21 February 2023

by Glenn Kaonang

Tak Perlu Download Ulang, Steam Kini Dukung Fitur Transfer Game Antar Perangkat

Fitur yang sangat berguna terutama bagi yang koneksi internetnya pas-pasan

Kabar gembira bagi para gamer PC dengan koneksi internet yang kurang memadai: Valve telah merilis fitur baru untuk Steam yang memungkinkan pengguna mentransfer game dari satu perangkat ke yang lain. Valve menamainya Local Network Game Transfers, dan fitur ini sudah tersedia pada versi beta terbaru Steam.

Cara kerja fitur ini terdengar cukup simpel. Jadi ketika pengguna mencoba meng-install atau meng-update suatu game di Steam, aplikasi Steam akan lebih dulu mengecek apakah ada PC lain di satu jaringan lokal yang sama yang bisa mentransfer file game yang bersangkutan secara langsung.

Kalau ternyata ada, maka Steam akan mentransfer sebanyak mungkin data game yang tersedia via jaringan lokal ketimbang mengunduhnya lewat internet. Namun jangan khawatir seandainya koneksinya terputus atau PC yang menjadi sumber tiba-tiba mati, sebab Steam akan otomatis melanjutkan tugasnya dengan mengunduh sisa datanya dari internet.

Setidaknya untuk sekarang, fitur ini dapat digunakan antara PC dengan PC (atau laptop), atau dari PC ke Steam Deck. Secara default, Local Network Game Transfer hanya berlaku untuk perangkat yang terhubung dengan akun Steam yang sama, dan yang berpartisipasi di program Steam Beta. Kendati demikian, Valve turut menyediakan opsi agar fitur ini bisa digunakan di antara akun Steam yang berbeda.

Bagi yang koneksi internetnya relatif lambat, fitur ini jelas bakal sangat membantu, apalagi jika melihat ukuran game AAA yang kian besar. Jadi seandainya Anda ingin memainkan Hogwarts Legacy di PC sekaligus laptop, Anda hanya perlu mengunduhnya satu kali dan kemudian memanfaatkan fitur transfer via jaringan lokal ini. Tidak perlu menghabiskan waktu mengunduh ulang sebesar 85 GB.

Sebaliknya, bagi yang memiliki koneksi internet super-cepat dengan bandwith tak terbatas, fitur ini mungkin tidak akan terlalu banyak membantu. Berdasarkan pengujian singkat yang dilakukan PC Gamer, transfer via jaringan lokal dari PC ke Steam Deck berjalan pada kecepatan sekitar 25 MB/s. Jadi kalau ternyata kecepatan download Anda bisa lebih dari itu, maka Anda mungkin bisa lebih menghemat waktu dengan mengunduh ulang game-nya di perangkat kedua.

Via: Rock Paper Shotgun.