7 April 2016

by Bambang Winarso

Facebook Live Dapatkan Tambahan Fitur Reactions, Filter dan Replay Comment

Selain ketiga fitur itu, Facebook Live juta diperkaya fitur live destination dan live map

Facebook kembali melakukan beberapa rombakan penting untuk layanan live streaming-nya, menghadirkan fitur baru yang meningkatkan elemen interaksi pada video, mudah dibagikan dan ditemukan. Beberapa fitur yang bakal digulirkan dalam beberapa minggu ke depan antara lain, kapabilitas untuk menyiarkan video di Group dan Events, replay comment, kemudian tambahan fitur Reactions dan filter serta informasi lokasi yang memuat titik di mana siaran tersebut diambil yang meliputi sebagian besar negara.

Pembaruan yang pertama, fitur Live kini dapat disiarkan ke dua produk terlaris Facebook, yaitu Group dan Event. Itu artinya, pengguna dapat menyiarkan video ke orang-orang tertentu yang satu minat dengannya. Misalnya ke grup yang berisikan anggota keluarga, alumni atau komunitas.

Sementara jangkaun Live ke layanan Events, memberikan kesempatan baru bagi pengguna Live untuk menyiarkan acara yang digelar dalam undangan event bersangkutan. Misalnya, pesta ulang tahun, pernikahan, pertunangan atau seminar.

Berikutnya, setelah memulai debut pada bulan Februari ke News Feed utamanya, Reactions akhirnya mendarat juga di Live. Sebagaimana fungsinya, Reactions bakal menjadi tolak ukur seberapa sukakah orang dengan video yang disiarkan. Bagi penonton, Reactions merupakan cara baru untuk mengekspresikan perasaannya terkait video yang disiarkan.

Jika reaksi emotikon dirasa tak cukup, pengguna bisa berpartisipasi dengan meninggalkan komentar. Serunya, fitur baru memungkinkan pengguna memutar ulang komentar yang ditinggalkan penonton ketika menontonnya lagi di lain waktu.

Facebook juga menambahkan opsi baru yang berfungsi untuk mengirimkan undangan menonton siaran langsung ke kontak teman. Penerima undangan bakal mendapatkan notifikasi berisikan permintaan untuk menyaksikan video.

Pengalaman baru ini dipastikan segera digulirkan ke platform Android dan iOS dalam beberapa minggu ke depan.

Sumber berita Facebook.