Review OPPO Reno8 5G, Peningkatan Prosesor dan Penyegaran Desain 

Review singkat kali ini membahas beberapa peningkatan serta fitur yang ada seri di Reno8 5G

Perangkat Reno8 5G adalah salah satu perangkat terbaru yang OPPO hadirkan untuk penikmat gadget di Indonesia. Seri Reno8 ini mendapatkan penyegaran dari sisi desain yang cukup signifikan. Selain itu performa dan spesifikasi juga mengalami peningkatan. 

Di artikel ini saya akan membahas dan merangkum beberapa hal yang menarik untuk diceritakan dari pengalama menggunakan Reno8 5G. Review singkat kali ini akan membahas beberapa aspek seperti desain, pengalaman fotografi, pengalaman bermain game dan beberapa hal lainnya. Mari kita mulai review OPPO Reno8 5G. 

Desain baru OPPO Reno8 5G yang lebih seru dari seri sebelumnya

Dari sisi desain, OPPO Reno8 5G membawa penyegaran yang cukup besar. Desain perangkat tidak lagi curve di bagian pinggir, layout kamera juga mengalami perubahan desain yang cukup signifikan. 

Reno8 5G hadir dengan kesan kotak. Terutama di bagian pinggir perangkat yang kini tidak lagi melengkung. Dari sisi warna masih mirip Reno7 yaitu warna Shimmer Gold dan Shimmer Black. Untuk versi warna yang Gold akan ada nuansa warna-warni ketika terkena cahaya. Tampilan belakang Reno8 5G juga bebas sidik jari. 

Bagian belakang perangkat hadir dengan model unibody, terintegrasi antara modul kamera dengan penutup belakang. OPPO menjelaskan bahwa tampilan seperti ini untuk mencegah debu menumpuk di area kamera.

Layout area kamera membawa desain layaknya kamera sinema klasik. Ini merupakan tribute atas desain kamera klasik tersebut sebagai penanda bahwa Reno8 5G memang fokus ke pengambilan gambar baik foto atau video. Di area kamera ini tampak juga Ring Flash untuk membantu penerangan saat gelap. 

Pengalaman genggam di perangkat ini memang cukup beda dari seri sebelumnya. Untuk lebih terasa kaku ketika menggunakan satu tangan tetapi ketika bermain game dengan dua telapak tangan malah lebih nyaman karena lebih terasa flat. 

Dari sisi penampilan, bagian belakang perangkat Reno8 5G ini tampil cukup keren dan punya kesan modern yang kuat. Menjadi penyegaran yang cukup kentara sebagai pembaruan dari seri sebelumnya. 

Spesifikasi teknis

Salah satu peningkatan paling signifikan dari perangkat Reno8 5G dibanding seri sebelumnya adalah hadirnya MediaTek Dimensity 1300 5G SoC sebagai dapur pacu utama. Prosesor ini akan mampu memberikan dukungan yang cukup mumpuni untuk kegiatan komputasi maupun kegiatan berat lain seperti bermain game. 

Di sisi CPU, ada empat inti Cortex-A78, satu punya kecepatan clock hingga 3.0 GHz dan tiga inti pada 2.6 GHz. Bersama empat inti Cortex-A55 2.0 GHz dan GPU Mali-G77 MC9. 

Untuk RAM dan ROM dari perangkat Reno8 5G adalah RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB dengan tambahan fitur 5GB RAM Expansion. Layar perangkat sendiri adalah 6,4 inci dengan dimensi bodi 160 x 73.4 x 7.67 mm dan punya bobot 179 gram.

Untuk kamera sendiri, Reno8 5G sudah dilengkapi dengan sensor IMX766 untuk kamera belakang dan IMX709 untuk kamera depan. Sedangkan spesifikasi lengkap kamera antara lain Sony IMX 766 beresolusi 50 MP lalu ada kamera 8 MP f/2.2 dengan lensa 5P ultrawide 112 derajat serta 2 MP f/2.4 untuk macro.

Untuk kamera depan ada sensor Sony RGBW generasi baru, Sony IMX 709 berukuran 1/2.74 inci beresolusi 32 MP f/2.4.

Fitur kamera yang ada di perangkat antara lain fitur Night Portrait untuk foto portrait malam hari yang dilengkapi algoritma Turbo RAW yang ditingkatkan. Pengurangan noise juga dapat dilakukan pada 3 (tiga) lapisan warna R/G/B secara paralel dalam format RAW.

Untuk merekam video juga hadir fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video. Fitur yang bisa memberikan hasil video, ekspresi warna, mempertajam garis wajah, dan yang juga menarik adalah mencegah kehilangan detail dari subjek dalam siluet karena cahaya latar yang kuat.

Sedangkan dari sisi baterai, hadir 4500 mAh dengan SuperVOOC 80W. SuperVOOC di Reno8 5G juga mengalami peningkatan signifikan dari seri sebelumnya. Ini memungkinkan dukungan pengisi daya cepat yang membantu kegiatan sehari-hari. 

