Dark
Light

Volta dan Microsoft Dorong Akselerasi Kendaraan Listrik dengan AI

by
1 min read
June 16, 2023
Volta kerja sama dengan Microsoft

Sebagai produsen motor listrik asli Semarang yang merupakan anggota Microsoft Entrepreneurship for Positive Impacts, Volta terus berupaya meningkatkan pengalaman berkendara menggunakan motor listrik secara mudah dan menyenangkan.

Motor listrik memang menjadi salah satu kendaraan ramah lingkungan yang terus disuarakan hingga sekarang. Apalagi Indonesia telah telah mencanangkan strategi emisi net-zero 2060, dengan kesiapan memasuki era kendaraan listrik.

“Statistik menunjukkan bahwa sekitar 85% rumah tangga di Indonesia setidaknya memiliki satu sepeda motor. Sayangnya, baru sedikit motor yang merupakan motor listrik,” ujar Iwan Suryaputra, CEO Volta Indonesia.

Situasi tersebutlah yang disebut mendorong Volta, member dari PT M Cash Integrasi Tbk (IDX: MCAS), sekaligus anak usaha PT NFC Indonesia Tbk berpartisipasi meningkatkan kualitas udara dan kesehatan masyarakat melalui kendaraan ramah lingkungan.

Usaha untuk meningkatkan pengalaman para pengguna motor listrik Volta ini direalisasikan lewat hadirnya VoltaChat. Layanan ini merupakan sebuah chatbot yang nantinya dapat membantu pengguna ataupun calon pengguna Volta.

Pengguna nantinya dapat mempelajari berbagai macam produk Volta secara interaktif, sehingga calon penguna dapat menemukan rekomendasi produk Volta yang paling cocok bagi mereka baik dari sisi spesifikasi maupun harga.

Didukung oleh Azure OpenAI Service, chatbot yang dapat diakses di https://voltaindonesia.com/chat ini memungkinkan penggunanya untuk menggunakan bahasa sehari-hari dalam bertanya ataupun meminta rekomendasi.

Hal tersebut dapat menghemat waktu dan meningkatkan kemudahan pengguna saat berkenalan dengan Volta dan memperdalam pengetahuan mengenai Volta, termasuk untuk mencari stasiun pengisian baterai dan pengisian daya terdekat.

Lebih jauh, penggunaan Azure OpenAI Service ini tidak hanya disediakan untuk para pengguna namun juga untuk meningkatkan produktivitas tim internal Volta. Tim Volta mengatakan bahwa mereka dapat mengumpulkan data interaksi VoltaChat untuk mengenali audiens eksternal mereka dengan lebih baik, terutama terhadap perilaku dan kebiasaan para pengguna Volta.

Maka dari itu, Volta berharap dapat terus mengembangkan bisnis mereka dengan lebih baik lagi, sekaligus mendukung pengendara produk-produk mereka agar dapat dikendarai lebih cepat dan lebih jauh.

Saat ini, Volta yang tingkat kandungan dalam negeri (TKDN)-nya telah mencapai lebih dari 40 persen, menawarkan dua jenis kendaraan listrik, yaitu roda 2 dan roda 3, dengan model 401, Virgo, dan Mandala sebagai produk unggulannya.

Previous Story

Samsung Galaxy S21 FE 5G Tersedia dalam Warna Baru, Turun Harga 2 Jutaan

Next Story

Kronologi Protes Pemain Profesional League of Legends Hingga Akhir

Latest from Blog

Don't Miss

Era Teknologi Pemasaran AI dari Google Untuk Pengiklan di Indonesia

Google menggelar acara Google Marketing Live Indonesia di Jakarta. Acara

92% Pekerja di Indonesia Sudah Menggunakan GenAI dan Temuan Lain dari Work Trend Index 2024

Microsoft dan LinkedIn merilis laporan Work Trend Index 2024. Di