Dark
Light

Galaxy Z Fold6 Bisa Jadi Teman Baik Para Kreator Gaming, Ini Buktinya 

3 mins read
August 1, 2024

Samsung telah secara resmi menggelar penjualan umum (konsumen) Galaxy Z Sereis setelah proses pre-order selesai. Salah satu perangkat yaitu Galaxy Z Fold6 ternyata selain untuk produktivitas juga cocok untuk kegiatan gaming termasuk untuk konten kreator.

Untuk produktivitas tidak dipungkiri fitur fold dengan layar lebar yang bisa dibuka dan dilipat, dukungan S Pen serta spesifikasi kelas flagship dan fitur AI bisa membantu untuk menyelesaikan pekerjaan. Tetapi ternyata perangkat Galaxy Z Fold6 ini juga bisa untuk bermain game dan juga mendukung konten kreator gaming untuk berkarya.  Apa saja fitur pendukung aktivitas ini? Mari kita simak. 

Spesifikasi flagship Galaxy Z Fold6 

Pertama-tama adalah tentang spesifikasi. Galaxy Z Fold6 bawa spesifikasi utama yang bisa mendukung kegiatan gaming antara lain Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform untuk dukungan performa dan optimasi perangkat. Lalu ada peningkatan Vapor Chamber yang 1,6 kali lebih besar dari seri sebelumnya. Dua kombinasi ini memungkinkan perangkat untuk menghadirkan performa yang bisa diandalkan tetapi dengan tingkat panas yang bisa diredam sehingga lebih optimasl dan nyaman untuk bermain game. 

Salah satu kreator gaming Afif Yulistian (Apiipp) memberikan komentar atas kemampuan  Galaxy Z Fold6 dari sisi gaming. 

Upgrade chipset ke Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform bener-bener terasa karena pas main game tampilannya jadi lebih smooth dan nggak pecah-pecah. Pas pake setting ‘rata kanan’ pun nggak nge-lag sama sekali, pokoknya immersive dan responsif banget.” Ujar Apiiip.

Dukungan spesifikasi ini juga memungkinkan perangkat untuk menampilkan visual dari game yang tajam, frame rate tinggi dan efek pada gaming yang lebih nyata. 

Selain dari sisi performa, dari sisi spesifikasi layar serta desain juga bisa mendukung kegiatan gaming. Z Fold6 punya desain compact yang nyaman digenggam baik saat tertutup atau ketiga layar terbuka secara penuh. Bermain game jadi lebih leluasa. Bobot yang ringan 239 gram serta ketebalan 12,2 mm adalah salah satu kunci untuk kenyamanan ini. 

Dari sisi besaran layar juga memberikan keleluasaan untuk gamers berkreasi, baik bermain game atau membuat konten. Layar cover 6.3 inci sudah bisa digunakan untuk bermain game, lalu layar utama 7.6 inci memungkinkan area gaming lebih luas dan lebih seru saat bermain game. 

Kualitas layar juga mumpuni, keduanya sudah dilengkapi teknologi Dynamic AMOLED 2X, refresh rate 120Hz, tingkat kecerahan maksimal sampai 2600 nits untuk kenyamanan. 

Untuk perlindungan ada apisan pelindung STF (Shear Thickening Fluid) yang lebih tahan tekanan dan Corning Gorilla Glass Victus 2 di layar Cover Screen serta bodi belakang. 

Dukungan RAM dan ROM yang cukup besar yaitu 12GB dan penyimpanan mulai dari 256GB, 512GB, atau 1TB memberikan keleluasaan untuk performa serta unduhan game yang banyak. Galaxy Z Fold6 juga sudah IPX8 sehingga tidak perlu khawatir ketika terkena air dan untuk speaker sudah stereo. Main game tanpa headset juga akan nyaman. 

Fitur AI Galaxy Z Fold6

Selain dukungan spesifikasi, fitur AI yang ada di perangkat ini juga mendukung kegiatan konten kreator game. Apiipp menjelaskan dalam sebuah acara bahwa Z Fold6 membantunya untuk membuat konten seperti membuat caption. Fitur yang digunakan adalah Composer. 

