18 September 2022

by Daniel Hamiaz

Rise of the Ronin Berikan Pemain Pengalaman Berkelana menjadi Ronin di Periode Edo Jepang

Game Rise of the Ronin diumumkan di State of Play 2022 bersama dengan game-game baru lain yang akan hadir di PlayStation

Salah satu game yang berhasil menyita perhatian di State of Play 2022 adalah Rise of the Ronin. Game yang dikembangkan oleh Team Ninja di bawah KOEI TECMO ini memberikan presentasi yang indah, dengan sejumlah cutscene pertarungan antar samurai yang menegangkan.

Walau ditampilkan secara singkat, banyak adegan yang cukup brutal ditunjukkan di video tersebut, mulai dari duel menggunakan katana, tombak, hingga pistol. Ditunjukkan juga seorang Ronin yang hendak terbang menggunakan glider ala Avatar Aang, untuk menyeberangi perairan.

Rise of the Ronin merupakan RPG open-world sarat aksi, yang mengambil tema di Jepang pada akhir abad 19, tepatnya pada periode yang disebut Bakumatsu. Periode tersebut merupakan masa di akhir periode Edo, yang telah berlangsung 300 tahun lamanya.

Saat itu, Jepang tengah mengalami masa yang kelam dan sukar, mulai dari berjuang melawan penguasa yang kejam, sakit penyakit yang mematikan, dan juga munculnya pengaruh barat yang terus menyulut konflik perang saudara yang tak ada habisnya antara Tokugawa Shogunate dan faksi-faksi lawannya.

Di kala ini, pemain akan bermain sebagai seorang Ronin, seorang samurai tak bertuan yang bebas melakukan apa saja yang ia mau. Pengembang berharap pemain bisa merasakan pengalaman bermain di sebuah dunia nyata di masa lalu, yang penuh dengan pertarungan katana, dan juga sejumlah senjata api jadul yang khas di masa itu.

Genre RPG yang diambil Rise of the Ronin juga cukup menarik, mengingat game pertarungan katana cenderung mengambil jalur genre Hack 'n' Slash dengan alur pertarungan yang cepat dan dinamis. Belum ada keterangan lebih lengkap mengenai bagaimana gameplay dan mekanik yang akan diterapkan, baik melalui video atau blog PlayStation.

Sayangnya, belum ada tanggal rilis pasti mengenai game yang diklaim telah dikembangkan selama 7 tahun ini. Namun yang pasti, game ini akan menjadi game eksklusif PlayStation 5 yang bakal dirilis pada tahun 2024.

Selain Rise of the Ronin, State of Play juga menyajikan berbagai game menarik lain seperti Tekken 8, Stellar Blade, Like a Dragon: Ishin, dan lainnya.