8 June 2022

by Daniel Hamiaz

Yelan, Xiao, dan Itto Genshin Impact: Manakah yang Terbaik untuk Anda?

Ketiga karakter DPS ini hadir di Genshin Impact pada versi 2.7 yang dibagi ke dalam 2 fase.

Pada versi 2.7, Genshin Impact menghadirkan kombinasi 3 karakter B5 yang cukup menarik, yaitu Yelan, Xiao, dan Arataki Itto. Yelan dan Xiao merupakan karakter yang muncul di fase pertama, lalu dilanjutkan dengan Arataki Itto di fase kedua.

Ketiganya memiliki kemampuan yang unik, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yelan merupakan karakter yang paling baru di antara ketiganya, sedangkan Xiao merupakan yang tertua. Namun, ketiganya memiliki peran yang sangat bagus saat pemain telah menyelesaikan Archon Quest.

Dengan terbatasnya Primogem, sulit bagi pemain untuk mendapatkan ketiganya sekaligus, apalagi tanpa mengeluarkan uang. Dengan begitu, manakah karakter yang terbaik untuk Anda? Simak ulasannya berikut ini.

Disclaimer

Artikel ini dibuat untuk membantu Anda yang mungkin sedang bimbang, untuk memilih salah satu dari ketiga karakter tersebut. Hal-hal yang akan dibahas  berdasarkan dari sudut pandang skillkit, gameplay dan contoh dilema yang mungkin sedang atau akan Anda hadapi.

Untuk visual, desain, estetika, dan watak dari setiap karakter, merupakan selera subjektif, yang tidak akan menjadi lingkup pembahasan.

Sejarah dan Perkembangan Karakter

Di antara ketiganya, Xiao merupakan yang pertama kali dirilis, yaitu pada v.1.3, disusul oleh Arataki Itto pada v.2.3, dan Yelan sebagai karakter terbaru di Genshin Impact untuk v.2.7.

1. Xiao

Saat pertama kali dirilis, Xiao langsung mendapat popularitas yang cukup tinggi. Selain karena ia merupakan karakter Beta Testing yang dirilis belakangan, ia juga memiliki peran penting pada Archon Quest, yang disaksikan pemain saat melawan Osial di Liyue.

Di versi 1.3, ia dirilis bersamaan dengan Lantern Rite Festival, yang merupakan bentuk selebrasi in-game untuk Lunar New Year di Tiongkok. Ia kembali lagi setahun kemudian di event yang sama untuk v.2.4. Saat itu banyak yang mengira bahwa Xiao disimpan HoYoverse eksklusif untuk event Lantern Rite saja.

Namun secara mengejutkan, ia muncul kembali di v.2.7, yang hanya berjarak 3 versi dari kemunculan terakhirnya. Di antara 3 kemunculannya di banner, perbedaan yang paling mencolok adalah saat ia dirilis pada v.2.7, karena di versi ini, Xiao sudah memiliki 1 set Artifact yang didesain khusus untuknya, yaitu Vermillion Hereafter.

2. Arataki Itto

Versi 2.3 merupakan sebuah versi yang cukup revolusioner di Genshin Impact, karena untuk pertama kalinya diperkenalkan sistem rerun ganda. Selain Arataki Itto, terdapat juga Gorou, Albedo, dan Eula yang mengisi banner di versi itu, menjadikan v.2.3, versi spesial elemen Geo.

Elemen Geo di Genshin Impact dikenal sebagai elemen mandiri, yang bisa menghasilkan damage yang cukup baik tanpa bantuan reaksi elemen. Dengan demikian, kehadiran Itto dan Albedo di satu versi, sangatlah mengangkat kembali perhatian pemain untuk karakter Geo.

Berbeda dengan Xiao, Itto mendapatkan Artifact terbaiknya, yaitu Husk of Opulent Dreams, di versi yang sama. Saat Itto masih diperkenalkan di livestream, banyak yang memandang dirinya sebagai Noelle B5, karena tipe senjata dan elemen yang sama.

Namun saat Itto masuk ke dalam game, banyak pemain yang ternyata menyukai gameplay-nya. Tak hanya itu, perpaduan karakternya yang konyol dan jenaka dengan perawakannya yang besar dan kekar, menempatkan Itto di tempat yang khusus di hati pemain.

3. Yelan

Sejak Yelan dipresentasikan di livestream 2.7, komunitas Genshin Impact langsung menganggap bahwa Yelan adalah Xingqiu edisi B5. Namun jangan salah sangka, hal tersebut merupakan hal yang sangat baik.

Pasalnya, Xingqiu merupakan salah satu karakter yang paling penting dalam penyusunan komposisi tim, karena ia diperebutkan sejumlah tim top-tier di Meta. Kelemahan Xingqiu yang sering dikeluhkan oleh pemain adalah dirinya yang hanya ada satu saja di Genshin Impact.

