17 November 2012

by wiku

Twitter Tingkatkan Fasilitas Pencarian

Update dari aplikasi Twitter kemarin memberikan fokus pada pengalaman pencarian yang ditingkatkan dari layanan Twitter sebelumnya. Membuat pengguna bisa mendapatkan tidak hanya tweet tetapi lebih dari itu.

Pencarian atau di Twitter dinamakan Discover menjadi salah satu bagian penting, dengan jumlah tweet yang dilayani mencapai 340 juta tweet perhari serta 1.6 miliar pencarian per hari, menemukan konten dengan informasi yang kaya adalah yang ingin dituju.

Dalam beberapa bulan ke belakang, Twitter juga memperbaharui layanan pencarian mereka, dengan merilis fasilitas autocomplete, serta koreksi untuk pencarian dan pengejaan. Dan kemarin, Twitter kembali menambahkan fitur pada layanan pencarian mereka yang menjadi lebih personal. Hasil pencarian berupa foto, video serta konten yang disebarkan di Twitter disajikan dengan konteks sosial yang sesuai dengan profil Anda.

Ada beberapa peningkatan dalam hal pencarian yang dilakukan Twitter kali ini, antara lain:

Foto dan video akan tampil di bagian atas hasil pencarian. Ketika Anda masuk pada menu Discover dan melakukan pencarian, baik untuk akun, acara atau hastag, maka koten berupa media, akan tampil di bagian atas hasil pencarian. Tentunya foto yang ada akan seusai dengan kata kunci pencarian.

Seperti yang dituliskan sebelumnya di Trenologi, Anda kini bisa melihat headline dan foto dari konten yang dibagian di Twitter. Informasi yang lebih kaya dari sekedar tweet ini bisa dinikmati dari aplikasi Twitter untuk iPhone/iOS dan Android. Tentunya ini memberikan informasi lebih secara otomatis ketika membuka menu Discover, memudahkan membaca update apa saja yang ada di jaringan Anda.

Pembaruan terakhir yang dilakukan Twitter atas pencarian adalah memberiakan keterangan atas penyusunan rangking dari hasil pencarian agar pengguna bisa lebih mengerti mengapa konten tertentu lebih berguna bagi pengguna tersebut. Anda bisa melihat keterangan siapa yang me-RT atau mem-favorite suatu tweet secara langsung tepat ketika Anda mengklik atau men-tap menu Discover.

Berbagai fitur yang berhubungan dengan fasilitas Discover atau pencarian ini bisa ditemukan atau dinikmati pada aplikasi Twitter untuk perangkan iPhone dan Android serta dari Twitter versi web atau Twitter.com.

Selain update aplikasi serta peningkatan fasilitas pencarian, Twitter juga baru saja menambahkan fitur mengirimkan tweet via email dari layanan versi web mereka.