22 March 2022

by Sean Edbert

Kompilasi Review WWE 2K22: Gebuk-gebukan Paling Brutal!

Apakah WWE 2K22 dapat menebus kesalahan pendahulunya, 2K20?

Penggemar olahraga gulat brutal pastinya familiar dengan salah satu acara TV berjudul WWE. Melihat popularitasnya yang populer, WWE atau World Wrestling Entertainment memutuskan untuk membuat seri game adaptasi dari acara gulat tersebut. Sejak digarap oleh 2K Games di 2013, WWE 2K menjadi game yang rilis setiap tahun layaknya game olahraga lain seperti NBA 2K, FIFA, dan PES (sekarang menjadi eFootball).

Namun, sistem rilis tiap tahun ini membuat sang developer, Visual Concepts, kewalahan dalam mengembangkan seri WWE 2K. Kualitas dari game WWE 2K akhirnya membentur aspal saat 2K20 rilis di 2019. WWE 2K20 dihujani kritik pedas oleh para pemain akibat banyak bug serta sering crash ditengah permainan. Melihat kegagalan ini, 2K Games dan Visual Concepts memutuskan untuk rehat sejenak dengan tidak merilis game WWE 2K21 demi mengulur waktu untuk pengembangan WWE 2K22.

Image Credit: 2K Games

WWE 2K22 akhirnya diumumkan secara resmi pada bulan Agustus 2021 lalu dan dikabarkan akan meluncur pada Maret 2022. Benar saja, WWE 2K22 meluncur pada 11 Maret kemarin secara serentak di PC, PlayStation 5, PlayStation4, Xbox One, dan Xbox Series X/S. Lantas, apakah waktu ekstra untuk mengembangkan game gulat brutal ini membuahkan hasil yang dapat memuaskan para pemain? Menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah kompilasi review WWE 2K22 dari beberapa media ternama.

Cerita yang Panjang Namun Kurang Matang

Menggantikan MyCareer milik WWE 2K20, 2K Games menghadirkan kembali story-mode singleplayer di WWE 2K22 yang diganti nama menjadi MyRISE. Menurut 2K, Anda akan membutuhkan waktu hingga 50 jam untuk menamatkan cerita di mode MyRISE tersebut.

Di mode ini, Anda dapat membuat karakter sendiri dan berusaha untuk menjadi pegulat terbaik di WWE. Seperti Dying Light 2, pilihan dan keputusan yang Anda ambil di sepanjang jalan akan memengaruhi petualangan Anda dalam menjadi pegulat terbaik.

Meski memiliki pengalaman bermain yang panjang dan dinamis, MyRISE terasa kurang dikembangkan secara matang oleh 2K Games. Menurut IGN, cerita yang disuguhkan oleh MyRISE "kurang mengandung unsur WWE". Setuju dengan pendapat IGN, GameRant juga berpendapat bahwa dialog di MyRISE terasa "konyol".

Parahnya, sebagian besar dialog hanya disampaikan melalui unggahan di social media dan pesan teks tanpa adanya narasi suara. Sekalinya ada narasi suara, kualitas audionya kurang enak untuk didengar. Bahkan, GameSpot menyebut suara voice acting tersebut terdengar seperti hasil rekaman di kamar mandi. Namun, kurangnya kualitas suara narasi tersebut kemungkinan disebabkan karena sesi rekaman yang dilaksanakan saat karantina pandemi COVID-19.

Gameplay Gulat dan Animasi Baku Hantam yang Semakin Halus

Mengadopsi genre olahraga gulat, WWE 2K22 pastinya harus memberikan pengalaman bermain mengasyikkan serta penuh adrenalin. Karena itu, gameplay gulat dari game terbaru WWE ini diberikan beberapa peningkatan dari sebelumnya. Salah satunya adalah movement karakter yang super mirip dengan di acara TV-nya. Dengan kata lain, gerakan pukul-pukulan gulat di WWE 2K22 menjadi semakin realistis.

Meski begitu, Windows Central mengatakan keseluruhan combat yang disuguhkan oleh WWE 2K22 masih terasa choppy dan belum bisa memberikan esensi pertandingan gulat di dunia nyata. Menurut mereka, karakter pegulat yang dimainkan terkadang tidak bereaksi terhadap sesuatu yang pemain lakukan. Atau kadang hanya bergerak secara liar alih-alih melakukan sesuai kontrol pemain.

