12 November 2021

by Yabes Elia

Starfield akan Mendapatkan Full Mod Support, Kata Todd Howard, Bos Bethesda

Hal ini ia ungkap saat sesi AMA di Reddit.

Jika Anda penggemar setia game-game Bethesda seperti saya, Anda harusnya tahu bahwa salah satu keunikannya adalah dukungan terhadap modding dan komunitasnya.

Buktinya, saat artikel ini ditulis, 5 dari 6 game dengan jumlah mod terbanyak di Nexus Mods adalah besutan Bethesda. Skyrim masih menjadi game dengan mod terbanyak dengan 66,6 ribu mod dan diikuti oleh Skyrim: Special Edition dengan 41,4 ribu mod. Di peringkat ketiga, ada Fallout 4 dengan 39,3 ribu mod.

Sebenarnya, jika kita berbicara sejarah, game-game lawasnya Bioware dan Obsidian juga memiliki akses modding yang mudah dan komunitas yang besar tapi sayangnya seiring waktu game-game mereka jadi sangat tidak ramah untuk modder. Dari 3 developer RPG legendaris tadi, hanya Bethesda yang lebih konsisten dalam memberikan akses modding ke para pemainnya.

Dukungan modding ini sepertinya akan terus berlanjut ke game Bethesda selanjutnya, Starfield. Hal ini disampaikan langsung oleh Todd Howard, salah satu petinggi di Bethesda pada sesi AMA (Ask Me Anything) di Reddit.

"Rencana kami adalah memberikan dukungan modding seperti game-game sebelumnya." Kata Howard. "Komunitas modding kami sudah berjalan dan berkembang bersama kami selama 20 tahun. Kami menyukai apa yang mereka lakukan dan berharap mereka bisa berkarier dari sana."

Kabar ini adalah kabar terindah buat fans fanatik game Bethesda seperti saya. Namun, kabar ini juga akan membuat kita semua semakin penasaran seperti apa akses modding yang terbuka untuk komunitas, mengingat Starfield dikembangkan dengan versi update dari Creation Engine yang sebelumnya digunakan untuk membangun Skyrim, Fallout 4, dan Fallout 76.

Berbicara soal Starfield, game ini rencananya akan dirilis di 11 November 2022. Sebelumnya Bethesda telah merilis sebuah trailer untuk game ini yang bisa Anda tonton di bawah ini.

Jika berbicara soal Bethesda, salah satu pertanyaan yang akan selalu terlontar adalah "Kapan Elder Scroll 6?" Pertanyaan tersebut juga dilemparkan juga saat sesi AMA tadi. Menariknya, inilah jawaban Todd, "Di hari ayah tahun ini, anak saya memberikan kartu ucapan dengan tulisan, "Kamu ayah yang hebat, tapi di mana TES6?""