Perang geolokasi berlanjut memasuki babak baru setelah Twitter mulai memasukkan lokasi ke dalam tampilan web mereka.
Seperti kabar yang dihembuskan oleh pengembang mereka sendiri, website Twitter sepertinya memang pelan-pelan bakal diperkaya dengan berbagai fitur agar pengguna lebih betah di sana. Setelah kemarin di-update dengan pop-up profil, kini lokasi juga mulai diintegrasikan ke webnya.
Sejak API lokasi Twitter dibuka pada November tahun lalu, sudah mulai banyak aplikasi yang memasukkan lokasi di tweet-tweet yang dikirim. Tentunya ini termasuk cross-posting dari layanan lain yang memang berbasis lokasi seperti Foursquare dan Koprol.
Kalau kemarin-kemarin data ini ngga ditampilkan oleh Twitter, nah mulai minggu lalu mereka mulai menampilkan logo lokasi di ujung informasi tweet seseorang, dan memunculkan peta yang memberitahukan lokasi tempat tweet itu dikirim.
Lewat blognya pun mereka mulai menyarankan orang untuk menyalakan fitur lokasi lewat web, walau saat ini baru berlaku untuk pengguna Firefox dan Chrome dan berlokasi di Amerika Serikat saja.
Dan seakan meresmikan terjunnya Twitter di dunia perlokasian, mereka pun meluncurkan halaman yang menunjukkan lokasi para staff di Twitter di event SXSW
Untuk saat ini perlokasian di Twitter bisa dibilang masih tertinggal dibanding para pemain yang memang fokus ke lokasi seperti Foursquare dan Gowalla. Dua nama tersebut sudah sering membuat games dan gimmick dengan memberi insentif agar orang rajin check-in. Namun kalau mengingat Twitter yang tumbuh pesat tanpa iming-iming gimmick apapun, bukan tidak mungkin jawara lokasi masih tetap mereka pegang tahun ini.