Dark
Light

Tips dan Trik Konten Seru di Galaxy Z Flip6 Pakai Instant Slow-mo dan Live Effect

by
2 mins read
August 27, 2024

Di era kreasi konten seperti saat ini, membuat konten yang unik dan berbeda tentu menjadi nilai pus bagi sang kreator. Namun, tentunya tidak banyak orang yang memiliki banyak waktu untuk mempelajari baik secara konsep dan teknik untuk membuat konten tersebut.

Untungnya, hal tersebut bukan menjadi masalah bagi Samsung Galaxy Z Series. Karena baik Galaxy Z Fold6 ataupun Z Flip6 telah dibekali dengan berbagai fitur seru yang dapat membantu para pengguna untuk membuat konten-konten seru dan unik dengan mudah.

Dua fitur yang bisa dimanfaatkan di Galaxy Z Series terbaru, khususnya di Galaxy Z Flip6 ini adalah Instant Slow-mo dan Live Effect. Instant Slow-mo memungkinkan pengguna untuk meng-edit video secara instan tanpa perlu menggunakan aplikasi pengedit video tambahan yang kompleks.

Sedangkan Live Effect dapat mengubah foto yang sudah diambil menjadi konten video dengan efek 3D. Hal ini tentu membuat pengguna dapat bereksperimen dengan foto-foto lama untuk dijadikan konten baru yang ditambahkan kesan dramatis.

Lalu bagaimana cara menggunakan kedua efek ini di smartphone Samsung? Berikut adalah tahapan-tahapan untuk menggunakannya, kami menggunakan contoh dengan perangkat Galaxy Z Flip6:

Instant Slow-mo

Untuk menggunakan fitur instant slow-mo ini caranya cukup mudah. Yang pertama adalah pastikan bahwa video yang akan dibuat slow-motion sudah tersimpan di Gallery.

  • Buka Gallery, lalu cari video yang akan dibuat instant slow-mo
  • Klik video yang dipilih, kemudian posisikan pada bagian yang ingin diperlambat
  • Setelah ketemu, tekan dan tahan layar pada bagian video dan video akan ditampilkan dalam gerak lambat
  • Lepas jari yang menekan layar, maka seleksi video tadi akan muncul sebagai tombol di bagian atas dengan tulisan “Save Slow-Mo clip”
  • Tekan tombol tersebut maka seleksi video akan tersimpan terpisah dalam bentuk video slow-motion

Dan hanya dengan beberapa tahap tersebut, Anda dapat membuat video slow-motion yang halus, detail, dan memukau, tanpa harus melibatkan proses editing yang rumit. Menariknya, fitur Instant Slow-Mo ini dapat mengubah berbagai macam resolusi dan frame rate video.

Dengan memanfaatkan bantuan Galaxy AI, smartphone Samsung dapat mengubah video HD 24fps menjadi video slow-motion UHD 60fps. Bahkan membuat video slow-motion dari FHD 240fps ke UHD 120fps yang membuat gerak lambatnya lebih ekstrim.

Perlu diingat bahwa fitur Instant Slow-mo ini baru tersedia di beberapa model Samsung saja. Yaitu Galaxy S24 series, Galaxy S23 series, Galaxy Tab S9 series, Galaxy Z Fold5, Galaxy Z Flip, Galaxy Z Fold6, dan tentunya Galaxy Z Flip6 yang baru saja dirilis.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by wiku pedia (@wikupedia)

Live Effect

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur Live Effect dapat digunakan untuk mengubah foto menjadi sebuah video dengan efek 3D yang unik. Cara menggunakannya pun cukup mudah:

  • Buka Gallery, cari gambar yang ingin diubah (usahakan memiliki angle medium)
  • Pastikan orang atau subjek pada foto tersebut lebih dominan dibandingkan latar belakangnya
  • Usap gambar ke atas hingga muncul data informasi foto, bersaman dengan tombol ‘Live Effect’ di bawah foto
  • Klik tombol ‘Live Effect’, dan biarkan smartphone bekerja
  • Setelah diimplementasikan, Anda memiliki pilihan di bagian bawah untuk membagikan atau menyimpannya sebagai salinan

Dengan fitur ini, para content creator dapat membuat video dengan effect parallax yang dapat digunakan sebagai postingan maupun bagian dari video sinematik ataupun vlog. Alhasil akan memberikan sentuhan yang unik sehingga konten yang dibuat bisa stand out.

Kerennya, Live Effect ini menggunakan Galaxy AI untuk memindai foto yang akan diubah untuk memberikan efek yang sesuai dengan subjek dan latar belakangnya. Sehingga efek yang muncul bisa berbeda-beda tergantung foto yang diedit.

Sayangnya, fitur ini terbilang masih sangat baru sehingga hanya tersedia eksklusif untuk Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 saja. Namun di sisi lain, hal ini berarti para pengguna kedua smartphone tersebut bisa membuat konten yang terasa unik dengan efek ini.

Semakin kreatif dengan Galaxy AI Samsung

Instant Slow-mo dan Live Effect merupakan dua dari segudang fitur-fitur Galaxy AI yang tersedia di smartphone Samsung. Kehadiran fitur-fitur menarik ini tentu akan membantu tidak hanya content creator, tapi juga siapapun untuk semakin kreatif.

Apalagi, semua fitur-fitur tersebut dapat digunakan dan diakses dengan mudah. Sehingga semua pengguna Samsung bisa membuat konten video yang menarik, unik, dan seru. Tanpa harus dipusingkan untuk mempelajari tekniknya satu per satu.

Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 merupakan smartphone yang ideal bagi mereka yang suka membuat konten kreatif. Karena dengan foldable form-nya, kedua smartphone ini menawarkan pengalaman menggunakan smartphone yang baru dari sebelumnya.

Previous Story

Diskon Produk di POCO Carnival Extreme Sale

Ini-Perbandingan-3-Tablet-Berlayar-12-Inci-Terbaru-2024-dari-Xiaomi
Next Story

Ini Perbandingan 3 Tablet Berlayar 12 Inci Terbaru 2024 dari Xiaomi

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Tips ke Luar Negeri Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series

Sejak hadirnya Galaxy AI di smartphone-smartphone Samsung, banyak pengguna yang

Fitur AI di Neo QLED 8K TV, Jadikan Pengalaman Penuh Menonton TV

Salah satu sisi positif dari perkembangan teknologi yang cepat adalah