12 July 2022

by Glenn Kaonang

Bukan Sebatas untuk Gengsi, Inilah 10 Proyek Komersial Berbasis NFT Bored Ape Yacht Club

Menjadi pemilik NFT Bored Ape Yacht Club berarti Anda berhak menggunakannya dalam konteks komersial, berikut contoh proyek-proyek komersial yang dibangun di atas kepemilikan NFT BAYC

Dari sekian banyak koleksi NFT, Bored Ape Yacht Club (BAYC) adalah yang paling dikenal di seluruh dunia. Sejak diluncurkan pertama kali pada April 2021, kumpulan 10.000 aset NFT bergambar kera ini telah menjadi fenomena global, sekaligus berhasil menarik perhatian berbagai sosok ternama untuk turut berpartisipasi menjadi salah satu kolektornya.

Melihat popularitasnya, wajar kalau harga NFT Bored Ape jauh dari kata murah. Saat artikel ini ditulis, harga terendah (floor price) NFT Bored Ape di OpenSea tercatat berada di angka 99,99 ETH, alias di atas 1,6 miliar rupiah (dan ini dalam kondisi pasar crypto serta NFT yang sedang lesu). Dengan kata lain, jual-beli NFT Bored Ape punya potensi menjadi bisnis yang sangat menguntungkan — atau tidak, tergantung fluktuasi harganya tentu saja.

Namun menjual NFT di saat harganya tengah naik bukan satu-satunya cara untuk mencari untung bagi para kolektor Bored Ape. Pasalnya, menjadi pemilik NFT Bored Ape juga berarti Anda punya hak penuh atas pengaplikasiannya dalam konteks komersial.

Pada praktiknya, ini berarti kolektor bebas membangun bisnis di atas aset NFT Bored Ape yang dimiliki, seperti misalnya menjual kaus atau merchandise lain bergambar NFT Bored Ape tersebut. Lebih lanjut, kalau berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh Yuga Labs (perusahaan pencipta Bored Ape) sendiri, kolektor dapat menikmati seluruh penghasilan yang didapatkan secara penuh dari aset NFT Bored Ape-nya masing-masing.

Di luar sana, sudah ada cukup banyak bisnis dari beragam bidang yang memanfaatkan Bored Ape sebagai bagian dari branding-nya, dan di artikel ini, kita akan membahas 10 proyek komersial yang dibangun di atas kepemilikan NFT Bored Ape.

Bored Ape Yacht Club di industri makanan dan minuman

Bored & Hungry

Bored & Hungry adalah jaringan restoran cepat saji asal Amerika Serikat yang didirikan oleh seorang pengusaha restoran berpengalaman bernama Andy Nguyen. Daya tarik utama Bored & Hungry terletak pada maskotnya, yaitu Bored Ape #6184 yang Andy beli pada bulan Maret 2022 di kisaran harga $267.000 (± 4 miliar rupiah) berdasarkan laporan ABC7.

Sejalan dengan tema Web3 yang diangkat, restoran Bored & Hungry juga menerima pembayaran menggunakan Ether (ETH) maupun ApeCoin ($APE). Menurut laporan HypeBeast, para pemilik NFT Bored Ape kabarnya juga bisa menikmati beberapa benefit ekstra seperti kombo gratis dan lain sebagainya di restoran ini.

Bored & Hungry membuka cabang pertamanya di kota Long Beach, California, pada bulan April kemarin. Cabang keduanya rencananya akan dibuka di Seoul, Korea Selatan, pada musim semi mendatang. Kemunculan Bored & Hungry telah berhasil menginspirasi sejumlah usaha makanan dan minuman lain di Amerika Serikat untuk menyusul. Dua di antaranya adalah Dr. Bombay's Sweet Exploration dan Bored Taco, yang semuanya masih berada di bawah satu payung grup Food Fighters Universe.

Bored Wine Co.

Bored Wine Co. memberi kesempatan unik bagi kolektor NFT Bored Ape untuk mencetak karakter kera kesayangannya pada label enam botol wine yang berbeda. Dari situ, kolektor akan diberi aset NFT baru yang merepresentasikan keenam botol wine-nya. Wine-nya sendiri tentu saja bisa dikonsumsi, akan tetapi kolektor juga dapat memilih untuk menyimpan koleksi wine-nya secara aman di gudang bawah tanah (cellar) milik Bored Wine Co. di kota London.

Oh ya, maskot Bored Wine Co. sendiri adalah Bored Ape #1839, yang kebetulan memiliki penampilan bak seorang somelier.

