22 June 2022

by Sean Edbert

Masih Pakai PC Kentang? Ini Cara Install Optifine di Minecraft dan Kegunaannya

Tidak hanya menambah FPS, Optifine juga memungkinkan pengguna menggunakan shaders demi mempercantik grafis Minecraft.

Optifine adalah salah satu mod untuk Minecraft yang paling berguna. Bagaimana cara instalnya dan apa kegunaannya?

Bagi Anda yang sering main Minecraft, pastinya sudah tidak asing lagi dengan beragam mod buatan komunitas yang bisa Anda coba. Jika mungkin Anda bingung ingin mulai dari mana, beberapa waktu lalu kami pernah merangkum beberapa mod Minecraft terbaik yang dapat Anda coba. Menempati posisi pertama di daftar tersebut, ada mod bernama Optifine yang disebut sebagai utility mod. Namun, apa sih Optifine ini?

Image Credit: pcgearhead.com

Mod yang Dapat Mendorong Performa dan Grafis Minecraft

Utilitas ini merupakan salah satu mod buatan komunitas yang sangat berguna bagi pengguna PC kentang. Pasalnya, utility mod satu ini dapat meningkatkan FPS game Minecraft Anda hingga dua kali lipat. Mod satu ini bekerja dengan meng-optimisasi rendering grafis bawaan Minecraft. Dengan itu, Minecraft yang telah dipasangkan Optifine dapat berjalan dengan jauh lebih mulus.

&t=650s

Tidak hanya itu, mod buatan modder bernama sp614x ini memungkinkan pemain untuk menggunakan shaders. Bagi yang belum tahu, shaders ini merupakan mod yang dapat mengubah grafis, reflection, hingga shadow Minecraft menjadi realistis. Tentu saja, Anda memerlukan PC dengan kartu grafis yang memadai untuk menjalankan Minecraft Shaders.

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan mod satu ini, simak cara install-nya berikut ini.

Cara Install Optifine di Minecraft

Pertama, Anda perlu untuk mengunduh file mod Optifine di website resmi mereka. Sesaimpainya di laman "Downloads", Anda perlu mencari versi yang cocok dengan versi Minecraft Anda. Jika sudah ketemu yang cocok, Anda tinggal mengunduhnya dengan menekan tombol "Download".

Dokumentasi: Hybrid

Setelah selesai mengunduh, Anda tinggal membuka file Optifine dan akan muncul UI seperti gambar di atas. Jika lokasi file game Minecraft Anda tidak diubah (alias default location), Anda bisa langsung menekan "Install" dan menunggu sampai proses instalasi selesai.

Namun, jika Anda pernah mengubah lokasi file Minecraft, Anda dapat mengubah directory-nya dengan menekan logo ". . ." di bagian kanan kotak folder. Setelah itu, arahkan ke folder instalasi Minecraft Anda. Lalu, Anda tinggal menekan tombol "Install" dan tunggu proses instalasi selesai.

Jika ada error seperti di atas, artinya Anda salah memilih lokasi folder Minecraft Anda atau versi Minecraft yang Anda gunakan tidak cocok dengan versi Optifine yang Anda unduh.

Penutup

Nah, itu dia tadi penjelasan lengkap tentang kegunaan dan cara install Optifine Minecraft. Beberapa launcher Minecraft third-party seperti Badlion, Lunar Client, hingga TLauncher bahkan tidak memerlukan instalasi Optifine lagi. Pasalnya, semua launcher itu telah mengintegrasikan langsung mod penambah FPS tersebut di tiap versi Minecraft.

Sayangnya, sampai artikel ini dibuat, Minecraft Optifine untuk versi 1.19 belum dirilis.