MOJANG Ungkap Tanggal Rilis Minecraft 1.19 "The Wild Update"

The Wild Update hadir membawa segudang konten baru.

Pertama kali diumumkan pada event Minecraft Live 2021, detail patch terbaru Minecraft berjudul 'The Wild Update' akhirnya diungkap juga oleh sang developer, MOJANG. Update lanjutan dari Caves & Cliffs ini akan hadir pada 7 Juni mendatang, membawa segudang konten baru. Hal ini diumumkan langsung melalui blog resmi Minecraft.

The Wild Update ini menghadirkan dua biome baru bernama "deep dark" dan "mangrove swamp". Mari mulai dari deep dark, biome satu ini dapat ditemukan jauh di bawah tanah. Untuk ke sana, pemain harus berada di suatu cave dan menggali terus ke bawah. Sesuai namanya, biome ini super gelap, hening, serta dihuni oleh sejumlah makhluk yang menyeramkan.

Image Credit: MOJANG

Saat memasuki deep dark biome, pemain harus berusaha untuk menghindari shrieker. Jika tidak sengaja mengaktifkan empat shrieker, Anda akan disambut oleh Warden -- makhluk terkuat di deep dark biome. Satu-satunya cara untuk menghadapi Warden selain melawannya adalah menyelinap dan melarikan diri dari biome menyeramkan tersebut. Namun, jika terpaksa untuk melawannya, Anda akan berhadapan dengan "tantangan yang belum pernah Anda temui sebelumnya."

Image Credit: MOJANG

Jika Anda tidak terlalu suka horor, Anda dapat menjelajahi mangrove swamp. Di sini, tidak ada makhluk yang dapat mengganggu ketenangan Anda. Anda dapat mencari sejumlah block baru seperti Mud Block (lumpur) serta tipe kayu baru menemani Oak, Jungle, dan teman-temannya. Karena biome ini merupakan sebuah rawa-rawa, MOJANG menambahkan "boat with a chest" (perahu dengan chest) untuk berlayar sekaligus menyimpan perlengkapan ekstra.

Image Credit: Minecraft Wiki

Selain Warden, update 1.19 ini membawa sejumlah mob ramah lain. Salah satunya bernama Allay. Mob imut berwarna biru ini dapat terbang dan membantu Anda mengumpulkan item-item. Jika diingat-ingat, Allay ini ditambahkan ke The Wild Update berkat hasil voting yang dilakukan oleh para pemain pada Minecraft Live 2021 lalu. Jadi, secara tidak langsung, para pemain lah yang menambahkan si mob menggemaskan itu di update kali ini.

Lalu, ada Frog (katak) yang ikut hadir dalam The Wild Update ini. Seperti di dunia nyata, MOJANG juga menambahkan tadpole (kecebong) sebagai versi bayi dari Frog di update 1.19 ini. Sebelum menetas menjadi tadpole, ada juga frogspawn (telur katak) yang dapat ditemukan di rawa-rawa.

Image Credit: MOJANG

Berbeda dengan katak di dunia nyata, Frog di Minecraft 1.19 ini 'bermusuhan' dengan Magma Cube dan Slime. Yang artinya, jika bertemu dengan Slime atau Magma Cube, sang katak akan mulai baku hantam hingga salah satunya mati. Menariknya, saat berhasil membunuh Magma Cube, Frog akan menjatuhkan froglight block -- salah satu block baru di update 1.19.

Minecraft 1.19 The Wild Update akan hadir pada 7 Juni secara serentak di Bedrock Edition (Xbox, PlayStation, Nintendo Switch, iOS, Andoid, Windows) dan Java Edition (Windows, MacOS, Linux).