Bored Ape Yacht Club di industri pakaian

Bored Ape Wear

Sesuai namanya, Bored Ape Wear memproduksi kaus, jaket, topi, tas, dan berbagai merchandise lain yang semuanya bertemakan NFT Bored Ape. Di situs resminya, dijelaskan bahwa setiap produk merchandise yang Bored Ape Wear jual merupakan hasil kolaborasinya dengan para kolektor Bored Ape, dengan sistem bagi hasil 50/50 antara Bored Ape Wear dan masing-masing pemilik aset NFT Bored Ape.

Kalau Anda punya NFT Bored Ape, Anda pun bisa bekerja sama dengan Bored Ape Wear untuk mengabadikan karakter kera kebanggaan Anda dalam bentuk merchandise fisik dan menikmati separuh dari total hasil penjualannya.

Diamond Supply Co.

Memasuki awal tahun 2022 kemarin, merek streetwear kenamaan asal Amerika Serikat, Diamond Supply Co., meluncurkan koleksi produk bertajuk Diamond Ape Collection. Bukan cuma kaus dengan gambar karakter Bored Ape maupun Mutant Ape yang berlisensi resmi, koleksi tersebut turut mencakup jaket hoodie, celana, topi, dan bahkan skateboard deck sekalipun.

Pendiri Diamond Supply Co., Nicky Diamond, kabarnya sudah sejak lama menjadi pemilik NFT Bored Ape. Nicky juga dikenal sebagai seorang NFT enthusiast, dan bisnis streetwear-nya pun juga sudah resmi mempunyai koleksi NFT sendiri yang dinamai Diamond Crypto Dunks.

Adidas

Sepopuler apakah Bored Ape Yacht Club? Cukup populer untuk menarik minat Adidas, yang tengah sibuk membangun proyek metaverse dengan memanfaatkan NFT Bored Ape. Guna mewujudkannya, Adidas memutuskan untuk membeli NFT Bored Ape #8774, yang langsung didandani dengan jaket khas Adidas dan diperkenalkan ke publik sebagai tokoh bernama Indigo Herz.

Bored Ape Yacht Club di industri musik

Bassjackers

Duo produser EDM asal Belanda ini sudah sejak lama menunjukkan antusiasmenya terhadap tren NFT. Spesifik untuk mengapresiasi Bored Ape Yacht Club, Bassjackers menciptakan lagu berjudul "Bored Ape Rave Club". Dalam video klipnya yang diunggah ke YouTube, kita bisa melihat beberapa karakter Bored Ape milik sejumlah kolektor yang menawarkan diri ke Bassjackers untuk ikut tampil.

Kingship

Kingship adalah band beranggotakan satu karakter Mutant Ape dan tiga Bored Ape (plus satu lagi yang berperan sebagai manajernya). Band ini merupakan proyek perdana dari 10:22PM, sebuah label musik khusus Web3 besutan Universal Music Group.

Kingship sejauh ini memang belum meluncurkan konten musiknya, akan tetapi mereka telah merilis koleksi NFT-nya sendiri yang berfungsi sebagai kartu keanggotaan bagi para penggemarnya.

Timbaland

Sudah bukan rahasia kalau NFT Bored Ape populer di kalangan selebriti. Beberapa, seperti Timbaland misalnya, bahkan memutuskan untuk menggunakan karakter kera kesayangannya sebagai 'wajah' baru dari konten-konten yang bakal diproduksi ke depannya di bawah alias "Congo".

Escapeplan

Escapeplan adalah nama duo produser/DJ yang terdiri dari dua karakter Bored Ape: ETHan (Bored Ape #4321) dan zeETH (Bored Ape #309). Di bawah naungan label musik milik perusahaan holding WME, Escapeplan telah merilis single debut sekaligus hasil kolaborasinya bersama Rich the Kid yang berjudul "Jungle".

Bored Ape Yacht Club di industri lokal

Ajaib

Pada bulan Juni kemarin, platform investasi Ajaib secara resmi meluncurkan fitur baru yang memungkinkan para penggunanya untuk turut meramaikan tren investasi aset crypto. Guna memeriahkan peluncurannya, Ajaib memilih untuk menjadikan NFT Bored Ape miliknya (Bored Ape #2831) sebagai maskot dari platform Ajaib Kripto. Apakah ini pertanda bahwa Ajaib Kripto bakal menyediakan fitur marketplace NFT ke depannya?

Gambar header: PiggyBank via Unsplash.