Dark
Light

Microsoft China luncurkan MSN Juku .. tampak familiar ..

1 min read
December 3, 2009

Microsoft telah meluncurkan situs microblogging berbahasa China yang mereka klaim sebagai “inovasi lokal dari MSN China”, bernama Juku. Di situs ini, pengguna bisa login dengan akun Live Messenger mereka, kemudian posting update sepanjang 140 karakter.

Nah sampe tanda titik barusan, gue rasa reaksi sebagian besar dari elo adalah “LOL WUT”. Tapi kalo lo pikir layanan yang dimaksud itu adalah kloningannya Twitter, lo salah juga. Baca terus buat liat screenshotnya.

juku

Pengguna bisa update statusnya, kemudian penyajian tampilannya akan berupa timeline dari kiri ke kanan, dan pengguna lain bisa komentar ke update kita dan akan tampil di bawah update kita. Juga ada sistem “bonus” yang nampaknya memberi poin setiap kita update maupun komentar.

Yak sekarang mari kita bersama-sama bilang

lolwut

Buat yang belom nangkep juga, tampilan dan fitur yang dibuat oleh MSN tersebut sangat mirip, kalo ngga mau dibilang persis sama, dengan Plurk, layanan microblogging yang sempat nyaris populer di Indonesia sebelum akhirnya disalip oleh Twitter.

Oke oke kita bahas dulu siapa tau memang ada kelebihannya si Juku ini. Menurut PC World, karena layanan ini bakal mengaitkan diri dengan Live Messenger-nya MSN, update teman-teman kita di Live Messenger otomatis bakal keluar di timeline kita. Ngga jauh beda dengan kemampuan situs-situs lain yang bisa import contact juga sih. Sisanya tampak belum ada yang istimewa lagi tuh. Mungkin gue juga yang ngga bisa eksplor terlalu jauh secara bahasa yang dipakai juga ngga mudeng.

Anyway masih belum kelihatan apa strategi jangka panjang MSN China dalam membuat layanan seperti ini. Seperti yang kita ketahui, pemerintah China sangat menjaga ketat akses dan arus informasi internet di negara mereka. Mungkin dengan mengklaim ini sebagai karya lokal, mereka berharap bisa dapat dukungan pemerintah? Silakan komentar buat yang punya pendapat lainnya ya.

5 Comments

  1. Plurk memang populer banget di China, bahkan ketika Plurk di block di China sepertinya traffic Plurk menurun cukup drastis. Semoga ini bisa jadi pengganti, tapi semoga juga gak skrip monitoring dibalik code-nya.. hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Gunakan Yahoo dengan Facebook Anda. Bingung?

Next Story

Google Bereaksi, Gandeng Twitter

Latest from Blog

Don't Miss

Dampak AI Pada Transformasi Bisnis di Indonesia: TELKOM, BUMA, dan DANA Berbagi Pengalaman

Sadar akan potensi besar yang ada pada teknologi AI ini,

Bangun Infrastruktur Cloud dan AI di Indonesia, Microsoft Siapkan Dana Investasi 27 Triliun

30 April 2024 menjadi hari yang cukup bersejarah bagi perkembangan