Dark
Light

Yahoo Kalahkan Google, Hanya di Indonesia!

1 min read
November 17, 2009

yahoo-logoMana yang lebih populer: Yahoo atau Google? Tentu saja Google. Namun bisa jadi kondisi tersebut berubah arah dan Yahoo menjadi lebih populer, khusus untuk pasar Indonesia. Mengapa? Sederhana. Karena Google hampir tidak melakukan aktivitas apapun untuk me-maintain penggunanya di Indonesia.

Memang sih, pengguna search engine Google memang tetap mendominasi dibandingkan search engine lainnya, namun melihat effort yang dilakukan Yahoo maka posisi Google di Indonesia bisa terancam.

Indonesia merupakan pasar yang amat sangat potensial, pertumbuhan jumlah pengguna perangkat mobile yang sangat signifikan, dan pengguna internet-pun bertumbuh di angka yang menakjubkan. Setidaknya cukup menakjubkan untuk membuat para pemain-pemain besar melirik pasar Indonesia.

Melihat sebuah report (September 2009) yang dirilis oleh Opera Software, dapat terlihat posisi dari beberapa website yang populer diakses oleh pengguna dari Indonesia menggunakan software Opera Mobile, berikut chart-nya

Screen shot 2009-11-16 at 11.11.10 PMAh, lihat? Sepertinya effort Yahoo Mobile di Indonesia tidak terbuang percuma. Padahal setahu saya, search engine default dari Opera Mobile/Mini adalah Google, sebuah keunggulan untuk Google namun sepertinya Yahoo tetap berhasil mengungguli. Sebagai informasi : Indonesia adalah satu-satunya negara dimana Yahoo lebih unggul dibandingkan Google. Di negara-negara lain seperti Vietnam, dan India Google masih tetap menguasai. Bahkan di Polandia, China, dan Rusia, Yahoo tidak masuk 10 besar.

Nah, sepertinya Yahoo harus bekerja ekstra keras mempertahankan pengguna setianya di Indonesia dengan berbagai kegiatan seperti juga Open Hack Day yang akan diadakan tanggal 21-22 November mendatang. Dan saya juga yakin, aktivitas Yahoo di Indonesia akan makin eksis saja.

Dear Pontus and Budi Putra, keep me updated ya πŸ˜‰

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

13 Comments

  1. apa di negara2 lain selain indonesia Yahoo! juga memaintain penggunanya ? kalo iya, kenapa cuman di indonesia aja ya bisa naik peringkat ngalahin google.

    ***
    perasaan, saya masih lebih sering gunain google daripada yahoo XD

  2. Statistik ini situs2 yang diakses menggunakan Opera Mobile/Mini lho ya… Sepertinya sih pengaruh Yahoo! Mail dan Yahoo! Messenger masih sangat besar di Indonesia.

  3. Sejujurnya saya penasaran apa yang diakses dari Yahoo secara mobile, karena Yahoo Webmessenger kayaknya ndak bisa dari Opera Mini (karena di top 10 handset kayaknya ndak semua bisa Flash). Yahoo Mail? Flickr? Meme? Ada yang bisa confirm?

  4. When mobile, mostly people check email and a bit searching sometimes, it's behavior… even me rare doing search in mobile… in mobile we want something fast and surely… πŸ™‚

  5. wah prediksi saya wikipedia akan merajai top SnapShot 2010. dia punya raksasa artikel yang relevan semua PRnya aja 10
    tq By:

    <a href=”http://www.gayaselebriti.blogspot.com/2009/12/astagacom-lifestyle-on-net.html” alt=”astaga.com lifestyle on net” /><span>astaga.com lifestyle on net</span>

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

SurfCanyon: Memudahkan Pencarian

Next Story

New Stream Audio Web App: Stereo 8

Latest from Blog

Don't Miss

Niko Partners: Pertumbuhan Industri Game Indonesia di 2023 Melambat

Game menjadi salah satu industri yang justru tumbuh selama pandemi
Bekerja di OPPO

Seperti Ini Pengalaman Bekerja Sebagai Trainer di OPPO Indonesia

Deni Suwasta sudah bekerja selama delapan tahun di OPPO Indonesia,