5 September 2022

by Glenn Kaonang

Ticketmaster Tunjukkan Peran NFT dalam Dunia Pertiketan

Event organizer yang menjual tiket di Ticketmaster kini dapat merilis NFT sebelum, sesudah, atau selagi acaranya berlangsung

Sifat NFT yang tak tergantikan (non-fungible) dan kemampuannya membuktikan kepemilikan secara sah membuatnya ideal untuk dijadikan format baru tiket digital. Namun kalau menurut Ticketmaster, NFT punya peran yang jauh lebih besar dari itu di dunia pertiketan. Platform distribusi tiket asal Amerika Serikat itu percaya NFT juga dapat dipakai untuk menghadirkan berbagai pengalaman ekstra kepada para pembeli tiket.

Untuk membuktikannya, Ticketmaster kini memperbolehkan event organizer (EO) untuk merilis NFT yang dikaitkan dengan tiket yang dijual di platformnya. Idenya adalah supaya pihak EO bisa menghadirkan nilai tambahan kepada para pengunjung acaranya, entah dalam bentuk loyalty reward, atau pengalaman spesial seperti sesi meet-and-greet dengan selebriti yang mengisi acaranya.

Ticketmaster membebaskan pihak EO untuk mengeksplorasi sendiri ide-ide menarik yang bisa mereka aktifkan melalui NFT. Aset NFT ini juga tidak harus didistribusikan sebelum acaranya berlangsung, tetapi bisa juga setelah atau bahkan selagi acaranya sedang berjalan. Jadi seandainya pihak EO hanya sebatas ingin menawarkan memorabilia dalam format NFT kepada para pengunjung acara ketika event-nya sudah usai, mereka pun bisa melakukannya via platform Ticketmaster.

Inisiatif NFT ini bukan yang pertama dari Ticketmaster. November tahun lalu, Ticketmaster sempat merilis tiket pertandingan football (NFL) di blockchain Polygon. Kemudian pada bulan Februari 2022 lalu, Ticketmaster juga sempat mendistribusikan aset NFT kepada lebih dari 70.000 pembeli tiket ajang Super Bowl LVI di blockchain Flow.

Entah apa yang menjadi alasan di balik pergantian blockchain-nya, namun yang pasti Ticketmaster kembali memercayakan upaya NFT terbarunya kepada Flow. Berdasarkan siaran persnya, tercatat sejauh ini sudah ada lebih dari 5 juta aset NFT yang di-mint oleh Ticketmaster di Flow untuk beragam EO yang menjadi mitranya.

Nama Flow mungkin kedengaran tidak asing bagi yang mengikuti perkembangan platform NFT olahraga. Semenjak kesuksesan NBA Top Shot, popularitas Flow terus mencuat. Yang terbaru, Flow juga dipercaya menjadi infrastruktur NFL All Day, platform yang memungkinkan para penggemar untuk mengoleksi momen-momen terbaik dari liga utama american football.

Sumber: TechCrunch.