18 September 2022

by Daniel Hamiaz

Ringkasan Genshin Impact 3.1: Rahasia di Balik Padang Pasir Sumeru dan Aksi Fatui di Belakangnya

Versi 3.1 akan dimulai pada 28 September 2022, yang bertepatan dengan Anniversary kedua Genshin Impact

Genshin Impact baru saja mengumumkan banyak hal baru yang akan mengisi versi 3.1. Pengumuman ini disiarkan secara langsung melalui Twitch dan YouTube. Versi ini akan dimulai pada tanggal 28 September 2022, tanggal yang sama dengan perayaan ulang tahun Genshin Impact yang kedua.

Setelah merilis daerah hutan hujan di versi sebelumnya, di versi 3.1 ini pemain akan disuguhkan petualangan di daerah padang gurun Sumeru, yang menyimpan banyak misteri. Selain itu, ditampilkan juga berbagai macam karakter, yang akan mengisi Archon Quest selanjutnya.

Selain daerah baru, Mondstadt juga akan merayakan sebuah festival, yang akan memberikan banyak hadiah. Berikut ini ringkasannya:

Karakter & Senjata

Ada 5 karakter yang akan mengisi banner di versi 3.1, yaitu Cyno, Nilou, dan Candace sebagai karakter baru, dan Venti serta Albedo sebagai karakter rerun. Karakter-karakter ini akan dirilis dalam dua fase, yaitu:

Fase Pertama - Cyno, Venti, & Candace

Fase pertama akan diisi dengan Cyno, Candace, dan Venti. Fase ini akan dimulai sejak versi 3.1 dirilis pada tanggal 28 September, dan akan berlangsung sekitar 18 hari.

Cyno merupakan karakter DPS Electro yang fokus permainannya terletak di penggunaan Elemental Burst-nya yang lama. Candace dideskripsikan sebagai karakter support yang mampu memberikan Hydro Infusion kepada Normal Attack karakter lain.

Fase Kedua - Nilou & Albedo

Fase kedua akan diisi oleh Nilou dan Albedo. Fase ini akan dimulai sekitar pertengahan Oktober, dan juga akan berlangsung sekitar 18 hari.

Nilou merupakan karakter DPS, yang didesain dengan fokus memanfaatkan reaksi Bloom. Ia bahkan memiliki Dendro Cores khusus yang lebih kuat, saat reaksi Bloom dipicu olehnya.

Total durasi dari kedua banner di atas adalah sekitar 5 minggu, mengingat HoYoverse masih menerapkan pemotongan 1 minggu durasi versi hingga versi 3.2.

Selain karakter, tentunya Genshin Impact juga merilis dua senjata signature untuk karakter B5 baru mereka, yaitu polearm untuk Cyno dan sword untuk Nilou. Keduanya memiliki efek pasif yang sangat mencerminkan gameplay dan memaksimalkan performa dari Cyno dan Nilou.

Selain senjata signature, HoYoverse juga merilis satu seri senjata baru, yang berisikan 3 jenis senjata, yakni senjata jenis sword,  claymore, dan catalyst. Ketiganya akan menjadi senjata B4, yang hanya bisa didapatkan melalui banner senjata. Belum dijelaskan secara lengkap, apa yang bisa ketiga senjata ini lakukan.

Karakter Lain

Selain karakter-karakter yang akan mengisi banner 3.1, HoYoverse menampilkan sedikit sejumlah karakter yang mungkin akan dirilis di masa yang akan datang, seperti:

Dottore, Fatui Harbinger

Scaramouche (Wanderer), Fatui Harbinger ke-6

Mika, Inspektur Pengintaian dari Mondstadt

Daerah Baru: Desert Area

Setelah versi 3.1, pemain akan disuguhkan area padang pasir yang terbentang di daerah barat Sumeru. Kabarnya, daerah ini memiliki luas yang lebih dari daerah hutan hujan yang rilis di versi sebelumnya. Banyak sekali arsitektur dan topografi yang sangat terinspirasi dari daerah timur tengah, seperti Piramida Mesir.

Quest Baru

Setelah menuntaskan Archon Quest Sumeru chapter II, pemain akan melanjutkan perjalanan Traveler di Archon Quest selanjutnya, yang dibagi ke dalam 2 chapter, yaitu chapter III dan chapter IV.

Melalui tema yang diangkat, pemain akan mengetahui, siapakah sosok Scarlet King (yang kini dinamai King Deshret) yang sering disebutkan di Archon Quest sebelumnya. Quest yang satu ini bakal cukup menarik, karena kembalinya aksi dari karakter Sumeru lain, seperti Alhaitham dan Dehya.

