3 November 2022

by Galih

Steam Kini dapat Mencari Game yang Mendukung Bahasa Indonesia

Pengguna kini dapat melakukan pencarian khusus untuk game dengan dukungan bahasa Indonesia

Menjadi salah satu pilihan utama bagi para gamer PC dalam memenuhi berbagai kebutuhannya, wajar kalau Steam terus melakukan perkembangan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan dukungan kepada penggunanya yang terus bertambah.

Steam sendiri baru saja mengumumkan dalam update-nya bahwa mereka telah menambahkan satu fitur menarik yang akan berguna bagi banyak gamer di Indonesia. Fitur tersebut adalah pencarian dan sortir game berdasarkan pilihan bahasa yang didukung.

Tidak tanggung-tanggung, fitur baru Steam ini akan mendukung lebih dari seratus bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Dengan demikian, mencari sebuah game yang secara spesifik mendukung bahasa Indonesia atau bahasa lainnya kini semakin mudah.

Nantinya, akan ada dua cara untuk menemukan game-game yang mendukung bahasa Indonesia. Yang pertama adalah secara permanen melalui pengaturan "Language Preferences" atau preferensi bahasa yang ada di pengaturan akun Steam masing-masing pengguna.

Image Credit: Steam

Pengguna nantinya dapat mengatur apa "Primary Language" atau bahasa utama yang dikehendaki. Ada 28 pilihan bahasa yang tersedia, namun sayangnya bahasa Indonesia masih belum masuk dalam opsi yang satu ini.

Pilihan ini memiliki dampak besar pada keseluruhan layanan Steam bagi pemain nantinya. Karena bahasa ini yang akan menjadi patokan mulai dari bahasa tampilan menu hingga konten-konten yang ditampilkan.

Lalu ada juga pilihan "Secondary Language" atau bahasa kedua yang akan mengedepankan konten-konten dalam bahasa yang dipilih seperti deskripsi game di laman store dan juga review game dari para pengguna.

Bahasa Indonesia baru masuk ke "Additional Game Content Language" atau bahasa konten tambahan game. Opsi ini memang tidak dapat mencari sedetail dua pilihan sebelumnya, namun dapat membantu menemukan game di Steam dengan konten yang tersedia dalam bahasa Indonesia.

Image Credit: Steam

Bila mengubah pengaturan Steam terasa terlalu rumit, maka pengguna dapat langsung mencari judul game yang dicari dan mengaktifkan pilihan "Narrow by Language" alias disortir berdasarkan bahasa yang ada di kolom samping pencarian.

Nantinya, game-game yang muncul dalam pencarian akan dikhususkan bagi game yang mendukung atau memiliki konten berbahasa Indonesia, sehingga pengguna dapat dengan mudah memilih game yang akan dibeli.

Dari hasil percobaan pencarian yang dilakukan untuk semua game dengan dukungan Bahasa Indonesia, ada beberapa judul game populer yang muncul. Contohnya adalah Doraemon Story of Seasons: Friend of the Great Kingdom, game petualangan Biomutant, hingga Destroy All Humans! 2 - Reprobed.

Valve sendiri mengatakan bahwa fitur ini masih permulaan dan mereka berencana untuk terus menyempurnakannya. Tujuannya adalah supaya para developer dapat menggunakan fitur ini untuk menampilkan dukungan bahasa pada game-game lama mereka maupun saat mereka akan merilis game baru.