13 November 2014

by Yoga Wisesa

Yang Perlu Anda Tahu Tentang Far Cry 4 Dalam Video Berdurasi 8 Menit

Far Cry 4 adalah game andalan Ubisoft Montreal yang akan berkompetisi langsung dengan judul-judul besar semisal Grand Theft Auto V dan Dragon Age: Inquisition tanggal 18 November minggu depan. Mendekati peluncuranya, sang publisher melepas sebuah video trailer berisi presentasi dan apa saja yang perlu Anda ketahui sebelum menikmati Far Cry 4.

Ubisoft mengangkat pendekatan gameplay serupa seperti Far Cry 3, namun tampaknya sang developer juga lebih leluasa dalam mengeksplorasi ide mereka. Saya cukup gembira Ubisoft tak repot-repot membuat game menjadi lebih realistis, karena di genre action open-world, kebebasan merupakan kunci utama menggaet perhatian pemain.

Di video launch trailer sepanjang delapan menit tersebut (bisa segera disimak di bawah), Ubisoft menjabarkan sembilan hal dasar yang ditawarkan permainan ini, dari mulai latar belakang cerita, senjata, kendaraan, karakter-karakter penting, mode multiplayer hingga bagaimana mereka merangkul tema mistik dan menanamkannya dalam permainan.

 

Info menarik: Bersiaplah, Assassin’s Creed Unity, Halo Baru dan Game-Game Lain Akan Segera Hadir

 

Meskipun di-setting berdasarkan lokasi sesungguhnya, yaitu pegunungan Himalaya, Ubisoft tak mau detail serta realisme merusak permainan. Selain saling bertukar timah panas dengan musuh-musuh manusia, Anda akan menemukan banyak fauna berbahaya semisal harimau, macan tutul, beruang hingga badak. Melalui upgradeskill, Anda bahkan dapat menjinakkan gajah dan menungganginya ke medan tempur.

Dan uniknya, Ubisoft menyajikan karakter utama yang berbeda dari biasanya. Tak seperti mayoritas permainan lain dimana Kaukasia ialah ras standar 'jagoan' video game, di Far Cry 4 Anda akan bermain sebagai Ajay Ghale, seorang pemuda keturunan Nepal. Ghale pulang ke negara fiktif bernama Kyrat untuk menebar abu ibunya, tapi ia malah terjebak dalam konflik berdarah antara pasukan penindas dan pemberontak.

Layaknya sang pendahulu, akan ada banyak aksi tembak-tembakan dan berkendara di belantara. Pemain juga dituntut untuk belajar jadi pemburu. Dengan mendapatkan kulit atau bagian tubuh dari hewan tertentu, Ghale bisa meng-upgrade perlengkapan miliknya. Berdasarkan pertimbangan artistik, desainer memutuskan mengurangi porsi percakapan tokoh Ajay Ghale, dan menambah humor lebih banyak di dalam game.

Permainan tersebut sebetulnya telah rampung semenjak tanggal 30 Oktober kemarin. Beberapa toko retail lokal juga sudah membuka layanan pre-order cukup lama, tapi ia baru dirilis resmi lima hari lagi di platform Windows PC, PlayStation 4, Xbox One, PlayStation 3 dan Xbox 360.