Sejak Genshin Impact pertama kali dirilis hingga v.2.6, sudah banyak karakter Hydro yang dirilis, mulai dari Childe, Sangonomiya Kokomi, dan Kamisato Ayato. Namun semua karakter tersebut memiliki gameplay yang berbeda dengan Xingqiu, sehingga sulit untuk dibandingkan. Hingga di v.2.7, Yelan akhirnya hadir untuk mengatasi dilema yang dialami pemain sebelumnya.

Dan benar saja, saat Yelan dirilis, ia mampu menjawab ekspektasi pemain yang tinggi. Hal tersebut terbukti dari penjualan banner Yelan yang langsung menempati urutan pertama, yang sebelumnya dipegang oleh Raiden Shogun. (Walaupun faktor penundaan v.2.7 juga mungkin memiliki andil atas kehausan pemain atas karakter baru.)

Senjata dan Konstelasi Karakter

Ketiga karakter tadi didampingi dengan banner senjata Signature mereka masing-masing. Senjata-senjata yang dimaksud adalah Aqua Simulacra untuk Yelan, Primordial Jade Winged-Spear untuk Xiao, dan Redhorn Stonethresher untuk Itto.

Menariknya, senjata-senjata yang disebutkan tadi memiliki substat Crit Rate maupun Crit DMG yang sangat bermanfaat, dan masih bisa dimanfaatkan oleh karakter-karakter lain. Contohnya Primordial Jade Winged-Spear (PJWS) yang masih bisa digunakan karakter DPS seperti Xiangling dan Rosaria.

Konstelasi

Sebenarnya, tanpa konstelasi-pun ketiga karakter ini sudah memiliki skillkit yang lengkap. Namun ada beberapa konstelasi yang mungkin membuat Anda tertarik.

1. Konstelasi Yelan: C1 & C2

  • C1 : Menambah 1 Charge Elemental Skill Yelan. Dengan konstelasi ini, Jumlah partikel energi yang dihasilkan Yelan tentu akan bertambah. Selain itu, konstelasi ini sangat berguna bagi pemain dalam eksplorasi, karena dengan 2 Charge, pemain bisa melintasi peta dengan sangat cepat tanpa dibatasi stamina.
  • C2: Satu dadu ekstra akan tercipta selama durasi Burst Yelan sedang aktif. Konstelasi ini mirip dengan C6 Xingqiu, yang berfungsi untuk meningkatkan damage dan aplikasi Hydro Yelan.

2. Konstelasi Arataki Itto: C2

Konstelasi ini akan mengurangi cooldown Elemental Burst dan mengembalikan energi Itto, berdasarkan jumlah karakter Geo di tim. Konstelasi ini akan menyelesaikan permasalahan energi yang dimiliki Itto, serta menambah damage keseluruhan Itto, karena Elemental Burst-nya yang memiliki durasi yang lebih pendek dibandingkan C0.

3. Konstelasi Xiao: C1

Sama dengan Yelan, konstelasi ini akan menambah 1 lagi Charge Elemental Skill Xiao, menjadikan total Charge-nya menjadi 3. Konstelasi ini sebenarnya lebih berguna untuk meringankan kebutuhan energi Xiao dibandingkan untuk mengeluarkan damage-nya. Skill ini juga memudahkan pemain untuk eksplorasi map, khususnya saat sedang terbang.

4. Konstelasi 6 (C6)

Untuk C6 ketiga karakter ini akan dibahas secara terpisah, karena tidak banyak pemain yang memiliki akses ke konstelasi ini. Kebetulan juga, C6 mereka bertiga akan mengubah total cara bermain masing-masing karakter, jika dibandingkan dengan tanpa konstelasi (C0).

C6 Xiao

Konstelasi ini memungkinkan Xiao untuk tidak lagi bermain dengan Plunge Attack yang menjadi ciri khasnya, namun dengan Elemental Skill yang sangat banyak.

Saat Xiao berhasil mengenai minimal 2 musuh dengan Plunge Attack saat Elemental Burst Aktif, Xiao bisa mengaktifkan Elemental Skill dengan  menghiraukan cooldown-nya.

C6 Itto

Konstelasi ini memungkinkan Itto untuk melakukan Charged Attack tanpa batas, hingga durasi Elemental Burst-nya habis. Hal ini dikarenakan setiap kali Charged Attack Itto mengenai musuh, ada 50% peluang bahwa Charged Attacknya tidak mengkonsumsi stack Superlative Superstrength.

Selain itu, Itto akan mendapatkan 70% Crit DMG, dan jika ditambah dengan C6 Gorou, maka Itto akan mendapatkan tambahan Crit DMG hingga 110%!

C6 Yelan

Jika pada C0 Yelan biasa digunakan sebagai DPS off-field, maka dengan C6 Yelan bisa dimainkan secara aktif pada on-field berkat konstelasi ini.

Saat mengaktifkan Elemental Burst, Yelan akan memasuki status Mastermind. Status tersebut akan mengubah seluruh Normal Attack Yelan memiliki Breakthrough saat dilancarkan, dan damage yang dihasilkan melalui metode ini, akan dianggap sebagai damage Charged Attack. Status ini akan hilang setelah 20 detik atau saat Yelan telah melancarkan 5 serangan Breakthrough.

