Dark
Light

Gunakan Yahoo dengan Facebook Anda. Bingung?

1 min read
December 3, 2009

fb-yahooMalam ini dikejutkan dengan berita yang mengejutkan (hah!??!) yang datang dari Yahoo dan Facebook. Keduanya rupanya memutuskan untuk membuka hubungan partnership yang menurut saya cukup fenomenal, tapi masuk akal. Ya, Yahoo memutuskan untuk membuka pintu bagi Facebook untuk masuk lebih dalam ke layanan-layanan Yahoo dengan menempelkan fitur Facebook Connect di layanan-layanan Yahoo.

Yahoo Mail, News, Sport, Finance bahkan Flickr nantinya akan terkoneksi dengan Facebook, memungkinkan para penggunanya mengakses layanan-layanan tersebut menggunakan kredensial Facebook mereka layaknya aplikasi Facebook biasa. Fitur ini sendiri direncanakan untuk dirilis tahun 2010 mendatang.

Aneh? Memang.

Mari kita sedikit menengok ke belakang ketika Microsoft dan Yahoo memutuskan untuk mengadakan partnership di bidang search engine, yaitu Bing. Kerjasama ini tentu membuat Yahoo dan Microsoft menjadi sekutu beraliansi untuk mengalahkan Google. Dan sepertinya yang kita tahu juga bahwa Microsoft memiliki saham di Facebook, dan dari sini saya berasumsi bahwa kedekatan antara Yahoo dengan facebook dimulai.

Dari deal yang terjadi antara Microsoft dengan Yahoo beberapa bulan lalu, Facebook menurut saya sangat diuntungkan. Kenapa? Karena Facebook tidak memiliki konten yang se-solid Yahoo. Ini merupakan salah satu keunggulan Twitter jika dibandingkan dengan Facebook : konten!

Dengan adanya Yahoo masuk ke dalam lingkaran ini, tentu menjadi sangat wajar bagi Facebook untuk berpartner dengan Yahoo yang memiliki jaringan konten yang sangat solid. Konten-konten inilah yang sepertinya akan diolah oleh Facebook menjadi bahan yang relevan (dan mungkin REAL TIME)  untuk penggunanya.

250 Juta pengguna Facebook memang merupakan angka yang sangat fenomenal, namun kalau masalah konten berita pengguna pasti lebih memilih Google News atau bahkan Twitter. Inilah yang sepertinya sedang dicoba ditambal oleh Facebook dengan deal-nya bersama Yahoo.

Lalu, untungnya untuk Yahoo apa? Well, 250 juta pengguna Facebook yang aksesnya akan dipermudah untuk layanan-layanan Yahoo, traffic untuk Yahoo tentu menjadi berkali-kali lipat. Melihat positioning Yahoo yang sekarang sepertinya mulai beralih ke media/portal, tentu traffic sangat krusial dan aliran pengguna dari Facebook diharapkan bisa membuat traffic ke Yahoo lebih besar.

Jadi begitu, menurut bayangan saya keduanya sangat diuntungkan dengan implementasi FB-Connect di layanan-layanan Yahoo karena lebih mudah untuk akses. Untuk Facebook sendiri, sinergi dengan konten milik Yahoo dan mungkin akan bisa mengancam keberadaan Twitter. We’ll see.

Apa analisa anda terhadap kerjasama antara Yahoo dan Facebook ini?

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

5 Comments

  1. Apa mungkin Yahoo sekedar menyadari tidak ada masa depan di separate silos. yahoo account sendiri kurang nendang, jadi openID provider ga membantu, support other authentication system jadi dijajal skrg

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

TasManBoard: Aplikasi Kerja, Karya Startup Lokal

Next Story

Microsoft China luncurkan MSN Juku .. tampak familiar ..

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft Perkenalkan Copilot Plus PC, Siap Saingi Prosesor M3 MacBook Air

Copilot Plus PC Menjadi tonggak di era baru laptop Windows.

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir