Bantu Tingkatkan Skill Tenaga Kerja, Udemy Hadirkan Kelas Hingga 13 Bahasa

Bahasa yang kerap menjadi kendala kini bukan lagi menjadi halangan, termasuk untuk tenaga kerja di Indonesia.

Salah satu platform global yang fokus dalam industri pendidikan dengan situs belajar online, Udemy melebarkan sayapnya di Indonesia. Ada pertumbuhan yang dilihat Udemy dalam skala business-to-business (B2B) di Indonesia dan tentunya karyawan atau tenaga kerja menjadi aspek utama.

Udemy ingin membantu tenaga kerja mengembangkan skill miliknya dengan meluncurkan koleksi kursus/kelas berbahasa Indonesia di Udemy Business.

Benar, Anda bisa mengakses beragam kelas di Udemy dengan bahasa Indonesia, bahkan berbagai bahasa secara bertahap dikembangkan sejak Juni 2021 silam. Kursus/kelas yang berada di Udemy juga sangat beragam seperti topik bersifat bisnis, keterampilan, hingga kemampuan dalam mengelola perusahaan.

Sumber: Heap Talk

Anda bisa belajar berbagai pengetahuan secara langsung tanpa membutuhkan dubbing atau subtitle untuk pengalaman terbaik dalam belajar. Dilansir laporan World Bank Group 2020, EdTech di Indonesia memang mengalami peningkatan yang sangat signifikan dalam 15 tahun terakhir.

Peningkatan ini juga beriringan dengan akses pendidikan yang telah mengalami kemajuan di Indonesia. Selain itu, kualitas keterampilan/skill tenaga kerja di Indonesia menjadi perhatian utama. Laporan perusahaan yang mengalami kendala dalam merekrut karyawan di level manajer dan level manajerial/tingkat atas terlihat menurun hingga 50 persen.

Hasil tersebut juga seiringan dengan laporan perusahaan Indonesia dalam kemudahan menemukan karyawan yang mampu berbahasa asing serta memiliki beragam kemampuan menunjang baik hard skill maupun soft skill.

Giri Suhardi, Head of Indonesia Market - Udemy

Giri Suhardi, Head of Indonesia Market di Udemy mengatakan, “Lanskap bisnis berubah dengan sangat cepat. Umur atau masa relevansi dari sebuah keterampilan kini semakin singkat. Apa yang kita pelajari hari ini mungkin hanya relevan untuk beberapa tahun ke depan saja.

Teknologi, alat, dan metodologi baru terus bermunculan mengusik proses bisnis yang sudah ada saat ini. Oleh karena itu, penting bagi individu dan organisasi untuk terus membekali diri mereka dengan keterampilan dan pengetahuan terbaru melalui pengembangan keterampilan yang terjangkau dan fleksibel," ucapnya.

Akibat pandemi, banyak perusahaan di Indonesia mulai mengadopsi pembelajaran online secara masif sebagai bagian dari program pembelajaran dan pengembangannya.

Mereka pun bekerja sama dengan lebih dari 11.600 perusahaan di seluruh dunia, termasuk Kereta Api Indonesia, LinkAja, Samudera Indonesia, dan masih banyak lagi perusahaan lainnya di Indonesia.

Sumber: LinkAja

“Memiliki tenaga kerja yang sangat terampil dan gesit (agile) merupakan aset kompetitif terbaik bagi PT Kereta Api Indonesia (KAI). Bekerja dengan platform peningkatan keterampilan seperti Udemy Business dalam memenuhi kebutuhan belajar karyawan yang terus menerus, memungkinkan kami mencapai tujuan dalam memiliki aset kompetitif yang paling penting. Dengan demikian, KAI dapat terus memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan kami,” ucap Tiven Ronikko, Manager E-learning PT Kereta Api Indonesia.

Udemy baru saja mengumumkan ekspansi di kawasan Asia-Pasifik dengan unit Udemy Business yang hadir secara global dengan menambah pengguna di kelas korporasi pada area Asia Pasifik. Udemy juga menyediakan 9.000 kursus internasional dalam 13 bahasa, termasuk lebih dari 300 kursus dalam bahasa Indonesia.

Diharapkan langkah ini dapat dimanfaatkan karyawan sehingga leluasa dalam memilih bahasa untuk belajar, baik dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau memilih dari 12 bahasa internasional lainnya.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara Udemy membantu perusahaan, kunjungi https://business.udemy.com/.