Dark
Light

WhatsApp Perkenalkan Fitur Pesan Video Instan

by
1 min read
July 31, 2023
WhatsApp pesan video instan

Sesuai dengan komitmennya, aplikasi berkirim pesan WhatsApp terus mengeluarkan update dengan fitur-fitur barunya. Salah satu yang baru diperkenalkan di WhatsApp adalah fitur untuk berkirim pesan video instan ke chat.

Sesuai namanya, pengguna nantinya dapat merekam dan membagikan video pendek pribadi berdurasi maksimal 60 detik langsung ke dalam chat pribadi maupun grup. Pihak WhatsApp menyebut bahwa pesan video singkat tersebut dapat menjadi cara baru para pengguna untuk menanggapi percakapan di WhatsApp.

“Menurut kami, ini akan menjadi cara yang menyenangkan untuk berbagi momen dengan semua emosi yang muncul dari video,” tulis Meta dalam siaran pers resminya.

Dalam implementasinya, WhatsApp membuat fitur mengirim pesan video ini semudah mengirim pesan suara yang telah ada sebelumnya. Bedanya, pengguna harus mengetuk logo rekam suara untuk beralih ke mode video terlebih dahulu.

Selanjutnya, pengguna dapat menekan dan menahan tombol untuk mulai merekam video. Apabila pengguna membutuhkan durasi perekaman yang lebih lama, fitur ini juga dapat merekam video bebas genggam.

Setelah perekaman selesai, video nantinya akan secara otomatis diputar tanpa suara saat dibuka dalam chat. Bila pengguna ingin mendengarkan suara dari videonya, pengguna cukup mengetuk video tersebut.

Pengguna juga tidak perlu khawatir soal privasinya dalam mengirim video melalui WhatsApp, sebab Meta menjamin bahwa pesan video yang dikirimkan akan dilindungi dengan enkripsi end-to-end sehingga privasi pengguna tetap terjaga.

Kehadiran fitur video pesan ini ditujukan untuk memberikan lebih banyak alternatif dalam mengirimkan pesan ke banyak orang. Terlebih di era saat ini di mana konten berbasis video memang lebih diminati banyak orang.

Fitur edit pesan WhatsApp
Image credit: Meta

Untuk saat ini, Meta menyebut bahwa pembaruan untuk fitur video pesan ini sudah mulai diluncurkan. Namun peluncurannya memang akan bertahap dalam beberapa minggu ke depan.

WhatsApp memang masih menjadi salah satu aplikasi berkirim pesan yang paling populer di dunia, sehingga tidak mengherankan bila para pengembangnya di Meta terus memberikan fitur-fitur baru.

Salah satu fitur besar baru yang diperkenalkan sebelumnya adalah hadirnya “Saluran WhatsApp”. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk bergabung ke dalam saluran tertentu sesuai dengan minat dan kegemarannya.

Ke depannya, Meta juga masih memiliki target besar untuk WhatsApp. Salah satunya adalah mengintegrasikan generative AI ke dalam aplikasinya untuk beragam kebutuhan yang membuatnya semakin menarik.

Previous Story

AI Bersaing dengan Manusia untuk Buat Cerita Fiksi

Samsung Galaxy Tab S9 Series
Next Story

Samsung Umumkan Galaxy Tab S9, Siap Ciptakan Standar Baru

Latest from Blog

Don't Miss

Qualcomm Bekerja Sama dengan Meta untuk Inovasi AI On-Device

Qualcomm Technologies, Inc. baru saja mengumumkan kolaborasi besar dengan Meta
WhatsApp screen sharing

Fitur Terbaru WhatsApp, Bisa Berbagi Layar Saat Lakukan Video Call

WhatsApp sebagai salah satu platform milik Meta Inc. baru saja