Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Smash World Tour 2020, Turnamen Sirkuit Super Smash Bros

2 March 2020Akbar Priono

Smash World Tour 2020 adalah sirkuit kompetisi Smash Bros pertama. Berusaha rangkul semua bagian komunitas, sirkuit ini mempertandingkan Ultimate dan Melee

Dalam skena kompetitif FGC, sistem kompetisi sirkuit sudah menjadi satu norma umum tersendiri. Contohnya seperti pada dua skena FGC terbesar, seperti Street Fighter V yang punya Capcom Pro Tour, dan Tekken 7 yang punya Tekken World Tour. Namun demikian salah satu skena FGC yang juga besar, Super Smash Bros, sayangnya masih belum memiliki sirkuit kompetisi seperti kedua saudara besarnya.

Menanggapi kekosongan ini, akhirnya terbentuk Smash World Tour 2020 (SWT 2020) sebagai kompetisi sirkuit yang menaungi para petarung Super Smash Bros. Ultimate dan Super Smash Bros. Melee.

Seperti sirkuit kompetisi FGC lainnya, nantinya petarung harus mengikuti berbagai gelaran kompetisi yang tergabung ke dalam sirkuit ini. Event yang tergabung ke dalam sirkuit SWT 2020 dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Tingkat Silver merupakan kompetisi tingkat komunitas. Penyelenggara turnamen Ultimate atau Melee bisa masuk ke dalam SWT tingkat Silver, dengan syarat memiliki minimal 32 peserta di dalamnya.

Sirkuit SWT 2020 dimulai bulan Maret ini sampai dan akan berakhir pada Desember 2020 mendatang. Menariknya, sirkuit SWT 2020 ini mengharuskan para petarung Smash. Ultimate ataupun Smash. Melee mengikuti semua tingkat kompetisi agar bisa mendapatkan poin tertinggi di dalam klasemen sirkuit SWT 2020. Jadi poin kontestan akan dihitung berdasarkan tiga hasil terbaik dari turnamen tingkat Platinum, tiga hasil terbaik dari turnamen tingkat Gold, dan enam hasil terbaik dari turnamen tingkat Silver.

SWT 2020 diselenggarakan berkolaborasi dengan Twitch dan Smash.gg. Lagi-lagi, turnamen ini menjadi turnamen Smash lainnya yang diselenggarakan oleh komunitas, tanpa ada sokongan langsung dari Nintendo. Sudah sejak lama, Nintendo tidak banyak mendukung perkembangan komunitas esports Smash. Pada gelaran EVO Japan 2020 contohnya, walau Nintendo masuk sebagai official partner, namun kompetisi Smash hanya berhadiah Nintendo Switch Pro Controller yang membuat komunitas meradang.

Lalu pada gelaran Smash Summit 8, Juan DeBeidma (Hungrybox) juga sempat menyuarakan keresahannya terhadap Nintendo, yang tak kunjung memberi dukungan apapun kepada komunitas. Nintendo sempat merespon keluh kesah komunitas tersebut, sayangnya mereka tetap enggan memberikan dukungan besar-besaran terhadap skena kompetitif Super Smash Bros.

Pemain profesional Super Smash Bros, HungryBox
HungryBox, pemain Super Smash Bros yang vokal menyuarakan keresahan komunitas soal Nintendo yang urung mendukung perkembangan komunitas esports Smash. Sumber: Youtube Honda

Menarik melihat sirkuit SWT 2020, yang secara sungguh-sungguh mengedepankan kemajuan komunitas Smash secara menyeluruh. Selain keharusan peserta mengikuti kompetisi tingkat lokal, mengikutsertakan Smash. Ultimate dan Smash. Melee juga menjadi bukti bahwa SWT 2020 merangkul semua pemain Smash, tanpa pandang bulu.

Gelaran puncak SWT 2020 akan diselenggarakan pada tanggal 17-20 Desember 2020 mendatang, dan akan memperebutkan total hadiah sebesar US$250.000 (sekitar Rp3,6 miliar). Kira-kira, siapa yang nantinya akan dimahkotai sebagai pemain Smash terbaik di dunia?

Sumber header: smashworldtour.com

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV