20 October 2022

by Lukman Azis

Tablet Flagship Apple, iPad Pro (2022) Sekuat MacBook Pro Berkat Chip M2

iPad Pro sekarang sekuat MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci terbaru dengan chip Apple M2

Tablet flagship Apple, kini memiliki performa yang sama seperti laptop MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci generasi terbaru. Ya, selain memperkenalkan iPad (2022) dengan desain all-screen, Apple juga memperbarui iPad Pro generasi keenam dengan chip Apple M2.

Kata Apple, M2 adalah awal dari generasi berikutnya dari chip Apple M Series. SoC ini mengemas CPU 8-core yang hingga 15% lebih cepat dari M1 dan GPU 10-core yang menyuguhkan pemrosesan grafis hingga 35% lebih cepat.

Dikombinasikan dengan Neural Engine 16-core yang dapat memproses 15,8 triliun operasi per detik, yang mana 40% lebih banyak dari M1. Chip Apple M2 juga dilengkapi dengan bandwidth memori terpadu 100GB/detik yang 50% lebih banyak dari M1 dan mendukung hingga 16 GB.

Seperti sebelumnya, iPad Pro tersedia dalam dua varian layar. Pertama berukuran 11 inci yang dijual mulai dari US$799 (Rp12,4 jutaan), model ini menggunakan Liquid Retina display berbasis IPS dengan kecerahan puncak 600 nits.

Kedua berukuran 12,9 inci, yang dijual mulai dari US$1.099 (Rp17.1 jutaan). iPad Pro 12,9 (2022) ini menggunakan Liquid Retina XDR display dengan teknologi Mini LED yang menawarkan tingkat hitam, kontras, dan HDR yang lebih baik dengan kecerahan puncak 1.000 nits. Kedua model mendukung refresh rate adaptif ProMotion hingga 120 Hz.

Fitur baru pada iPad Pro adalah β€œhover” yang dapat mendeteksi Apple Pencil ketika 12 mm di atas layar. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat sketsa dan ilustrasi dengan presisi yang lebih tinggi dan membuat semua yang dilakukan pengguna dengan Apple Pencil menjadi lebih mudah.

Sebagai contoh dengan Scribble, bidang teks secara otomatis meluas saat stylus mendekati layar, dan tulisan tangan berubah menjadi teks lebih cepat. Aplikasi pihak ketiga juga dapat memanfaatkan fitur baru ini untuk mengaktifkan pengalaman menandai dan menggambar yang sepenuhnya baru.

Untuk konektivitasnya, iPad Pro yang baru mendukung WiFi 6E, Bluetooth 5.3, dan jaringan 5G (sub-6GHz dan mmWave 4). Konfigurasi memori tersedia mulai dari RAM 8 GB dengan opsi penyimpanan 128 GB, 256 GB, dan 512 GB atau RAM 16 GB dengan penyimpanan internal 1 TB dan hingga 2 TB.

Ia tersedia dalam opsi warna silver dan space grey seperti pendahulunya. Di sisi desain memang tidak mengalami perubahan dan posisi kamera depan 12 MP juga masih ditempatkan di atas layar (dalam posisi portrait), padahal iPad dasar 2022 sudah berada di samping sehingga lebih nyaman ketika melakukan panggilan video dalam posisi landscape.

Terakhir iPad Pro terbaru berjalan di atas iPadOS 16 yang menghadirkan banyak peningkatan fitur. Apple juga memperkenalkan fitur produktivitas yang dapat meningkatkan pengalaman iPad Pro, salah satunya Stage Manager yang menawarkan pengalaman multitasking baru dan dapat secara otomatis mengatur aplikasi dan jendela.

Sumber: TheVerge dan Apple