TechRadar juga menyebutkan bahwa masih terdapat beberapa movement dan pukulannya yang terasa canggung, contohnya saat animasi karakter jatuh menindih musuh. Namun, berkat animasi dan kontrol karakter yang dirombak besar-besaran, combat 2K22 masih terasa lebih halus dari para pendahulunya.

Control yang Lebih Simpel dan Hadirnya Mekanik Baru

Image Credit: 2K Games

Dari segi control, seri terbaru dari game WWE ini memberikan pengalaman bermain yang lebih simpel dari sebelumnya. GameRant mengatakan sistem control baru ini membuat permainan terasa lebih cepat. Gerakan-gerakan rumit juga menjadi lebih mudah dilakukan berkat kombinasi tombol yang tidak terlalu rumit seperti pendahulunya.

Lalu, menghindar dari pukulan juga ada beberapa cara di 2K22 ini. Selain dengan counter biasa, pemain juga dapat menghindar dengan menebak pukulan yang dilayangkan oleh lawan. Tidak hanya pukulan, Anda juga dapat menghindar dari combo dan grapple. Ini membuat GameSpot melontarkan pujian mengenai sistem control baru di 2K22. Menurut mereka, perombakan sistem control tersebut menghasilkan gameplay yang menyenangkan dan lebih mirip dengan pertandingan yang kita lihat di acara TV WWE.

Selain itu, pembaruan control ini juga membuat permainan yang jauh lebih dinamis karena pemain harus memikirkan serangan apa yang akan dilayangkan oleh lawan supaya bisa ditangkis dengan sempurna. Sebaliknya, pemain juga harus menjaga gerak-gerik pertahanan dan serangan agar tidak mudah tertebak oleh lawan.

Tidak hanya control, 2K Games juga menambahkan mekanik baku hantam baru di 2K22, yaitu Combo. Hadirnya sistem combo membuat pemain harus menyiapkan strategi yang lebih matang. Menurut IGN, setelah melayangkan combo, Anda harus memperkirakan serangan apa yang akan dikeluarkan oleh lawan untuk membalas combo Anda. Jika gagal, Anda akan menerima semua pukulan combo yang pastinya akan menyakitkan.

Grafis Realistis Membuat WWE 2K22 Terasa Lebih 'Hidup'

Image Credit: 2K Games

2K Games berhasil membuat WWE 2K22 terasa lebih hidup dengan grafis yang sangat realistis. Bahkan, GameRant saja mengatakan bahwa grafis dari 2K22 ini merupakan yang terbaik jika dibandingkan semua pendahulunya.

Menurut saya, grafis yang paling meningkat berada pada bagian wajah para pegulat superstar. Wajah-wajah The Rock, John Cena, hingga Brock Lesnar di 2K22 terbilang lumayan akurat dengan aslinya dan memiliki ekspresi yang 'hidup'. GamesRadar juga menyatakan bahwa kemiripan wajah pegulat sungguh luar biasa dan menjadi yang terbaik dari semua game WWE.

Penutup kompilasi review WWE 2K22

Image Credit: 2K Games

Singkat cerita, waktu ekstra untuk mengembangkan WWE 2K22 akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan. 2K Games dan Visual Concept tampaknya sukses membuat terobosan baru di seri game WWE. Seperti yang diucapkan oleh Windows Central, 2K22 merupakan kemajuan yang besar bagi seri WWE. Hadirnya mode-mode baru seperti MyGM menghasilkan permainan yang jauh lebih fresh dan asyik.

Jika Anda tertarik untuk mencoba seri terbaru WWE ini setelah membaca kompilasi review WWE 2K22, 2K22 tersedia dalam 3 edisi -- yaitu edisi Standard, Deluxe, dan nWo. Edisi Standard dibanderol dengan harga Rp659 ribu dan Rp1,1 juta untuk edisi Deluxe. Edisi termahal jatuh kepada nWo yang dibanderol seharga Rp1,3 juta. Bagi PC gamer, Anda dapat menemukan WWE 2K22 di Steam.

Feat image credit: 2K Games