24 June 2022

by Yubian Asfar

ESL Gaming dan Nielsen Perpanjang Kerja Sama di Bidang Pengukuran Data dan Riset

Nielsen merupakan perusahaan yang akan bertanggung jawab dalam riset dan data di gelaran-gelaran ESL.

Salah satu perusahaan esports terkenal di dunia, ESL Gaming resmi mengumumkan perpanjangan kerja sama dengan Nielsen, perusahaan di bidang pengukuran data dan analisa.

Kedua perusahaan akan kembali bekerjasama dalam rentang waktu tiga tahun ke depan. Hubungan ESL dengan Nielsen sendiri sudah dimulai sejak tahun 2019 yang didorong atas keinginan ESL dalam mengembangkan data dalam industri esports.

Data ini nantinya digunakan sebagai salah satu indikator untuk mengambil langkah berikutnya, baik dari kegiatan ESL maupun acara internal yang akan diselenggarakan.

Image Credit: ESL

Kerja sama ini juga membantu ESL Gaming agar secara teratur dapat memberikan laporan dalam penilaian moneter kepada para sponsor setianya melalui metodologi Media Indeks Kualitas atau Quality Index (QI) dari Nielsen.

Hal ini akan menjadi faktor utama dalam menentukan keberhasilan kerja sama dalam metode kuantiatif yang mudah diukur serta sangat kredibel. Hubungan bisnis keduanya juga dipersiapkan untuk rangkaian turnamen ESL yang digelar secara teratur setiap tahunnya, baik dicek per platform maupun channel.

Total akan ada 17 turnamen yang diselenggarakan ESL Pro Tour baik dari Dota 2, CS:GO, hingga acara ESL Gaming secara langsung. Setidaknya ada 4 bidang utama yang dilakukan dalam kerja sama ESL Gaming dan Nielsen, yaitu:

  • Valuasi Media & Sponsor: Pengukuran dan pelacakan nilai suatu media untuk mitra brand dan media di seluruh platform streaming live utama ESL. Lalu pendataan siaran untuk  memberikan gambaran lengkap tentang nilai audiens (audience value) untuk memberikan gambaran media mana yang ingin ditargetkan bagi para brand.
  • Analisa Komunitas & Penggemar: Analisis penelitian audiens esports yang memberikan wawasan dan juga analitik dari konsumen kuantitatif maupun kualitatif.
  • Memanfaatkan Metriks Standar: Diguanakn untuk pengukuran audience esports dan tolok ukur tingkah lakunya di semua platform live streaming global atau lokal.
  • Mobile Gaming & Esports: Penilaian Snapdragon® Pro Series ESL Gaming yang baru-baru ini diumumkan, yaitu mengevaluasi siaran dan integrasi brand secara langsung dalam game seluler yang sesuai.

Sumber: ESL

"Nielsen adalah pemimpin pasar dalam hal riset olahraga. Hubungan jangka panjang ini telah memberi mitra bisnis kami banyak wawasan mendalam tentang dan banyak data andal tentang komunitas esports, aktivasi merek, dan ROI yang terukur," ujar Tobias Vogt, Direktur Operasi Komersial di ESL Gaming.

"Dengan memperluas kolaborasi ini dan memasukkan lebih banyak acara, kami terus berinovasi dalam ekosistem kami dan industri yang lebih luas, dan kami sangat bersemangat untuk terus berbagi pengetahuan kami yang luas dengan mitra kami yang ada dan yang akan datang," tambahnya.

“Kami bangga bahwa ESL mempercayai Nielsen sebagai sumber terpercaya untuk mengevaluasi seluruh acara global,” ucap Timo Kurger, Commercial Director Esport & Gaming, Nielsen Esports.

Sumber: ESL

“Kami bekerja sama dengan ESL untuk lebih memahami tantangan mereka untuk memberikan data terbaik dan paling bermanfaat seputar penilaian mitra dan perilaku penggemar/konsumen dalam industri hiburan yang berkembang pesat di seluruh dunia," ucap Timo.