19 June 2014

by Yoga Wisesa

Versi Next-Gen Grand Theft Auto V Membuat Hideo Kojima Depresi?

Saat trailer Metal Gear Solid V: The Phantom Pain dilepas d ipanggung E3 dalam konfrensi pers Sony, fans menyimaknya dengan sangat antusias dan gembira. Walaupun belum memiliki tanggal rilis resmi, The Phantom Pain adalah salah satu permainan yang paling ditunggu oleh khalayak console, baik pemilik sistem lama maupun gamer Xbox One dan PlayStation 4.

Permainan terbaru karya produser dan sutradara legendaris Hideo Kojima itu rencananya akan mengusung formula open-world yang menitikberatkan pada sistem stealth. Sebagai karakter Big Boss, Anda akan memandunya melewati pos-pos penjagaan lawan tanpa terlihat musuh.

Menariknya dengan menggunakan tema open-world, Kojima juga membandingkan game buatannya itu dengan satu judul permainan fenomenal yang juga akan segera dirilis untuk platform next-gen: Grand Theft Auto V.

Hal tersebut ia ungkapkan dalam wawancara dengan Computer and Video Games saat membahas The Phantom Pain lebih dalam. Awalnya ia khawatir bahwa perilisan GTAV di Xbox 360 dan PlayStation 3 akan memperkecil pasar Metal Gear. Kemudian saat Grand Theft Auto V diumumkan untuk PC, PlayStation 4 dan Xbox One, Kojima merasa semakin tertekan.

 

Info menarik: Grand Theft Auto V Akan Tersedia Untuk PC, PlayStation 4 dan Xbox One

 

Ia menjelaskan bahwa pada dasarnya, permainan-permainan seperti Metal Gear tidak membutuhkan kebebasan untuk melakukan apapun yang pemain inginkan seperti dalam GTA.

"[Metal Gear] bukanlah permainan seperti itu. Dalam game buatan kami, Anda masuk ke area level, menyelesaikan misi, lalu keluar. Misi-misi yang ada di dalamnya cukup sederhana: menghancurkan sesuatu, meringkus seseorang, membunuh target, atau mengambil sebuah objek tertentu," ungkap sang wakil presiden Konami Digital Entertainment itu.

Walaupun disajikan dengan metode yang hampir sama, Kojima menjelaskan bahwa Rockstar pada dasarnya menggunakan arahan yang berbeda. Ia tidak mau tema open-world membuat gamer berpikir bahwa Kojima Productions mencoba menggunakan pendekatan yang sama seperti tim developer seri Grand Theft Auto.

 

Info menarik: Valve SteamBoy Adalah Versi Handheld Steam Machines

 

CVG bertanya, apakah Metal Gear Solid V: The Phantom Pain yang kian rampung ini membuat Hideo Kojima lebih gembira, karena dahulu ia sempat merasa depresi oleh teknologi yang disajikan Rockstar dalam Grand Theft Auto V?

"Saya mencoba membuat permainan bertema stealth yang memberikan kebebasan. Menurut saya, rasa depresi ataupun gembira tidak terlalu berkaitan," begitu jawabnya.

"Apa yang telah Rockstar ciptakan memang sangat mengagumkan, dan melihat versi PlayStation 4-nya beberapa hari lalu membuat saya kembali merasa tertekan. Bagi saya, apa yang mereka perlihatkan bukan hanya luar biasa dari sisi desain game. Dan kualitas yang mereka pamerkan dalam trailer PlayStation 4 sangatlah mengesankan," tutup Kojima.

Tapi bagi saya sendiri, Metal Gear Solid V: The Phantom Pain sama sekali tidak buruk. Kojima Productions telah meningkatkan kualitas visual Fox Engine sehingga permainan baru mereka terlihat sangat keren. Jika belum, Anda bisa simak trailer The Phantom Pain berdurasi lima menit lebih di bawah ini.

Sumber gambar header: OfficialPlayStationMagazine.co.uk.