17 April 2022

by Galih

Dapatkan Update Besar Setelah 11 Tahun, Diablo 2 Akhirnya Perbaiki Bug Berumur 20 Tahun

Blizzard memberikan berbagai pembaruan untuk Diablo 2.

Blizzard Entertainment saat ini tentunya tengah disibukkan dalam pengerjaan dua seri Diablo baru. Yang pertama adalah Diablo IV dan juga game mobile mereka yaitu Diablo Immortal.

Meskipun terlihat sangat sibuk, namun ternyata Blizzard masih sempat melihat kembali ke game lama mereka yaitu Diablo 2 untuk memberikan update besar untuk seri game ini setelah belasan tahun eksis.

Perlu diketahui bahwa Diablo 2 yang akan mendapatkan update ini adalah Diablo 2: Resurrected yang notabene adalah versi remastered yang dirilis pada 2021 lalu.

Namun, hal tersebut tidak membantah fakta bahwa Blizzard memerlukan waktu 11 tahun untuk memberikan pembaruan pada balancinggameplay-nya.

Update 2.4 ini juga akhirnya memperbaiki beberapa bug krusial yang ada pada game-nya sejak dirilis perdana pada tahun 2000 silam. Anehnya, Blizzard tidak memperbaiki hal tersebut saat merilis Resurrected pada tahun lalu, dan baru memperbaikinya setelah 20 tahun lebih berlalu.

Image Credit: Blizzard Entertainment

Dua bug besar yang akhirnya diperbaiki antara lain ada skenario saat kumpulan monster Unique akan menghabiskan mana pemain lebih dari yang seharusnya -- yang membuat beberapa kelas menjadi lemah.

Yang kedua adalah masalah pada monster dengan fire-enchanted yang dalam beberapa skenario dapat mengeluarkan damage lebih besar dari yang seharusnya. Hal tersebut terjadi saat pemain menggunakan tingkat kesulitan 'Nightmare'.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Blizzard juga memberikan perubahan balancing kepada 7 kelas yang ada pada Diablo 2: resurrected.

Blizzard memberikan kalibrasi ulang kepada hampir semua aspek mulai dari status setiap karakter, skill unik masing-masing karakter, hingga ke tooltips spesifik setiap karakter.

Namun bila dilihat secara keseluruhan, mayoritas penyeimbangan yang dilakukan oleh Blizzard pada semua karakter adalah buff berupa peningkatan keluaran damage serangan dan juga cooldown yang menjadi lebih singkat.

Selain itu, patch ini juga menambahkan rune words baru, resep Horadric Cube baru, perubahan bonus pada set item dan juga berbagai area level, serta berbagai pembaruan 'quality of life'.

Uniknya, Blizzard juga memberikan fitur baru pada update ini yaitu pilihan grafik klasik game-nya atau yang mereka sebut sebagai "Legacy Graphics Emulation". Dengan fitur ini pemain dapat memilih 3 pilihan emulasi untuk membuat game-nya tampil seperti game originalnya dahulu.

Bagi Anda yang penasaran, Anda dapat membaca patch notes lengkapnya di sini.