Selain Archon Quest, pemain juga akan mendapatkan Story Quest untuk Cyno dan Nilou. Kedua Story Quest ini akan tersedia saat kedua karakter ini muncul di banner, dan bisa dibuka melalui kunci yang bisa didapatkan melalui misi harian.

Musuh Baru

Ada 2 musuh baru jenis bos yang akan diperkenalkan di versi 3.1, yaitu Aeonblight Drake dan Algorithm of Semi-Intransient Matrix of Overseer Network (atau yang disingkat ASIMON).

Keduanya akan menyediakan bahan untuk melakukan ascension karakter tertentu. Tentunya, dua boss baru ini akan terletak di daerah gurun Sumeru. Kemungkinan besar salah satu atau mungkin keduanya, bakal muncul di iterasi Spiral Abyss di versi 3.1.

Event

Ada banyak event yang akan mengisi versi 3.1. Karena bersamaan dengan tanggal ulang tahun kedua Genshin Impact, akan ada login event  yang akan memberikan pemain sejumlah Intertwined Fate dan Primogems. Selain itu, bonus Genesis Crystal saat Top-up akan di-reset kembali.

Of Ballads and Brews

Event yang menjadi highlight di versi ini adalah sebuah festival yang diadakan di Mondstadt. Banyak karakter asal Mondstadt yang muncul dan berinteraksi dengan pemain, saat menyelesaikan event. Hadiah utama di event kali ini adalah Missive Windspear, sebuah polearm yang akan diberikan secara gratis hingga refinement maksimum.

Wind Chaser

Event Wind Chaser merupakan event yang akan menantang pemain untuk mengumpulkan koin sebelum durasi yang ditentukan habis. Berbeda dengan event serupa di masa lalu, domain yang digunakan juga akan berisi sejumlah monster yang perlu dikalahkan untuk menyelesaikan tantangan.

Star-Seeker's Sojourn

Event ini akan menyuruh pemain untuk mencari bintang yang tersembunyi di sebuah area yang telah ditandai sebelumnya. Daerah yang akan digunakan untuk event kali ini adalah Sumeru. Pemain berkesempatan untuk mendapatkan Primogems dan resource lain, seperti buku talenta dan ascension material untuk senjata crafting daerah Sumeru.

Hyakunin Ikki

Event pertarungan asal Inazuma yang satu ini akhirnya kembali lagi. Di event ini, pemain akan menghadapi sejumlah gelombang monster hingga durasi yang diberikan habis. Yang unik dari event ini adalah, pemain akan menyusun sendiri 6 pasang karakter, ketimbang 1 tim yang biasanya berisi 4 karakter.

Pengumuman Lain

Selain konten, HoYoverse juga memberikan sedikit informasi, mengenai sejumlah proyek yang sedang mereka kerjakan, seperti:

Genius Invokation TCG

Genius Invokation TCG merupakan fitur permanen yang sedang dalam proses pengembangan. Melalui fitur ini, pemain bisa bermain kartu layaknya permainan Trading Card Game (TCG) lain, seperti Hearthstone atau Yu-Gi-Oh!.

Akan disediakan banyak kartu yang berisikan karakter-karakter, karakter-karakter NPC, atau musuh-musuh di Genshin Impact. Dideskripsikan bahwa mode ini akan murni PvE, sehingga bisa diasumsikan bahwa pemain akan bermain melawan Bot. Masih bisa diperkirakan bahwa pemain masih bisa menantang pemain yang ada di daftar pertemanan, namun kecil kemungkinan bakal adanya fitur matchmaking.

Walau belum dijelaskan bagaimana mekanik dan implementasi mode ini nantinya di Genshin Impact, namun yang pasti mode permainan kartu ini direncanakan akan dirilis pada versi 3.3.

Genshin Anime

Dan kejutan terakhir yang diberikan HoYoverse kepada para pemain Genshin Impact adalah kolaborasi dengan Ufotable. Mereka sedang menggarap sebuah adaptasi anime Genshin Impact. Mereka juga sempat memamerkan Genshin Impact di dalam bentuk anime dalam video pendek, dengan pemandangan yang indah dan musik yang khas.

Ufotable merupakan salah satu studio terkenal di Jepang, yang dikenal dari karyanya seperti Demon Slayer, God Eater, dan seri Fate.

Itulah tadi ringkasan Genshin Impact versi 3.1. Apakah ada karakter, fitur, atau event yang menarik perhatian Anda?