6 March 2023

by Glenn Kaonang

Tahun 2025, Pasar NFT Bitcoin Diprediksi Bakal Bernilai $4,5 Miliar

Laporan komprehensif dari Galaxy Research menunjukkan bahwa tren NFT Bitcoin masih akan terus menguat ke depannya

Beberapa bulan lalu, sebagian besar dari kita mungkin tidak ada yang menyangka kalau Bitcoin bakal memiliki ekosistem NFT-nya sendiri. Namun dalam dua bulan terakhir, nyatanya NFT Bitcoin terus menjadi topik pembicaraan hangat, dan ini diprediksi bakal terus berlanjut ke depannya.

Baru-baru ini, Galaxy Research menerbitkan laporan komprehensif mengenai ekosistem NFT Bitcoin. Mereka menilai demand atas NFT Bitcoin akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan, dengan estimasi nilai kapitalisasi pasar sebesar $4,5 miliar di tahun 2025.

Bukan hanya itu, Galaxy Research juga memprediksi bahwa di kuartal kedua tahun ini, infrastruktur pendukung ekosistem NFT Bitcoin bakal sudah matang sepenuhnya. Indikasinya pun sudah mulai kelihatan, sebab hanya dalam kurun waktu dua bulan, sejumlah wallet sudah mulai menghadirkan dukungan yang proper untuk inscription (istilah yang digunakan untuk aset NFT Bitcoin), dan kemunculan sejumlah marketplace NFT Bitcoin pun juga sudah mulai terendus.

NFT Bitcoin memang sudah eksis sejak lama, akan tetapi kemunculan protokol Ordinals pada bulan Januari lalu menandai dimulainya era baru ekosistem NFT Bitcoin. Ordinals memungkinkan pengguna untuk menyematkan aset data seperti gambar atau video ke satoshi, unit terkecil Bitcoin yang mewakili 0,00000001 BTC.

Peta ekosistem NFT Bitcoin / Galaxy Research

Berdasarkan data dari Dune Analytics, saat ini tercatat sudah ada lebih dari 300.000 inscription atau aset NFT Bitcoin yang dibuat menggunakan Ordinals. Tren NFT Bitcoin bahkan sudah berhasil menarik perhatian para pemain besar di ranah NFT Ethereum, seperti contohnya Yuga Labs. Pekan lalu, pencipta Bored Ape Yacht Club itu resmi memperkenalkan proyek NFT Bitcoin perdananya yang disebut TwelveFold.

"Keterlibatan Yuga akan mendorong artis lain untuk ikut serta, yang kemudian mungkin bakal menghadirkan marketplace NFT besar macam OpenSea," tulis Galaxy Research dalam laporannya.

Poin menarik lain yang juga diangkat adalah bagaimana kondisi pasar NFT Bitcoin bakal agak berbeda dari yang lainnya. Pasalnya, biaya yang dibutuhkan untuk membuat inscription atau NFT Bitcoin cukup tinggi. Sebagai contoh, untuk membuat 10.000 NFT Bored Ape Yacht Club di jaringan Bitcoin, dibutuhkan biaya sekitar $229.000 menurut estimasi Galaxy Research.

Mungkin ini juga yang menjadi alasan mengapa TwelveFold hanya berisikan 300 inscription saja, dan Galaxy memprediksi ekosistem NFT Bitcoin bakal banyak diisi dengan proyek-proyek serupa yang sifatnya lebih eksklusif sekaligus lebih langka. Untuk koleksi PFP NFT dengan ribuan aset, Ethereum dan blockchain lain semestinya masih akan terus menjadi pilihan utama bagi kreator.

Sumber: Decrypt. Gambar header: Freepik.