Snapdragon 8s Gen 3, Prosesor Baru Qualcomm Fokus ke AI

Produk pertama menggunakan prosesor Snapdragon 8s Gen 3 akan hadir Maret 2024

Prosesor terbaru hadir dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8s Gen 3 mobile platform. Fitur unggulan dari prosesor ini adalah dukungan untuk fitur AI generatif on device, always-sensing ISP, mobile gaming yang realistis, serta yang berhubungan dengan konektivitas dan audio lossless.ย 

Dari sisi AI, prosesor ini mendukung beragam model LLM atau large language models seperti Baichuan-7B, Llama 2, dan Gemini Nano.

โ€œDengan kemampuan AI generatif on-device dan fitur fotografi canggih, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mendorong kreativitas dan produktivitas di kehidupan sehari-hari,โ€ kata Chris Patrick, Senior Vice President and General Manager of Mobile Handset, Qualcomm Technologies, Inc.

Perangkat pertama yang akan membawa prosesor ini salah satunya adalah Xiaomi. Selain itu brand lain termasuk Honor iQOO, realme, Redmi. Perangkat pertama yang akan hadir diperkirakan meluncur bulan Maret 2024.ย 

Penggunaan AI on device pada perangkat mobile memang sudah tidak terelakkan. Beberapa device sudah duluan menyematkan fitur ini dan mempromosikannya dalam marketing penjualan. Dukungan prosesor yang handal akan berpengaruh pada kamampuan perangkat untuk mengolah AI, apalagi yang tipe generatif.

Selain dukungan untuk AI, yang juga menarik adalah yang berhubungan dengan audio. Penggunaan smartphone sebagai DAP (digital audio player) menjadi pilihan bagi beberapa penikmat audio. Namun tidak banyak perangkat yang bisa memberikan kualitas audio mumpuni.

Hadirnya dukunga atas audio lossless di Snapdragon 8s Gen 3 semoga bisa membawa lebih banyak perangkat dengan kualias putar audio yang mumpuni. Jika melihat daftar brand yang akan menggunakan prosesir ini, kemungkinan besar harga perangkatnya akan lebih terjangkau dari perangkat yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 3.

Kita tunggu saja, perangkat apa yang akan meluncur pertama dengan Snapdragon 8s Gen 3, terutama yang akan rilis di Indonesia.