24 June 2022

by Sean Edbert

Mau Main Minecraft PC Multiplayer Gratis? Simak Cara Install TLauncher Ini

Isi dompet kusut? TLauncher dapat membiarkan Anda bermain Minecraft secara gratis.

Simak cara menginstal TLauncher di bawah ini untuk main Minecraft PC secara gratis, menggunakan Optifinebuilt-in, mengganti skin, dan masih banyak lagi.

Game sandbox besutan MOJANG, Minecraft, memang sangat asyik untuk dimainkan sendiri maupun ramai-ramai. Tidak hanya asyik, game dengan grafis kotak-kotak ini juga dapat membantu menyalurkan kreativitas Anda. Sayangnya, game resmi Minecraft ini dibanderol lumayan mahal. Saat artikel ini dibuat, Anda harus merogoh kocek sebesar US$29.99 atau sekitar Rp445 ribu untuk mencicipi Minecraft.

Tampilan TLauncher - Dokumentasi: Hybrid

Untungnya, Anda masih dapat memainkan Minecraft secara gratis dengan menggunakan TLauncher. Selain itu, launcher third-party ini juga menyediakan fitur-fitur yang lebih lengkap dari launcher resmi milik Minecraft. Nah, apa aja sih fitur-fitur yang akan Anda dapatkan?

Kelebihan TLauncher

TLauncher memiliki berbagai fitur yang bahkan launcher Minecraft resmi tidak punya. Salah satunya adalah kemampuan untuk memainkan Minecraft gratis dan bisa mengganti skin-nya. Tidak hanya itu, launcher satu ini juga menyediakan built-in Forge, Optifine, atau kombinasi keduanya.

Image Credit: Mojang - Kacee Fay

Bagi yang belum tahu, Forge berguna sebagai platform modding Minecraft. Sementara Optifine akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki PC kentang karena mod satu ini dapat meng-optimisasi dan mendorong FPS Minecraft Anda. Semua add-on ini juga ada di tiap versinya, termasuk versi 1.19 yang baru saja hadir baru-baru ini.

Lanjut ke fitur berikutnya, launcher ini juga menyediakan ribuan mod-pack yang sangat asyik untuk Anda coba sendiri maupun bersama teman. Menarik bukan? Nah, bagi Anda yang ingin mencobanya, simak cara install TLauncher berikut ini.

Cara Mudah Install TLauncher

Pertama, Anda harus men-download file installer dari website resmi mereka. Setelah itu, buka file installer tersebut dan tunggu proses instalasinya selesai. Nantinya, window Setup akan muncul secara otomatis -- Anda hanya perlu menekan Continue hingga proses instalasi TLauncher selesai. Mudah kan?

Melalui website resmi mereka, Anda juga dapat membuat akun secara gratis dan menggunakannya untuk mengganti skin Minecraft Anda. Menariknya, Anda juga dapat memainkan Minecraft secara multiplayer di ratusan server. Namun, Anda hanya dapat bermain di server "cracked". Untuk bermain di server premium seperti Hypixel, Mineplex, dan sebagainya, Anda tetap harus membeli Minecraft resmi.

Kami tidak merekomendasikan Anda untuk memainkan Minecraft secara crack. Oleh karena itu, Anda dapat mendukung dan mengapresiasi pengembangan yang dilakukan oleh MOJANG Studios dengan cara membeli Minecraft secara resmi.

Image Credit: sportskeeda.com