17 July 2022

by Hans Thio

Guide Terizla Mobile Legends 2022: Skill, Item Build, Laning Phase, dan Counter-nya

"Revenge has consumed me." - Terizla

Terizla Mobile Legends adalah hero unik karena hero ini bisa mengeluarkan damage besar namun susah dibunuh. Inilah guide lengkapnya.

Setelah mendapatkan buff yang signifikan di patch terbaru, Terizla menjadi salah satu fighter terkuat di META sekarang. Terizla memiliki damage yang sangat tinggi di early sampai midgame.

Di guide kali ini, kita akan mengulas skill, emblem, battlespell, item, serta tips untuk memaksimalkan Terizla. Selain itu, kita juga akan membahas kekurangan maupun kelebihan Terizla. Berikut guide Terizla Mobile Legends 2022.

Guide Terizla Mobile Legends 2022

Image Credit: Moonton

Penjelasan Skill Terizla

Image Credit: Moonton

Pasif: Body of Smith

Terizla memperoleh 1% damage reduction (maksimal 30%) untuk setiap 2,5% HP yang hilang. Namun, attack speed Terizla tidak dapat ditingkatkan. Setiap 1% attack speed tambahan yang dia peroleh akan diubah menjadi 1 physicalattack tambahan.

Skill 1: Revenge Strike

Terizla memecahkan tanah dengan palunya dan retakan tanah akan menyebar, memberikan physicaldamage. Setelah retakan mengenai target pertama, ia akan memberikan Fissure dan memperlambat mereka sebesar 30%. Pada saat yang sama, movementspeed Terizla akan meningkat 25% selama 3 detik. Fissure pada target kemudian akan meledak, memberikan physicaldamage dan 20% dari HP lawan yang hilang.

Skill 2: Execution Strike

Terizla mengayunkan palunya di area berbentuk kipas di depan. Skill ini bisa digunakan hingga 3 kali. Dua serangan pertama memberikan physicaldamage yang sama, sedangkan yang ketiga memberikan physicaldamage yang lebih besar. Musuh yang terkena skill ini juga mendapatkan efek Slow sebesar 15% selama 1,5 detik (efek Slow bisa di-stack).

Ultimate: Penalty Zone

Terizla melompat ke area yang ditentukan untuk menghantam tanah, menyebabkan physical damage dan efek Slow sebesar 45%–50%. Sementara itu, dia memanggil Scaffold, yang akan mengaitkan Hook kepada lawan dan menarik target beberapa kali, memberikan physicaldamage setiap kalinya.

Priotitas UpgradeSkill: Penalty Zone -> Execution Strike -> Revenge Strike 

Untuk penjelasan skill yang lebih terperinci, bisa Anda cek di game atau laman resmi MLBB.

Emblem Terizla

Fighter Emblem – Festival of Blood

Image Credit: Moonton

Mempunyai skill area yang luas serta damageskill yang tinggi, Terizla dapat menggunakan spell vamp dengan efektif. Oleh karena itu, talentFestival of Blood sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan sustain Terizla.

Battle Spell Terizla

Image Credit: Moonton

Untuk mengatasi mobilitasnya yang rendah, Terizla dapat menggunakan battlespell yang meningkatkan mobilitas, seperti Flicker atau Sprint. Selain itu, blink yang dimiliki Flicker dapat digunakan Terizla untuk melancarkan serangan kejutan.

Build Item Terizla Mobile Legends

Image Credit: Moonton

1. Warrior Boots/Tough Boots

Untuk menambah daya tahan hidup, Terizla dapat menggunakan WarriorBoots yang meningkatkan physicaldefense atau ToughBoots yang bisa meningkatkan magic defense.

2. Bloodlust Axe

BloodlustAxe merupakan satu-satunya item yang bisa meningkatkan spell vamp. Oleh karena itu, Bloodlust Axe cocok di-build sebagai item pertama untuk meningkatkan kemampuan sustain Terizla.

Item Defense

Karena skill pasif serta kemampuan sustain-nya yang kuat, Terizla memiliki peran untuk menahan damage serta memperlambat musuh di teamfight. Oleh karena itu, satu-satunya item yang wajib di-build Terizla adalah Bloodlust Axe. Untuk item lainnya, Anda bisa memakai item yang meningkatkan mobilitas atau item defense.

