23 August 2022

by Dimas Galih W.

2 Smartphone Lama Samsung Bakal dapat Update Firmware

Samsung mengeluarkan update firmware untuk perangkat lamanya! Hal yang cukup jarang dilakukan oleh sebuah vendor smartphone

Setelah melewati 3 tahun, hampir semua smartphone sudah tidak lagi mendapatkan pembaruan firmware. Padahal, bug dan lubang keamanan masih banyak yang terbuka. Hal ini membuat beberapa pengguna berpindah ke sistem operasi pihak ketiga seperti LineageOS. Namun, langkah Samsung kali ini patut diacungi jempol.

Hal tersebut dikarenakan Samsung menyediakan update baru untuk menutup bug pada 4 perangkat, yang 2 diantaranya cukup lawas. Setidaknya hal tersebut terjadi di negara Jerman. Keempat perangkat tersebut adalah Galaxy S10e, Galaxy Note 10, Galaxy A7 2018, dan Galaxy S5 Neo.

Galaxy S10e akan menerima firmware dengan versi G97XFXXSGHVH2. Update ini nantinya akan membenahi hampir 60 lubang keamanan. Namun smartphone yang satu ini memang baru berumur 3 tahun lebih, jadi memang seharusnya masih mendapatkan firmware baru dari Samsung.

Perangkat selanjutnya adalah Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 +. Perangkat ini akan mendapatkan firmware dengan versi N97*FXXU8HVGA. Update kali ini akan meningkatkan kestabilan sistem serta menutup beberapa celah keamanan. Perangkat ini sendiri masih mendapatkan update setiap bulannya karena memang masih berumur sekitar 3 tahunan.

Yang cukup mengejutkan kali ini adalah Samsung Galaxy S5 Neo. Anda yang masih memiliki perangkat yang diluncurkan pada tahun 2015 akan mendapatkan update firmware. Dengan versi G903FXXU2BVG3, nantinya yang duluan akan mendapatkan update-nya adalah varian Vodafone. Pembaruan ini nantinya akan membenahi masalah GPS dan masih akan menggunakan versi Android 6.0.1.

Terakhir adalah Samsung Galaxy A7 2018 (yang tentu saja diluncurkan pada tahun 2018). Perangkat ini nantinya akan mendapatkan firmware dengan versi A750FNXXU5CVG2. Pembaruan ini juga bakal menutup beberapa celah keamanan serta meningkatkan stabilitas sistemnya. Update ini tidak akan menaikkan versi Android yang sudah ada.

Samsung Galaxy S10e

Perlu diketahui bahwa update ini terlebih dahulu akan dikeluarkan pada negara Jerman. Biasanya setelah itu akan dikeluarkan untuk beberapa negara lainnya. Belum diketahui kapan update ini akan tersedia untuk perangkat-perangkat di Indonesia. Semoga saja, Samsung cepat tanggap untuk menghadirkan update ini bagi penggunanya di Indonesia karena produsen asal Korea ini sangat mengedepankan keamanan perangkatnya.

Semoga saja, Samsung mengeluarkan update security patch untuk semua perangkat lamanya. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kenyamanan para pengguna perangkat lawas mereka. Hal ini juga patut dicontoh oleh produsen smartphone lainnya agar perangkat lawasnya aman dari tangan jahil pihak ketiga.