10 Game Mirip Grand Theft Auto (GTA) di Android yang Tak Kalah Seru

"All we had to do, was follow the damn train, CJ!" - Big Smoke.

Apakah ada game mirip GTA? Banyak!

Grand Theft Auto atau GTA merupakan salah satu game ikonik yang pernah ada. Bagi yang sering bermain game, Anda pasti pernah memainkannya atau setidaknya pernah mendengar nama GTA.

Game garapan Rockstar Games ini memiliki gameplay yang seru, yang dibalut dengan cerita yang bagus dan berkesan. Grand Theft Auto V pertama kali dirilis pada tahun 2013. Dengan kemajuan teknologi, sekarang sudah banyak game yang mengambil inspirasi dari game yang berumur hampir 10 tahun ini.

Berikut ini beberapa mobile game yang memiliki kemiripan dengan GTA:

Daftar Game Mirip GTA

1. MadOut2 Big City Online

Game ini sekilas memiliki gameplay yang mirip dengan GTA V. Pemain dapat memilih banyak pilihan mobil, yang dapat dikendarai. Game ini juga menawarkan pengalaman Full open world, dengan luas wilayah sebesar 10 Km2.

Game ini juga dapat memuat pemain hingga 200 pemain sekaligus, pada mode online-nya. Developer menjanjikan pengalaman menyetir yang mendekati nyata, kemampuan melakukan drifting, dan juga menyisipkan berbagai jenis misi yang dapat dijalankan.

Harga: Gratis

2. Grand Gangster 3D

Dari namanya saja, sudah bisa dibilang game ini kental dengan suasana gangster di Amerika. Grand Gangsters menyuguhkan dunia kriminal jalanan yang gelap dan keji. Pemain dapat menyelesaikan 6 misi curanmor yang berbeda, untuk mengambil alih kota, dan kabur dari kejaran polisi.

Pemain juga bisa balapan di jalanan kota, dan menembaki gang lain.Game ini memadukan antara game shooter, punching, dan auto racing.

Harga: Gratis

3. Max Payne Mobile

Max Payne merupakan game garapan Rockstar, Developer yang sama yang membuat franchise game GTA. Pemain akan bermain sebagai Max. Ia merupakan seorang polisi undercover, yang dituduh melakukan pembunuhan. Ia diburu oleh sesama polisi dan juga para mafia. Sebagai pria yang tersudut, Max berjuang untuk membersihkan namanya, serta mengungkap kebenaran yang sesungguhnya di balik pembantaian keluarganya.

Max Payne menerapkan Cinematic Action-Shooter, yang menyuguhkan pemain aksi tembak-tembakan dalam slow-motion, yang dipadukan dengan cerita yang gelap dan kompleks.

Harga: Rp35 ribu.

4. Grand Crime Gangster

Saat pertama kali bermain, pemain dapat memilih ras karakter mereka, dan juga memilih jenis kelamin. Setelah itu, pemain akan kabur dari penjara, untuk membersihkan nama baiknya dari kasus kriminal yang tidak dilakukannya. Pemain harus mencapai puncak organisasi kriminal dengan berkelahi, baku tembak, mencuri mobil, dan balapan mobil.

Di kota San Andreas ini, pemain akan menemui sebuah kota yang menjadi sarang gangster, korupsi, dan kekerasan setiap harinya. Ada juga bos mafia yang psikopat, geng balap liar, dan juga agen rahasia yang korup di game ini.

Harga: Rp35 ribu.

5. LONEWOLF

LONEWOLF merupakan game yang berisikan banyak konflik moralitas yang intens. Cara FDG Entertainment mendeskripsikan game ini juga cukup unik.

Pemain akan berperan sebagai penembak jitu misterius, yang memiliki motivasi yang tersembunyi. Apapun harus pemain lakukan, agar bisa masuk ke sebuah organisasi kriminal, bernama "Assembly". Selama perjalanan, pemain akan mendapatkan berbagai jenis senjata, seperti senjata laras panjang, pistol, bomb, hingga bertarung dengan tangan kosong saja. Ada 20 jenis senjata yang dapat ditemukan dan dikoleksi.

Harga: Gratis.

6. Gangstar Vegas: World of Crime

Gangstar Vegas adalah RPG bertemakan gangster. Pemain akan berusaha menjadi pemimpin gang di Las Vegas, dan berkonflik dengan gang lain dan kartel mafia, dalam sebuah open world game.

Banyak misi dan game mode yang ditawarkan di game ini. Mulai dari mode tembak-tembakan klasik ala GTA, hingga mode balap mobil. Tersedia beragam pilihan senjata dan juga kendaraan. Tersedia banyak misi juga yang bisa pemain selesaikan.

Harga: Gratis.

7. Gangstar Rio: City of Saints

Masih dari seri Gangstar, rekomendasi selanjutnya adalah Gangstar Rio. Game garapan Gameloft ini memiliki kemiripan gameplay dan grafis dengan Gangstar Vegas. Namun di game ini, pemain akan bermain di kota Rio de Janeiro, Brazil.

Selain banyak pilihan senjata seperti pistol, senapan, bazoka, dan granat, tersedia pula senjata dengan kearifan lokal, yaitu Explosive Football. Terdapat juga pilihan kendaraan, seperti pesawat terbang, helikopter, hingga tank, yang bisa didapatkan dari mencuri atau juga bisa dibeli. Aksesoris dan pakaian, juga dapat dikoleksi di game ini.

Harga: Rp109 ribu.

8. Real Gangster Crime 2

Game ini memberikan pengalaman bermain sebagai anggota gangster, di dalam sebuah kota yang luas. Pemain bisa mendapatkan banyak hadiah dari berbagai tugas yang diberikan. Real Gangster Crime 2 memiliki pantai dan kota wisata yang bisa pemain nikmati, baik dari daratan maupun dari angkasa, menggunakan helikopter.

Pemain bisa memilih fraksi gang mana yang diinginkan secara bebas, dan berperang melawan gang lain. Pilihan senjata akan tersedia untuk bertahan hidup dari situasi yang berbahaya.

Harga: Gratis.

9. Miami Crime Simulator 2

Pemain akan bermain di kota Miami, sebuah kota mewah dan modern, yang terletak di tepi pantai. Mobil mahal, pantai yang indah, serta berbagai klub malam menarik perhatian banyak orang ke kota ini, tak terkecuali gangster.

Pemain akan ditantang untuk memasuki dunia kriminal di Miami. Game ini mengandung unsur RPG, dengan perspektif 3D third-person-shooter. Banyak hal yang menambah suasana dunia gangster di game ini, seperti tingginya kasus kriminal, polisi jahat dan korup, curanmor, dan peluru nyasar yang menunggu pemain.

Dengan menyelesaikan banyak misi, pemain akan mendapatkan segudang pengalaman dan uang, yang dapat digunakan untuk menemukan teman dan menciptakan geng. Setelah itu, pemain dapat melindungi sesama anggota dari para bandit lain.

Harga: Gratis.

10. Sins of Miami Gangster

Masih dengan setting dan kota yang sama, rekomendasi terakhir adalah Sins of Miami Gangster. Pemain akan bermain sebagai kepala geng mafia, yang ingin membalas dendam atas matinya anggota gengnya.

Game ini memiliki peta open world, dengan berbagai situasi ala gangster seperti di dunia nyata. Pemain bisa mencuri mobil dan menembaki anggota geng lain, dari New Orleans dan Amerika.

Harga: gratis.

Sembari menunggu Grand Theft Auto VI rilis, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa game di atas. Jika Anda tertarik dengan game open-world mirip GTA, Anda bisa cek rekomendasi Hybrid di sini.