3. Item Defense/Hunter Strike

Mempunyai pasif unik yang meningkatkan movement speed, Hunter Strike merupakan item yang mampu menambah mobilitas Terizla. Ketika pasif unik tersebut aktif, serangan Terizla akan jauh lebih sulit untuk dihindari musuh. Selain itu, item ini juga memiliki atribut physicalattack dan physical PEN.

4. Queen's Wings/Item Defense

Queen's Wings adalah item yang sangat cocok untuk Terizla. Saat HP penggunanya kurang dari 40%, pasif unik Queen's Wings yaitu Demonize akan memberikan 35% spell vamp dan mengurangi 20% damage yang diterima selama 5 detik. Dengan kombinasi Demonize dan skill pasif Terizla, damagereduction yang dimiliki Terizla akan meningkat secara besar-besaran.

5. Brute Force Breastplate/Item Defense

Brute Force Breastplate merupakan item defense yang memiliki atribut HP serta physical defense yang tinggi. Namun, yang membuat item ini spesial adalah pasif uniknya, Brute Force.

Brute Force: Ketika menggunakan skill atau basicattack, movementspeed akan meningkat sebesar 2%, physicaldefense, dan magicdefense sebanyak 4. Efek ini berlangsung selama 4 detik dan dapat di-stack hingga 5 kali.

6. Immortality/Item Defense

Immortality adalah item yang wajib digunakan hampir semua hero karena pasif uniknya yang memberikan hidup kedua.

Namun, saat pasif unik Immortality sedang cooldown, Anda bisa mengganti item ini dengan item defense lain.

Kelebihan dan Kekurangan Terizla

Image Credit: Moonton

Sulit untuk Dibunuh

Dengan skill pasifnya, Terizla dapat menahan lebih banyak damage saat dia sekarat. Ini memberi Terizla waktu untuk memulihkan darahnya menggunakan spellvamp. Karena itu, Terizla sangat sulit untuk dibunuh.

Mobilitas Rendah

Dibandingkan fighter lainnya, Terizla memiliki mobilitas yang rendah. Karenanya, serangan Terizla mudah dihindari lawan. Walaupun masalah ini bisa diatasi dengan Sprint atau Flicker, kedua battlespell tersebut memiliki cooldown yang lama.

Tips Laning Phase Terizla Mobile Legends

Walaupun Terizla memiliki skill set yang simpel dan mudah untuk dimengerti, beberapa kesalahan kecil yang menumpuk bisa menyebabkan blunder dan kekalahan. Berikut hal-hal penting yang harus Anda ingat saat bermain Terizla.

  1. Terizla memiliki damage skill yang besar, namun basic attack-nya sangat lemah. Karena itu, Anda harus menggunakan skill-nya secara optimal dan melakukan tarik ulur untuk menunggu cooldown skill.

  2. Di early game, Terizla mempunyai damage yang lebih besar dibandingkan fighter lainnya. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendominasi laning phase.

Pada level 1, Terizla bisa clear wave minion dengan cepat menggunakan Execution Strike. Fokus clear wave dan usahakan skill Execution Strike mengenai semua minion. Kecepatan clear wave Terizla mampu mengalahkan hero-hero EXP Laner META, seperti Esmeralda, Thamuz, dan Masha. Jika Anda berhasil clear wave lebih cepat dari lawan, Terizla akan mencapai level 2 ketika lawan masih level 1.

Setelah menang level, Anda dapat memenangkan laning phase dan melakukan roam ke lane lain.

Counter Terizla Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Counter Terizla adalah efek CC, terutama Slow. Karena kurangnya mobilitas dan efek animasinya yang lambat, pergerakan dan serangan Terizla akan menjadi sangat lambat saat terkena efek Slow.

Selain itu, seluruh skill Terizla mempunyai jarak yang rendah. Karena itu, hero yang memiliki efek CC dan serangan jarak jauh seperti Cecillion, Lylia, Vale dapat menyerang Terizla secara efektif.

Penutup

Itulah tadi guide Terizla Mobile Legends 2022. Tentunya, walaupun Anda sudah mengerti skill dan playstyle Terizla, latihan dan jam terbang yang cukup tetap diperlukan untuk mencapai potensi terbaiknya.