Dark
Light

Spesifikasi Lengkap OPPO Reno12 dan OPPO Reno12 Pro

by
2 mins read
June 20, 2024
Spesifikasi OPPO Reno12

Seri Reno memang menjadi salah satu seri andalan untuk brand OPPO. Dan kelihatannya tinggal menunggu waktu hingga OPPO Indonesia akan memboyong versi terbarunya, yaitu Reno12 Series untuk meramaikan jagat smartphone di tanah air.

Keberadaan OPPO Reno12 Series sebenarnya bukan rahasia lagi, karena smartphone ini telah dirilis untuk pasar Tiongkok dan juga disusul dengan versi globalnya. Yang berarti, para fans OPPO butuh sedikit bersabar untuk menunggu giliran masuk ke Indonesia.

Perlu diketahui, OPPO Reno12 Series versi global yang baru saja meluncur memiliki perbedaan dengan versi Tiongkok yang sudah dirilis sebelumnya. Yang paling terlihat ada pada chipset, di mana versi global baik versi biasa maupun Pro sama-sama menggunakan Mediatek Dimensity 7300 Enetrgy.

Kemungkinan besar versi global dari OPPO Reno12 Series inilah yang akan diboyong ke Indonesia. Yang berarti, akan ada pilihan OPPO Reno12 5G dan juga OPPO Reno12 Pro 5G.

Lalu apa saja persamaan dan perbedaan dari kedua smartphone baru ini? Mari kita bahas, berikut spesifikasi lengkap OPPO Reno12 dan OPPO Reno12 Pro versi global.

Desain cantik Reno Series

Seperti seri Reno sebelumnya, OPPO membawa desain cantik baru yang membuat Reno12 Series terasa lebih fresh. Kedua versi Reno12 Series mengusung desain yang sama. Yang membedakan keduanya ada pada pilihan warna serta elemen desain garis horizontal pada versi Pro.

Untuk Reno12 warna yang tersedia adalah Matte Brown, Sunset Pink, dan Astro Silver. Sedangkan untuk Reno12 Pro akan memiliki warna Space Brown, Sunset Gold, dan Nebula Silver. Khusus untuk hitam dan coklat pada tulisan OPPO di belakang terdapat elemen garis horizontal yang membuatnya unik.

Menengok sisi depan, kedua versi Reno12 Series ini sama-sama dilengkapi dengan layar AMOLED 1B warna berukuran 6,7 inci. Keduanya sama-sama memiliki refresh rate hingga 120 Hz, sudah mendukung HDR10+, dan juga memiliki kecerahan maksimal hingga 1200 nits.

Meskipun sama untuk ukuran, namun perlindungan layar untuk kedua smartphone ini ternyata berbeda. Untuk Reno12 dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 7i, sedangkan Reno12 Pro menggunakan versi lebih kuatnya, yaitu Corning Gorilla Glass Victus 2.

Performa gahar di kedua versi

Spesifikasi OPPO Reno12

Seperti yang disebutkan di awal, bahwa versi global dari Reno12 Series ini sama-sama dilengkapi dengan chipset MediaTek Dimensity 7300-Energy. Bahkan bisa dibilang keseluruhan spesifikasi baik untuk Reno12 dan Reno12 Pro versi global ini identik.

Chipset kencang yang diusung dikombinasikan dengan RAM sebesar 12 GB LPDDR4X. Bagi yang merasa bahwa ukuran RAM tersebut masih kurang, OPPO juga memberikan tambahan RAM Virtual yang bisa dimaksimalkan hingga 12 GB.

Untuk penyimpanannya, smartphone ini juga sama-sama memiliki dua pilihan ukuran yaitu 256GB dan 512GB. Kabar baiknya, kedua smartphone ini sudah menggunakan teknologi memori UFS 3.1 yang tentunya lebih cepat dan stabil untuk semua kebutuhan.

Reno12 Series juga sudah dilengkapi dengan baterai besar berukuran 5000mAh. Seperti biasa, smartphone ini sudah dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya SUPERVOOC 80 Watt sehingga pengguna nantinya tidak perlu khawatir.

Sektor kamera yang berbeda sesuai kebutuhan

Spesifikasi OPPO Reno12

Salah satu perbedaan terbesar dari Reno12 Series ini ada pada sektor konfigurasi kameranya. Karena Reno12 Pro sudah dilengkapi dengan lensa Telephoto 50 MP, sedangkan Reno12 hanya dilengkapi dengan lensa makro 2 MP yang tentunya kurang berguna.

Perbedaan besar lain ada pada kamera depan, di mana Reno12 Pro memiliki lensa beresolusi 50 MP, sedangkan Reno12 hanya memiliki kamera depan beresolusi 32 MP. Meskipun keduanya sebenarnya sama-sama dapat merekam video depan hingga 4K 30 fps.

Di luar perbedaannya, baik Reno12 dan Reno12 Pro memiliki kamera utama belakang yang sama-sama beresolusi 50 MP. Serta sama-sama memiliki lensa ultrawide sebesar 8 MP. Kamera belakang keduanya juga sama-sama mampu merekam hingga 4K 30 fps.

Untuk mendapatkan hasil foto dan video yang stabil dan minim getaran, OPPO sudah menyertakan sensor OIS (Optical Image Stabilization) baik untuk Reno12 maupun Reno12 Pro. Jadi, foto dan video yang akan dihadirkan oleh Reno12 Series akan tampil maksimal.

OPPO Reno12 Series masuk Indonesia?

Hingga berita ini diangkat, sayangnya masih belum memberikan konfirmasi atau sekadar indikasi bahwa Reno12 Series ini akan masuk. Namun tidak perlu khawatir karena sebelumnya, kedua smartphone Reno12 Series ini sudah muncul di laman sertifikasi TKDN milik Kementrian Perindustrian.

Meskipun belum diumumkan, namun sebagai perbandingan OPPO Reno12 versi global dipasarkan di Eropa dengan harga 500 Euro atau sekitar Rp8,8 juta. Sedangkan Reno12 Pro versi global dibanderol dengan harga 600 Euro atau sekitar Rp10,5 juta.

Harga jual dari dua smartphone Reno12 series ini tentu akan lebih rendah saat dirilis di Indonesia. Apakah Anda sudah menentukan Reno12 versi manakah yang akan Anda beli nantinya?

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain
Previous Story

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Next Story

Infinix Akan Hadirkan Infinix Note 40 Series Racing Edition (BMW) ke Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

OPPO Reno12 Series Segera Hadir di Indonesia

Akhirnya, OPPO tengah bersiap untuk merilis produk baru untuk pasar

Pre-Order Dibuka, Ini Alasan OPPO A3 Pro 5G Harus Kalian Miliki

Sebagai salah satu brand smartphone paling laris di Indonesia, kehadiran