Spiral Abyss & Meta

Karena kemampuannya yang mirip Xingqiu, tentu Yelan akan langsung memperoleh hampir semua reputasi Xingqiu di Genshin Impact. Tidak hanya sebagai pengganti, ia bahkan bisa bermain bersama Xingqiu di tim yang sama, karena keduanya memiliki sinergi yang baik. Belum lagi, Yelan merupakan karakter yang sangat mudah di-build, dan memiliki pilihan senjata yang banyak.

Xiao dan Itto merupakan karakter DPS yang membutuhkan waktu yang lama di arena, untuk mengeluarkan damage. Biasanya mereka membutuhkan karakter-karakter support, yang bisa membantu mereka saat pertempuran, seperti Jean atau Sucrose untuk Xiao, atau Gorou untuk Itto.

Karena bermain tanpa reaksi, maka Xiao dan Itto memerlukan investasi yang tinggi, hanya untuk bisa bersaing dengan karakter top-tier lainnya. Ditambah lagi, pemain perlu mengetahui teknik-teknik tertentu masing-masing karakter, untuk bisa memaksimalkan semua potensi damage mereka.

Salah satu kekurangan Xiao yang paling terasa dibandingkan Itto adalah ketersediaan senjata F2P-nya yang sangat minim. Belum ada polearm hasil crafting maupun event, yang bisa mengeluarkan damage Xiao dengan baik.

Pilihan polearm yang paling mendekati F2P adalah Blackcliff Pole di Toko Paimon, itupun dengan syarat menukarkan Masterless Starglitter dari item duplikat hasil gacha. Sedangkan untuk Itto, masih tersedia Whiteblind yang bisa didapatkan dari Blacksmith.

Tidak mengandalkan reaksi elemen juga menandakan bahwa perkembangan meta bagi Xiao dan Itto cenderung lebih lambat dibandingkan dengan karakter lain, karena keduanya hanya akan terbantu dengan perilisan karakter baru yang berelemen sama dan/atau dengan skillkit yang sangat spesifik.

Berbeda dengan Yelan yang memiliki akses ke berbagai komposisi tim. Salah satu faktornya adalah karena dirinya sebagai karakter Hydro, yang merupakan elemen penting yang memiliki reaksi elemen yang sangat kuat.

Belum lagi, untuk musuh-musuh baru yang diperkenalkan setiap versinya, menjadikan posisi Xiao dan Itto yang terkadang butuh penyesuaian tim dan cara bermain.

Sebagai contoh, saat dimasukkannya Rifthound di Spiral Abyss. Saat itu, pengguna Xiao cukup kesulitan dibandingkan dengan karakter atau tim lain, karena Rifthound mudah sekali terkena knockback, sehingga pemain perlu mengejar Rifthound tersebut. Belum lagi mekanik Corrosion, yang akan mengikis darah Xiao, yang membuat pemain ekstra hati-hati saat bermain Xiao.

Jadi, secara sederhana, Xiao dan Itto memerlukan investasi yang tinggi, serta pengetahuan dasar yang cukup, untuk bisa memaksimalkan damage dan potensi mereka, sedangkan Yelan memiliki performa yang bagus, tanpa perlu investasi tinggi. Pemain hanya perlu pengetahuan mengenai rotasi tim yang tepat.

Sedangkan untuk faktor eksternal, seperti perkenalan karakter dan musuh baru, Xiao dan Itto memiliki sedikit masalah (walaupun tidak semua memiliki efek yang buruk bagi mereka).

Jadi, pilih yang mana?

Setelah penjabaran di atas, sampailah kita ke pertanyaan terakhir dan terpenting. Jika disederhanakan, sebenarnya Xiao dan Itto memiliki gameplay, kelebihan, dan kekurangan yang cukup mirip, sehingga keduanya memiliki nilai atau value yang hampir setara.

Pilih Xiao atau Arataki Itto jika Anda:

  • Membutuhkan karakter DPS lagi.
  • Ingin bermain tim tanpa reaksi.
  • Menikmati cara bermain barbar, yang bisa mengalahkan banyak musuh berukuran kecil dan sedang dalam satu waktu.
  • Memiliki Albedo, atau Zhongli, atau dua-duanya di akun Anda, karena keduanya merupakan duet terkuat di tim Xiao maupun Itto.

Pilih Yelan jika Anda:

  • Membutuhkan karakter Hydro alternatif.
  • Ingin bermain tim Hu Tao dan National di Spiral Abyss secara bersamaan.
  • Menginginkan karakter fleksibel dan serbaguna yang dapat mengisi berbagai komposisi tim, yang tidak mudah digantikan (Future-proof).
  • Pemain baru yang belum memiliki banyak karakter. Karena Yelan adalah karakter fleksibel, serta memiliki banyak sinergi yang bagus dengan karakter-karakter lain.
  • Belum memiliki Childe, Sangonomiya Kokomi, atau Kamisato Ayato.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan bisa membantu menjawab pertimbangan untuk memilih salah satu dari ketiga karakter tersebut.