6 March 2014

by Yoga Wisesa

Saksikan Bagaimana Cortana 'Beraksi' dalam Windows Phone 8.1

Berita baik datang dari Microsoft. Kekhawatiran kita bahwa mereka akan mengubah nama personal assistant yang terinspirasi dari karakter seri game Halo ternyata tidak terbukti, setidaknya dari bocoran berikut ini.

Cortana tetap akan menjadi Cortana, ia akan menjadi update terbesar dalam sejarah Windows Phone. Dan berkat kerja keras Unleash the Phones kita dapat melihat bagaimana Cortana beroperasi di platform tersebut.

Menurut Microsoft, Cortana adalah asisten pribadi yang akan mengingatkan Anda, memberikan masukan, dan membantu pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan memanfaatkan Notebook dan data di dalam handset - seperti lokasi, data kontak, email, pesan singkat, sejarah browsing - serta akses internet, Cortana dapat merespon pengguna dengan cerdas.

Ini dia video demonstrasi yang dikutip dari Unleash the Phones:

Saat diaktifkan, Cortana akan meminta izin Anda untuk mengakses informasi. Kemudian Anda akan diminta untuk masuk ke dalam akun Microsoft. Dengan begini Cortana bisa bekerja lebih maksimal.

Setelah memasukkan nama panggilan Anda, Cortana akan mengeja nama tersebut dan bertanya apakah ia telah menyebutkannya dengan benar. Setelah itu Cortana akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang lebih pribadi untuk mengenal Anda lebih jauh.

Pertama akan bertanya tentang dua hal favorit yang Anda lakukan tiap malam. Di sana terdapat pilihan memasang, berjalan-jalan, bercengkrama bersama teman-teman, menghabiskan waktu dengan keluarga, bekerja, membaca, olah raga, berduaan dengan kekasih hingga menonton sesuatu.

Pertanyaan kedua Cortana adalah, "Saat Anda memikirkan tentang makanan, apa yang menurut Anda paling penting? Pilih dua." Anda bisa menjawab makanan yang paling enak, yang paling sehat, yang dibuat orang lain, yang paling mahal dan lain-lain.

Cortana akan bertanya lagi tentang apa yang memotivasi Anda untuk beraktivitas atau mengunjungi suatu event. Terdapat pilihan untuk bersantai, untuk belajar sesuatu yang baru, menikmati hiburan hingga untuk memanjakan diri sendiri. Seperti pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, Anda hanya diperbolehkan memilih dua.

 

Info menarik: Flipboard Beli Zite

 

Yang terakhir Cortana akan bertanya dua hal apa yang menjadi minat utama Anda saat membaca berita: bisnis, tajuk berita, olahraga, travel, fashion dan lain-lain. Berbeda dari pertanyaan sebelumnya, Anda hanya bisa memilih satu. Cortana akan memproses info-info tersebut kemudian pengguna sudah bisa langsung menggunakannya.

Digital personal assistant cerdas milik Microsoft ini memanfaatkan pendekatan tanya jawab, cukup berbeda dengan tampilan 'kartu-kartu' informasi dalam Google Now. Ada dua metode untuk mengaktifkan Cortana, cara pertama adalah dengan mengaksesnya di Start Screen atau dengan menekan tombol Search.

Hasil akhir tampilan Cortana sepertinya tidak akan jauh berbeda dari video demo ini, Microsoft masih menyempurnakan fitur-fitur di dalamnya - baik yang terlihat maupun yang tak kasat mata. Dari rumor yang saya dapatkan di internet, Microsoft mungkin akan meluncurkan Cortana di bulan April atau pertengahan 2014.