25 May 2023

by Galih

WhatsApp Akhirnya Luncurkan Fitur Edit Pesan

Pengguna dapat mengubah isi pesan yang sudah terlanjur terkirim

Melakukan kesalahan saat mengirim pesan pasti pernah dialami oleh siapa saja. Masalahnya, layanan berkirim pesan seperti WhatsApp tidak memiliki fitur edit atau sunting, setidaknya hingga saat ini.

Melalui update terbarunya, layanan messenger populer milik Meta tersebut mengumumkan bahwa mereka akhirnya telah menghadirkan fitur pengeditan pesan di WhatsApp.

"Mulai dari mengoreksi kesalahan ejaan hingga menambahkan konteks ke pesan, kami sangat senang dapat memberi Anda kontrol lebih atas chat Anda," tulis tim pengembang WhatsApp melalui keterangan resminya.

Nantinya, pengirim akan memiliki waktu hingga lima belas menit untuk mengedit pesan setelah terkirim. Dalam kurun waktu tersebut, pengguna dapat mengoreksi, mengubah, hingga menambahkan konteks ke pesan mereka.

Image credit: WhatsApp

Untuk melakukan ubahan tersebut, pengguna cukup menekan lama pesan yang sudah terkirim. Nantinya akan muncul daftar pilihan lanjutan. Saat fitur ini sudah aktif, pengguna akan menemukan pilihan "Edit".

Bila pengguna memilih untuk melakukan edit, maka pengguna akan menjumpai kolom ketikan aktif dengan keyboard terhadap pesan yang sebelumnya telah ada. Setelah selesai, pengguna dapat mengirimkan kembali pesannya secara normal.

Meskipun dapat diedit, namun pihak WhatsApp juga akan memberikan penanda agar penerima pesan tahu bahwa pesan tersebut telah diubah. Penerima pesan nantinya akan melihat tanda 'diedit' di bawah pesan yang sudah pernah dikoreksi.

Namun, penerima pesan tidak akan dapat melihat riwayat pengeditan. Hal tersebut tentu menjadi kabar baik bagi pengguna yang tidak menghendaki penerima pesan mengetahui kesalahan yang ada dalam pesan.

Untuk memastikan keamanan pesan-pesannya, pihak WhatsApp juga menjamin bahwa semua panggilan, media, dan pesan pribadi, pesan serta pengeditan yang dibuat oleh pengguna dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

WhatsApp sendiri memang terhitung cukup rajin dalam memberikan update fitur-fitur baru. Baru dalam beberapa hari lalu, WhatsApp baru saja menghadirkan fitur keamanan "Kunci Chat".

Aspek keamanan sendiri kelihatannya menjadi salah satu prioritas utama bagi WhatsApp. Karena baru saja bulan lalu, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka telah memperkuat keamanan aplikasi dan akun para penggunanya.

Fitur edit pesan sendiri kini sudah diluncurkan kepada para pengguna WhatsApp secara global. Namun fitur ini nantinya baru akan tersedia secara bertahap kepada semua pengguna dalam beberapa minggu ke depan.