Fitur keamanan dari sisi baterai antara lain Battery Health Engine, sistem pendingin Liquide Super-Conductive Vapor Chamber (VC) yang ditingkatkan. Untuk urusan antara muka, Reno8 5G juga membawa ColorOS 12.1 berbasis Android 12 yang juga kayak akan fitur termasuk fitur yang memungkinkan perangkat membutuhkan password saat akan dimatikan. 

Dengan spesifikasi teknis dan berbagai peningkatan dari seri sebelumnya, Reno8 5G bisa menjadi salah satu perangkat dengan fitur dan fasilitas yang cukup lengkap bagi penggunaan sehari-hari, bermain game atau tentu saja, fotografi. 

Pengalaman foto dengan Reno8 5G

Berbicara tentang hasil kamera dari perangkat Reno8 5G, ada beberapa skenario yang dicoba dengan perangkat ini. Antara lain foto portrait, untuk melihat salah satunya adalah efek bokeh yang dihasilkannya, serta foto malam hari, untuk melihat kemampuan perangkat dalam memfoto dengan cahaya minim atau bukan siang hari. 

Hasil  dari kamera Reno8 5G ini cukup menarik. Beberapa skenario bisa dilahap dengan cukup baik oleh perangkat. Termasuk juga foto saat sore menjelang senja dan saat malam. 

Beberapa hasil foto portrait bisa dilihat di sini dan untuk foto malam di sini. Saya cantumkan beberapa hasil foto untuk artikel ini. 

Pengalaman gaming

Seperti yang dijelaskan di atas, peningkatan kemampuan dapur pacu di perangkat ini cukup signifikan. Dari test aplikasi pihak ketiga skor Antutu Reno8 5G ada di angka 61.6371 sedangkan di Reno7 5G di angka 43.2703. Dengan peningkatan ini tentunya membantu berbagai aktivitas dengan perangkat, tidak terkecuali bermain game. 

Saya mencoba untuk memainkan dua game yaitu Apex Legends Mobile dan PUBGM. Keduanya bisa dilihat tanpa masalah dengan pengaturan yang cukup tinggi, Apex di ExtremeHD dan frame rate very high sedangkan PUBGM di HDR dan Extreme. 

Dari sisi pengalaman genggam sendiri, cukup menyenangkan. Desain yang ada memberikan grip yang baik saat menggunakan dengan dua tangan (meski agak kurang nyaman ketika menggenggam dalam satu tangan karena desainnya yang kotak). Tampilan layar terasa lebar serta memiliki tampilan yang juga cukup baik. Apex Legends Mobile yang kaya akan visual bisa dinikmati dengan nyaman. 

Reno8 5G juga  membawa fasilitas super conductive VC liquid cooling system. Area pendingin di perangkat ini meningkat 16.8% dari versi sebelumnya, sehingga perangkat bisa digunakan nyaman dengan suhu panas yang tidak menggangu alias masih bisa terjaga. 

SuperVOOC 80W yang membawa kemampuan fast charging juga mendukung bermain game. Beristirahat dari main game untuk mengisi daya, sebentar saja sudah bisa digunakan lagi untuk berbagai kegiatan. 

Selain itu beberapa fitur gaming di Color OS 12.1 antara lain Game Focus Mode, pengaturan performa khusus untuk gaming, pengaturan notifikasi dan voice changer hadir di perangkat ini.

Dengan berbagai fasilitas yang ada, OPPO Reno8 5G memiliki kemampuan yang cukup handal untuk kelasnya. Desain yang kekinian, kemampuan perfoma komputasi yang baik serta kemampuan fotografi yang juga cukup baik untuk kelasnya.

Fitur-fitur khas OPPO juga hadir sebagai pelengkap di ColorOS 12.1. Salah satu kelebihan utama juga hadir di dukungan SuperVOOC yang kini 80W, menjadi pendukung yang handal untuk berbagai kegiatan terutama saat membutuhkan pengisian daya cepat. 

—-

Saat tulisan ini diterbitkan, Reno8 5G masih dalam masa pre order tanggal 25 Agustus 2022. Ada berbagai promo menarik yang bisa didapatkan dalam masa pre-order ini, totalnya senilai 2.5 jutaan rupiah. Informasi bisa menuju akun media sosial OPPO, atau ke situs resmi.

Reno8 5G yang dijual dengan harga 7.999.999 rupiah. Untuk proses pre-order penikmat gadget sudah bisa memesan sampai dengan 25 Agustus 2022.

Ada beberapa keuntungan untuk masa pre-order kali ini yaitu keuntungan senilai 2.499.000 rupiah (mulai dari Reno8 Sounbokz, OPPO Band untuk pembelian Reno8 5G, penawaran bank 0% dan poin di aplikasi MyOPPO yang bisa ditukar voucher, dan cashback untuk pembelian bundling TWS Enco Buds2 dan Enco Air2 Pro dan OPPO Reno8 Series.

Pemesanan sendiri bisa dilakukan di OPPO Online Store dan OPPO official store toko online populer di Indonesia. Untuk Reno8 5G melalui daring eksklusif di Shoppe + tambahan Spaylater bunga 0% dan cicilan 12 bulan.