19 July 2022

by Sean Edbert

Microsoft Akan Rilis Windows 12 di 2024?

Windows 11 belum sempurna, Microsoft siapkan Windows 12?

Belum genap setahun sejak rilisnya Windows 11, kini Microsoft dirumorkan tengah merencanakan generasi terbaru dari OS besutan mereka itu. Padahal, masih banyak PC gamer yang enggan upgrade ke Windows 11. Meski begitu, Windows 12 dirumorkan akan hadir pada tahun 2024 mendatang.

Bukan tanpa alasan, rumor ini muncul karena pernyataan Microsoft yang menyebutkan bahwa mereka akan kembali ke sistem "three-year releasecycle". Artinya, mereka akan merilis generasi terbaru dari Windows tiap tiga tahun sekali. Jika dihitung dari perilisan Windows 11 di bulan Oktober 2021 lalu, maka Windows 12 diperkirakan akan rilis di bulan Oktober 2024.

Image Credit: Tech Advisor

"Microsoft kini bermaksud untuk menghadirkan versi "major" dari Windows client setiap tiga tahun, dengan rilis berikutnya saat ini dijadwalkan untuk tahun 2024, tiga tahun setelah Windows 11 dirilis pada tahun 2021." Dikutip dari Windows Central.

Sedikit sejarah tentang perilisan Windows, awalnya Microsoft menerapkan three-year release cycle ini setelah Windows Vista hadir. Namun, saat Windows 10 rilis di 2015, Microsoft merubah strateginya dengan memberikan update fitur setahun dua kali.

Bahkan, sebelum Windows 11 diumumkan -- banyak penggemar Windows yang berpikiran bahwa Windows 10 akan menjadi seri terakhir dari OS besutan Microsoft itu. Nah, setelah lebih dari enam tahun sejak Windows 10 rilis, akhirnya Microsoft mengubah strategi mereka kembali ke awal.

Menurut rumor yang beredar, Windows 12 akan membawa berbagai perubahan dan peningkatan seperti user interface (UI) baru, dukungan perangkat keras baru, serta API baru. Sayangnya, pada saat artikel ini dibuat -- informasi tentang Windows 12 hanyalah sebatas rumor-rumor belaka. Belum ada pengumuman resmi dari Microsoft sama sekali.

Image Credit: Microsoft

Namun, ada juga yang beranggapan bahwa bukan Windows 12 yang akan hadir di 2024 -- melainkan hanya versi baru dari Windows 11. Pasalnya, Microsoft disebut-sebut sedang mengembangkan Windows 11 22H2 atau disamarkan menjadi "Sun Valley 2". Mereka juga sedang mengembangkan rilis OS berkode "Sun Valley 3" yang direncanakan untuk hadir pada 2023. Tetapi, rencana itu dibatalkan dan diperkirakan akan ditunda ke 2024 mendatang.

Di sisi lain, keamanan Windows 11 serta beberapa aplikasi Microsoft lainnya berhasil diretas habis oleh sejumlah hacker. Aksi peretasan ini dilakukan pada ajang Pwn2Own yang menghadiahkan lebih dari US$800 ribu ke para hacker yang berpartisipasi. Anda dapat membaca lebih lengkap tentang ini, di sini.

Featured image credit: Microsoft