Elon Musk Ganti Nama dan Logo Twitter Jadi "X"

Bagi Elon Musk, "X" melambangkan ketidaksempurnaan di dalam manusia yang membuatnya unik

Elon Musk kembali mengumumkan perubahan drastis terkait Twitter. Melalui akun pribadinya, nama dan logo media sosial tersebut akan berubah menjadi "X". Sebenarnya hal ini sudah lama diungkapkan oleh Elon Musk, namun baru bisa dilaksanakan sekarang.

Dalam beberapa cuitannya, ia hanya menyematkan video pendek mengenai bagaimana logo "X" dan tidak ditemukan informasi mendetail mengenai perubahan seperti apa yang akan dibuat. Bahkan nama X sendiri tidak dijelaskan apakah hanya akan berdiri sendiri atau akan ditambahkan ke nama Twitter, contohnya seperti XTwitter atau TwitterX.

Dikutip dari akun @zaimirii, sepertinya banyak perubahan drastis yang akan diterapkan. Misalnya saja domain yang digunakan akan diubah dari Twitter.com menjadi X.com. Logonya juga akan diubah dari burung biru menjadi huruf X. Bahkan logo lama mereka yang ada di markas San Fransisco rencananya juga akan dihancurkan. Istilah "Follower" atau pengikut juga akan diubah menjadi "Viewer". Tema warna biru yang sudah sangat identik dengan Twitter juga akan diganti ke warna hitam.

Twitter merupakan salah satu media sosial yang memiliki sejarah panjang. Pertama kali meluncur pada 2006, Twitter dan logonya sudah sangat melekat di batin para penggunanya. Bahkan kata-kata seperti tweet atau cuitan, sudah masuk ke kosakata umum yang digunakan di berbagai negara. Jika Anda tertarik, Anda bisa melihat sejarah berdirinya Twitter yang kami rangkum di sini.

Tidak jelas apa yang menjadi latar belakang dari perubahan ini. Sejak dibeli pada Oktober lalu, Elon Musk terus membuat langkah-langkah dan kebijakan yang kontroversial. Dengan perubahan brand ini, Elon mungkin saja berniat untuk mengubah citra dari Twitter yang ada saat ini. Namun mungkin juga ia hanya ingin melakukan perubahan yang kasat mata sejak ia membeli Twitter.

Sejumlah warganet berkelakar bahwa jika Twitter hanya diganti ke huruf X saja, maka akan berpotensi untuk mengarah ke situs-situs tertentu ketika dimasukkan ke dalam address bar. Beberapa penyebutan fitur dasar seperti akun, foto, atau video Twitter akan berubah menjadi Akun X, Foto X, atau Video X.

Namun ada juga yang berpendapat bahwa nama "X" bisa memengaruhi algoritma maupun SEO, baik ke arah yang semakin baik atau semakin buruk.