Dark
Light

WTF, Blogspot diblok oleh FirstMedia

1 min read
November 23, 2009

accessdeniedAkibat terlalu lama melakukan pembalasan (dengan tidur 13 jam) setelah OHD, rupanya pagi ini dunia maya diributkan dengan kasus pemblokiran yang lagi-lagi terjadi. Dimulai dari sebuah blog di blogspot.com yang berisi komik yang berbau SARA, rupanya kementrian Kominfo yang dikepalai oleh Tifatul Sembiring mengirimkan surat kepada salah satu ISP (First Media) untuk memblok akses ke situs Blogspot (milik Google).

Tak lama kemudian gelombang aksi protes-pun berdatangan memprotes aksi pemblokiran oleh pemerintah melalui Depkominfo, menuntut agar pemerintah mencabut larangan tersebut. Beralasan memang, satu blogger idiot menyebabkan kegagalan satu negara mengakses situs yang juga sebenarnya sarat informasi tersebut. Dari pihak Depkominfo sendiri mengirimkan surat keputusan pemblokiran tersebut beberapa hari lalu, dan sampai sekarang (senin 23 November) sepertinya masih juga belum bisa diakses dan protes masih terus berdatangan lewat updates di Twitter.

Saya jujur saja sangat menyesalkan dengan dilahirkannya orang-orang idiot yang membuat komik yang menghina agama lain seperti itu, sangat dangkal dan biadab. Di satu sisi, saya mengerti betul dengan ditutupnya blog tersebut namun tidak juga dengan memblok satu situs secara keseluruhan. Itu seperti ingin membunuh satu tikus kecil dengan menembakkan rudal untuk menghancurkan satu kota sekaligus.

Saya berharap dari pihak Depkominfo, diwakili oleh Tifatul Sembiring bisa secara bijaksana me-manage kasus ini dan keluar dari pemblokiran dalam bentuk apapun. Masyarakat Indonesia secara umum sudah cukup bijaksana dan cerdas untuk menentukan apa yang baik dan apa yang buruk.

Sampaikan pendapat anda mengenai aksi pemblokiran ini di kolom komentar.

PS : Jangan lupa soal kasus Cicak VS Buaya ya, jangan sampai kita teralihkan dan lupa dengan kasus ini gara2 blokir2an ini 🙂

UPDATE : Ternyata sesuai keterangan dari Tifatul Sembiring, pihak Depkominfo mengirimkan instruksi untuk menutup akses ke komiknabimuhammad.blogspot.com, namun ternyata yang diblokir justru root domain blogspot.com. Kesalahan ada di siapa? Siapa aja deh yang mengaku. Yang penting, sekarang akses menuju blogspot sudah normal kembali.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

11 Comments

  1. untung ga pakai firstmedia ….. lol

    btw.. tapi kenapa ga minta blognya ajah yg ditutp…. minta ip penggunanya itu blog sama google (kalau bisa) kan ga mungkin tuh update blog pakai proxy terus… terus pak polisi deh suruh kerja.. nangkep itu yang buat blog..

    aneh ajah.. dikit dikit maen blok… dikit dikit.. maen blok, kaya kaga ada penyelesaian lainnya ajah *doh*

  2. harusnya blog yang itu di-flag offensive aja, nanti sama blogspot langsung ditutup kok.. lha kok malah blogspot-nya yang ditutup :))

  3. ah itu yg bego emang firstmedia, FYI : itu pemblokiran situs blog http://komiknabimuhammad.blogspot.com/ ditujukan ke semua ISP di Indonesia, dan semua ISP sudah memblok user yg SARA tersebut, buktinya saya pake Speedy tidak bisa akses ke blog tersebut, tapi ke blogspot lainnya tetap bisa. Permasalahan terletak di FastNet yang sepertinya salah melakukan konfigurasi block website sehingga seluruh pelanggan FASTNET tidak bisa mengakses blogspot.

  4. ah itu yg bego emang firstmedia, FYI : itu pemblokiran situs blog http://komiknabimuhammad.blogspot.com/ ditujukan ke semua ISP di Indonesia, dan semua ISP sudah memblok user yg SARA tersebut, buktinya saya pake Speedy tidak bisa akses ke blog tersebut, tapi ke blogspot lainnya tetap bisa. Permasalahan terletak di FastNet yang sepertinya salah melakukan konfigurasi block website sehingga seluruh pelanggan FASTNET tidak bisa mengakses blogspot.

  5. ah itu yang bego emang FirstMedia, FYI : Surat itu ditujukan kepada anggota APJII which is semua ISP yang ada di Indonesia, website yg dipermasalahkan adalah komiknabimuhammad.blogspot.com karena SARA itu udah ga bisa diakses via Telkom Speedy, tapi alamat blogspot lain oke-oke aja tuh, emang cuma ISP FirstMedia aja yang salah setting dan malah mengakibatkan seluruh pengguna fastnet tidak bisa akses ke blogspot

  6. Haloo all ada kabar baru nih..ada server dota yang ga kalah asik jgua lho..namanya LifeNix Dota Server..server ini udab erdiri lama dulu sempat pke nama lain cm skrg uda bangkit lagi dengan nama yang berbeda dan visi misi yang berubah lbh baik lagi tentunya..di server ini juga asik lho..yang ga bs cret tetep bs main lgsg..join aja..bwt idnya gampang lgsg creat aja..trus ada event2 tiap minggunya dan ada hadia tiap bulannya..juga ada hadiah scramblenya lho..kesempatan jd op/vop juga terbuka lebar..jadi tunggu apa lagi??buruan gabung nikmati semua fasilitasnya..di jamin kamu semua suka berada di sini..oia skrg lg di cari yang minat jd op/vop tinggal daftar aja di forumnya di http://www.lifenix.com trus nanti di adakan pemilihan vop segera jika yang daftar sudah sampai target yang di tentukan..buruan gabung kk di tgu kehadirannya yaa..saya aja uda gabung..katanya kalo 1 user bawa 5 user dan bs bawa 10 user akan ada kejutannya..hahhha aku senang denger ini..mari bawa tmn2 yg bnyk ke sini dan dptin kejutan2 menariknya lhoo.. 😀
    nih servernyaa.. :

    Name Server : LifeNiX
    IP Server : Lifenix.Mine.Nu
    TimeZone : 7

    Buruannnn daftar sekarang…mari kita ramaikan server inii..goo all ayo2 maen bareng yok..jgn lupa join yaa..thx,aku tgu kehadirannya ya sama teman2 aku di situ..kita clanwar..okey??

    Thx.. :))

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Twitter Berubah Haluan?

Next Story

Feature Baru Facebook Siap Dirilis

Latest from Blog

Don't Miss

Tri Luncurkan Paket HappyFlex

Tri, salah satu operator seluler ternama di Indonesia, terus berkomitmen

Semakin Banyak Game dengan Ukuran 100GB, Bagaimana Bisa?

Dulu, ukuran game dibatasi oleh kapasitas media yang developer gunakan,