Sekarang Yamaha juga Incar Pasar Gaming

Pabrikan motor dan audio ini akhirnya ikut terjun ke dunia game.

Produsen alat musik kelas kakap, Yamaha, ternyata juga sekarang mengejar target pasar gaming dengan perangkat terbarunya.

Menyebut nama Yamaha tentu mengingatkan banyak orang terhadap merek sepeda motor yang banyak ditemui di jalan. Namun lebih jauh, brand asal Jepang ini juga membuat berbagai macam produk mulai dari kendaraan hingga ke peralatan musik.

Kini, brand berlogo garpu tala ini membuat kejutan dengan ikut masuk ke dalam dunia video game. Yamaha kelihatannya ingin mencoba melebarkan sayapnya ke pasar yang belum pernah mereka sentuh sebelumnya. Meskipun akhirnya mereka tetap masuk secara hati-hati.

Debut perdana Yamaha di bidang video game masih berkaitan dengan salah satu keahlian mereka, yaitu pada sektor pengolahan audio. Apalagi Yamaha memang memiliki divisi khusus yaitu Yamaha Pro Audio yang telah eksis bahkan sejak tahun 60-an silam.

Untuk awalnya, Yamaha mengumumkan sebuah headset dan juga sebuah mixer yang mengusung nama "ZG Series". Paket perangkat audio ini nantinya ditargetkan untuk para gamer dan streamer yang memang mementingkan kualitas audio dan juga fleksibilitasnya.

Untuk headset-nya yaitu YH-G01, Yamaha menggunakan desain yang cukup konvensional dan mungkin tidak menceerminkan sebuah headset gaming pada umumnya. Bentuknya bahkan bisa dibilang lebih tradisional ketimbang headset musik terbaru Yamaha.

Namun untuk masalah fitur, Yamaha membenamkan berbagai teknologi audio miliknya. Yamaha mengklaim bahwa headset gaming miliknya tersebut memiliki kualitas suara setingkat headphone studio, mikrofon yang digunakan juga telah dilengkapi dengan condenser.

Meskipun memiliki kualitas setara dengah headphone dan mikrofon studio, Yamaha memastikan bahwa headset gaming YH-G01 nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Sehingga Yamaha membuat headset gaming-nya tersebut dengan bobot hanya 260 gram saja.

Untuk memaksimalkan headset gaming-nya, Yamaha juga menyediakan mixer Yamaha ZG01. Sesuai temanya, mixer audio ini dibuat dengan fokus utama untuk memfasilitasi kebutuhan para gamer dan streamer.

Image Credit: Yamaha

Tampilannya cukup sederhana dibandingkan mixer audio lainnya milik Yamaha, ditambah Yamaha menyertakan konektivitas USB untuk membuatnya dapat tersambung mudah ke laptop, desktop PC, konsol, hingga smartphone.

Mixer ini memungkinkan para gamer untuk mengatur suara game, suara voice chat, dan juga suara mikrofon milik mereka sendiri secara cepat dan praktis. Ditambah lagi para pengguna akan mendapat berbagai fitur seperti berbagai efek vokal, 3D surround, dan bahkan berbagai mode preset.

Untuk harganya, headset YH-G01 dibaderol dengan harga 18.700 Yen (Rp 2 juta) sedangkan mixer ZG01 akan dibanderol 31.900 Yen (Rp 3,5 juta). Yamaha juga menyediakan bundle dari dua perangkat tersebut dengan harga 45.100 Yen (Rp 5 jutaan)