Dark
Light

Seperti Ini Pengalaman Bekerja Sebagai Trainer di OPPO Indonesia

2 mins read
September 26, 2022
Bekerja di OPPO

Deni Suwasta sudah bekerja selama delapan tahun di OPPO Indonesia, saat ini ia menjabat sebagai head trainer OPPO Indonesia di Kalimantan Selatan, Banjarmasin. Sebelum mencapai posisi tersebut, pada awal karirnya ia bekerja sebagai promotor atau sales (SPG/SPB) selama dua tahun.

Kami berbincang singkat dengan Deni untuk mendengar, pengalaman seperti apa yang ia dapatkan selama bekerja di OPPO. Saat itu kami menemui Deni di salah satu OPPO Gallery (OG), tepatnya di OG Gandaria City (sebelum penjualan perdana Reno8 Pro 5G dan Reno8 Z 5G). Ia dan banyak rekannya sedang berkumpul di Jakarta sebagai bagian dari kegiatan OPPO untuk para head trainer.

OPPO sendiri memang baru saja merilis seri Reno8 yang kini sudah secara lengkap bisa dibeli umum oleh konsumen. Mulai dari Reno8 Pro 5G, Reno8 5G, Reno8 Z 5G, dan Reno8 4G.

Selain perangkat smartphone, ada pula TWS terbaru yaitu OPPO Enco Air2 Pro dan Enco Buds2. Saat kami berbincang dengan Deni, rekan-rekan lain tampak ada yang menggunakan Reno8 Pro 5G dan juga TWS terbaru OPPO.

Perjalanan awal dari promotor

Ketika masih menjadi promotor, Deni mengenakan seragam hitam putih dan berinteraksi langsung dengan konsumen. Tugas utamanya termasuk untuk mempromosikan, melayani konsumen, dan tentu saja mendobrak penjualan.

Menurut Deni, salah satu keuntungan bekerja di OPPO Indonesia adalah jika kita memiliki kemampuan maka boleh mengikuti challenge yakni seleksi trainer yang diadakan oleh OPPO. Ia mengikuti challenge sebanyak dua kali, karena yang pertama gagal.

Dulu namanya TTT (training the trainer), leader yang akan membuka lowongannya dan semua promotor berkesempatan untuk join. Kita dikirim ke Jakarta untuk mempelajari basic-basic sebagai trainer, public speaking, pembuatan materi, dan cara membawakan materinya seperti apa,” ujar Deni.

Bekerja di OPPO

Keseruan Menjadi Trainer OPPO

Dari total delapan tahun bekerja di OPPO Indonesia, dua tahun pertama Deni bekerja sebagai promotor. Kemudian pernah menjadi golden trainer, dan sekarang menjadi head trainer di Kalimantan Selatan, Banjarmasin.

Kalau tidak ada challenge sebenarnya tidak terbayang menjadi head trainer, tetapi saya orangnya memang suka berorganisasi. Dari dulu sejak masih sekolah ikut pramuka, sehingga skill komunikasinya terbentuk. Jadi ketika ada challenge dari OPPO maka saya ikut, dan passion saya tersalurkan di public speaking ini,” tambahnya.

Ia juga mengungkap keseruan menjadi bekerja sebagai trainer di OPPO Indonesia, salah satunya kalau ada produk baru yang akan dirilis maka bisa pegang duluan. Para trainer akan dipinjamkan untuk mendapatkan experience dan bahkan biasanya mereka bisa memegang lebih dari satu perangkat baru.

Pengalaman Bekerja Sebagai Trainer

Tentunya menjadi trainer juga memiliki tantangannya tersendiri, salah satunya sulitnya menyamakan pendapat. Jika ada produk baru, kita harus membuat strategic planning untuk training-nya seperti apa dan menghitung coverage training itu sudah sampai mana progres-nya.

Untuk pelaksanaan training promotor ada batch-nya, tergantung shift dari tokonya, karena promotor ada shift pagi dan shift siang, biasanya jumlahnya sekitar jadi 20-an. Ketika ada meeting, para trainer juga ada sharing training plan. Beberapa ada yang bisa ditambahkan ada yang tidak, karena kebiasaan pengguna dan budaya di daerah mempengaruhi cara dalam menawarkan produk.

Deni sendiri paling suka dengan lini smartphone seri Reno dan Find. Menurutnya seri Reno terbaru bagus-bagus dan inovatif, ada banyak fitur-fitur baru yang dihadirkan di produk tersebut. Retro desainnya yang keren juga sangat mudah dijual.

Bekerja di OPPO

Untuk mempelajari produk-produk terbaru yang akan dirilis oleh OPPO Indonesia terbilang tidak sulit. Sebab setiap produk sudah ada key selling point, jadi disitu yang akan ditekankan. Namun yang menjadi kesulitan adalah cara tangkap trainer berbeda dengan promotor, ke promotor ini yang kadang harus mengulas lagi materinya, supaya lebih mudah dipahami sama mereka.

Adanya unit demo, sangat membantu para trainer dan promotor memahami produknya. Selain itu, dari promotor ke konsumen juga harus mencari cara agar informasi bisa masuk dan dimengerti oleh konsumen.

OPPO adalah perusahaan yang bagus, karena dia mencari orang lebih banyak dari internal, dari karyawan OPPO dan untuk OPPO juga. Karena saya pernah menjadi promotor, jadi saya bisa tahu, pernah mengalami, jadi saya paham mereka, dan saya senang bagaimana cara OPPO men-threat tim-timnya. Intinya saya sangat bangga sekali menjadi bagian dari perusahaan,” tutupnya.

Seri OPPO terbaru yaitu Reno8 telah tersedia di toko gadget di seluruh Indonesia. ‘Pembekalan’ para trainer di toko OPPO tentunya penting, untuk menjaga pengetahuan para front liner dalam menjelaskan beragam produk OPPO terbaru sesuai dengan wilayah mereka.

Pengalaman maksimal juga dihadirkan OPPO lewat OPPO Gallery untuk pembelian seri Reno8 secara offline. Dukungan keahlian para trainer juga bisa memberikan pengalaman belanja toko offline OPPO lain di seluruh Indonesia secara maksimal.

Informasi produk OPPO terbaru bisa Anda cek di situs resmi.

Previous Story

Spider-Man: Miles Morales Versi PC akan dirilis tahun ini.

Next Story

AMD Ryzen dan Athlon Mobile seri 7020 Dihadirkan, Untuk Laptop seri Ultra Low Power

Latest from Blog

Don't Miss

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Smartphone V30 Series dari vivo pertama kali dirilis di Indonesia
OPPO Reni 12 Pro

Ini Bocoran Spesifikasi OPPO Reno 12 Pro

OPPO Reno 12 Series akan segera hadir dalam beberapa jam