Twitch Tanda Tangani Kontrak Eksklusif dengan DrLupo, LIRIK, dan TimTheTatman

Ini menunjukkan bahwa Twitch rela untuk mempertahankan streamer mereka

Twitch menandatangani kontrak eksklusif dengan tiga streamer ternama, yaitu Ben "DrLupo" Lupo, Saqib "LIRIK" Zahid, dan Timothy "TimTheTatman" Betar. Melalui perjanjian ini, ketiga streamer tersebut akan melakukan streaming eksklusif di Twitch selama beberapa tahun ke depan. Sayangnya, tidak diketahui berapa nilai dari kontrak eksklusif ini.  Konsultan esports Rod Breslau memperkirakan, kontrak ini bernilai jutaan dollar per tahunnya.

Satu hal yang pasti, kontrak tersebut akan membantu Twitch untuk mempertahankan posisi mereka sebagai platform live streaming terpopuler. Lupo dan Betar telah menyiarkan konten di Twitch sejak 2012, sementara Zahid mulai melakukan streaming pada 2011. Secara total, ketiganya memiliki lebih dari 10 juta pengikut di Twitch. Menurut laporan The Washington Post, selama menjadi streamer di Twitch, ketiga streamer ini telah mendapatkan 550 juta view di Twitch.

"Kami senang karena DrLupo, LIRIK, dan TimTheTatman akan tetap setia pada Twitch," kata Mike Aragon, Senior VP of Content and Partnerships, Twitch, menurut laporan The Verge. "Mereka adalah pemain dan rekan yang hebat, dan masing-masing dari mereka memiliki gaya streaming yang unik yang benar-benar disukai oleh para fans mereka. Sejauh ini, mereka telah mendapatkan berbagai pencapaian, dan kami senang dapat bekerja sama dengan mereka sehingga mereka bisa melanjutkan kesuksesan mereka di masa depan."

DrLupo, TimTheTatman, Ninja, dan CouRage. | Sumber: Twitter

Sebelum kabar ini diumumkan, para penonton Betar sempat bercanda bahwa dia akan pindah ke Mixer. Tampaknya, Twitch menyadari bahwa  menjadi platform streaming terbesar tak menjami para streamer akan setia pada mereka. Dengan menjalin kerja sama jangka panjang, Twitch bisa memastikan beberapa top streamer mereka tak berpindah ke platform lain.

Sebelum ini, ada beberapa streamer yang menjadi populer di Twitch sebelum pindah ke platform streaming lain. Misalnya, Tyler "Ninja" Blevins dan Michael "Shroud" Grzesiek yang pindah ke Mixer, platform streaming milik Microsoft, Jack "CouRage" Dunlop yang mendapatkan kontrak eksklusif dengan YouTube Gaming, atau Gonzalo "ZeRo" Barrios yang pindah ke Facebook Gaming. Grzesiek mengaku bahwa jumlah penontonnya sekarang tak sebanyak ketika dia masih ada di Twitch, tapi dia tidak menyesali keputusannya karena dia merasa, komunitas Mixer lebih baik dari penonton di Twitch.

Seiring dengan semakin populernya esports, persaingan antara platform streaming juga semakin ketat. Dan Microsoft memiliki alasan tersendiri mengapa mereka berkeras untuk bertahan di industri gaming dan esports. Kabar baik untuk para streamer, kini mereka dapat memilih layanan streaming yang mereka gunakan.