Petrify adalah battlespell yang bisa memberikan efek CC area. Oleh karena itu, battle spell ini cocok dengan skill Yu Zhong yang memiliki efek CC area yaitu Furious Dive. Ketika Furious Dive dan Petrify digunakan bersamaan, lawan di sekitar akan terkena efek CC yang lama dan sulit dihindari.

Build Item Yu Zhong Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Sebagai seorang fighter yang memiliki sustain dan CC yang kuat, tugas Yu Zhong dalam teamfight adalah menahan damage serta mengincar core musuh. Oleh karena itu, Yu Zhong memerlukan banyak item defense.

1. Tough Boots/Warrior Boots

Untuk menambah daya tahan hidup di earlygame, Yu Zhong dapat menggunakan sepatu yang menambah atribut defense, seperti Tough Boots atau Warrior Boots.

2. War Axe

War Axe memiliki pasif unik yang membuat hero Anda semakin kuat semakin lama ia bertarung. Item ini cocok untuk Yu Zhong yang dapat bertahan lama dalam pertarungan. Selain itu, War Axe juga meningkatkan physical attack, HP, serta cooldown reduction.

Fighting Spirit: Memberikan damage kepada lawan akan meningkatkan 10 physical attack dan 2 physical penetration setiap detik selama 3 detik. Efek ini dapat di-stack hingga 8 kali. Ketika stack penuh, movement speed akan meningkat sebanyak 15%.

3. Item Defense

Setelah War Axe, Yu Zhong membutuhkan itemdefense untuk menahan damage lawan. Anda dapat menggunakan Brute Force Breastplate atau AntiqueCuirass untuk meningkatkan physicaldefense. Jika hero lawan memiliki magic damage yang tinggi, Anda bisa memakai Athena's Shield atau RadiantArmor.

Untuk memahami item defense secara detail, Anda bisa cek di sini.

4. Hunter Strike/Item Defense

Hunter Strike merupakan item physical yang dapat meningkatkan damage serta movementspeed. Selain itu, item ini juga mempunyai atribut unik yang meningkatkan 15 physical PEN. Berikut penjelasan pasif unik milik HunterStrike, Retribution.

Retribution: Memberikan damage kepada hero lawan atau creep 5 kali berturut-turut akan meningkatkan movementspeed sebesar 50% yang berkurang dengan cepat dalam 3 detik. Efek ini memiliki cooldown selama 8 detik.

5. Oracle/Item Defense

Oracle merupakan item defense yang bisa memperkuat kemampuan sustain Yu Zhong. Pasif unik Oracle dapat meningkatkan shield absorption dan HP regen sebesar 30%.

6. Immortality/Item Defense

Immortality merupakan item terbaik untuk meningkatkan daya tahan hidup. Dengan pasif unik Immortal yang memberikan kehidupan ekstra, Yu Zhong akan semakin sulit untuk dibunuh.

Kelebihan dan Kekurangan Yu Zhong

Image Credit: Moonton

Dapat Merusak Formasi Lawan di Teamfight

Ketika Black Dragon Form aktif, Yu Zhong dapat mengabaikan CC dan menerobos tank lawan. Oleh karena itu, Yu Zhong bisa mengincar hero marksman atau mage musuh dengan mudah.

Sustain dan Defense Tinggi

Dengan kemampuan sustain dan defense-nya yang tinggi, Yu Zhong dapat memulai teamfight dan menjadi tank alternatif di tim.

Cooldown Lama

Yu Zhong memiliki skill set yang kuat. Akan tetapi, semua skill-nya memiliki cooldown yang lama. Karena itu, Anda memerlukan timing dan akurasi yang baik saat menggunakan Yu Zhong.