Di aplikasi Notes bawaan Galaxy Z Fold6 pengguna bisa menyusun konten (misalnya caption media sosial) dengan bantuan AI. Cukup minta AI untuk membuat caption nanti akan di generate. Pengguna tinggal copy dan paste dan masukan ke caption sosial media yang diinginkan. 

Fitur AI lain yang juga untuk bikin kreasi konten lebih seru adalah fitur AI yang berhubungan dengan gambar, antara lain Sketch to Image dan Protrait Studio. 

Sketch to Image memungkinkan pengguna untuk membuat gambar dengan bantuan AI hanya dari sketch sederhana saja. Ini bisa digunakan untuk misalnya membuat karakter game atau bikin aktivitas seru saat live stream sambil main game. 

Yang Portrait Studio memungkinkan pengguna membuat foto portrait dengan bantuan AI jadi lebih seru. Ini juga bisa digunakan untuk profile pic di akun game atau saat live. 

Fitur AI lain yang juga berguna berhubungan dengan penerjemahan. Z Fold6 punya beberapa fitur yang bisa menerjemahkan secara live atau dari teks. Ini berguna saat teman bermain Anda dari negara yang berbeda. 

Layar lebar bisa multitasking bahkan untuk game 

Keunggulan lain yang juga menarik adalah layar yang lebar Dari Z Fold6 bisa untuk multitasking beberapa game sekaligus, salahkan game-nya memang mendukung aktivitas ini. 

Apiipp sudah mecobanya dengan mendemokan langsung saat acara. Ia memainkan dua game sekaligus, game yang ia coba adalah Seven Night dan Honkai: Star Rail. Game-game yang butuh farming, game idle atau game casual juga dikatakan Apiipp bisa menggunakan fitur ini. 

Kemudahan multitasking ini bisa mendukung kegiatan gaming yang butuh farming atau menunggu pemain lain. Asalkan game-nya mendukung, bermain jadi bisa lebih seru dan multigaming. 

Selain untuk bermain game secara bersamaan, multitasking di Z Fold6 juga memungkinkan para kreator konten untuk lebih produktif. Pembagian layar menjadi beberapa bagian misalnya memungkinkan kreator untuk melihat sosial media, menonton konten, dan membalas email/chat secara bersamaan. Jadi misalnya nongkrong di forum game bisa sambil memantau media sosial atau mengirim email untuk urusan kerjaan. 

Dengan berbagai fitur di atas, Glalaxy Z Fold6 bisa menjadi pilihan baru para gamers dan juga konten kreator. Fitur dan spesifikasi yang ada bisa mendukung dalam dua kegiatan ini. Seru bermain game dan juga seru membuat konten. 

Contoh multitasking di Galaxy Z Fold6

Harga Galaxy Z Fold6 

Galaxy Z Fold6 sudah bisa dibeli secara langsung di toko retail yang menjual produk resmi Samsung. 

Galaxy Z Fold6 tersedia dalam 3 varian :

  • 12GB/256GB dengan harga Rp26.499.000
  • 12GB/512GB (Rp28.499.000)
  • 12GB/1TB (Rp31.999.000).

Ada lima pilihan warna, yaitu Crafted Black, White, Silver Shadow, Pink, dan Navy.

Promo penjualan dengan total keuntungan lebih dari 6 juta yaitu:

  • Trade in cashback atau purchase with purchase hingga Rp.2.000.000, Bank cashback hingga Rp.1.000.000
  • Gratis Samsung Care+ hingga 1 tahun
  • Kesempatan mendapatkan hadiah senilai hingga Rp.1.000.000. 

Konsumen yang juga ingin mencoba langsung perangkat ini masih bisa hadir di Galaxy Experience Space yang masih akan berlangsung hingga 4 Agustus 2024 di Mall Kota Kasablanka – Jakarta.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.samsung.com/id.

Previous Story

Google Luncurkan AI Academy untuk Jaring Startup AI di Asia-Pasifik

Next Story

Blibli Pastikan Semua Produk Apple Berstiker Blibli Mendapat Perlindungan Lengkap

Latest from Blog

Don't Miss

Tips ke Luar Negeri Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series

Sejak hadirnya Galaxy AI di smartphone-smartphone Samsung, banyak pengguna yang

Fitur AI di Neo QLED 8K TV, Jadikan Pengalaman Penuh Menonton TV

Salah satu sisi positif dari perkembangan teknologi yang cepat adalah