22 March 2024

by Lukman Azis

Review Infinix Hot 40i, Smartphone Terjangkau dengan Desain Menarik

Secara keseluruhan, Infinix Hot 40i adalah smartphone terjangkau pilihan di tahun 2024 dan masuk daftar rekomendasi smartphone untuk Lebaran.

Infinix Hot 40i adalah salah satu smartphone terbaru dari Infinix yang ditujukan untuk pasar entry-level. Dibanderol dengan harga Rp1.799.000, perangkat ini menawarkan desain yang menarik dengan beberapa fitur unik seperti Magic Ring yang membuatnya berbeda dari pesaing di kelasnya.

Ia juga sudah dilengkapi dengan fitur NFC dan sensor sidik jari pada tombol dayanya. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari Infinix Hot 40i? Apakah masuk daftar smartphone yang direkomendasikan untuk tahun 2024 ini dan terutama momen Lebaran. Langsung saja, simak review Infinix Hot 40i di bawah ini.

Magic Ring dan NFC

Siapa di sini yang tahu fitur Dynamic Island di iPhone? Ya, kurang lebih begitulah konsep dari Magic Ring yang ada pada Infinix Hot 40i. Kita dapat memeriksa aktivitas yang sedang berlangsung seperti saat charging, membuka kunci dengan face unlock, dan ketika ada panggilan suara masuk di Magic Ring di punch hole yang ada pada bagian atas layar.

Fitur lain seperti NFC juga tersedia, kita bisa mengecek dan top up saldo e-money atau kartu prabayar lainnya dengan NFC, melakukan pembayaran elektronik tanpa perlu mengeluarkan kartu dan uang fisik, dan sebagainya. Juga ada sensor sidik jari di samping pada tombol power untuk kemudahan akses, masuk ke aplikasi tertentu, dan juga bisa menjadi pengganti kata sandi.

Desain dan Layar

Beralih ke desain, Infinix Hot 40i tersedia dalam empat pilihan warna stylish, yaitu Horizon Gold, Starlit Black, Starfall Green, dan unit review yang saya review berwarna Palm Blue. Varian ini memiliki sentuhan akhir matte pada panel belakang dan dalam paket penjualan dilengkapi dengan case transparan untuk keamanan penggunaan sehari-hari.

Bagian yang menonjol dari Infinix Hot 40i adalah adanya desain glow line yang melintang di bagian belakangnya. Desain ini memberikan efek cahaya gradasi yang berubah-ubah sesuai dengan sudut pandang, membuatnya tampak lebih dinamis dan juga futuristik.

Selain itu, modul kamera belakangnya terlihat cukup familier, terlihat agak mirip seperti kamera boba ala seri iPhone Pro. Bingkai kameranya menampung dua unit kamera dan satu LED flash berbentuk cincin.

Secara keseluruhan, Infinix sukses memberikan desain yang elegan dan premium. Desain kamera boba juga memiliki pesonanya tersendiri terutama bagi kalangan anak muda. Build quality-nya terasa solid, meski punggung dan bingkainya dari material plastik. Ketebalan bodinya 8,3mm dan beratnya 190 gram.

Bentuk bingkainya datar dengan sentuhan glossy yang mengkilap tetapi agak rentan menangkap noda bekas jari. Pada sisi kanan, bisa dijumpai tombol power dengan sensor sidik jari dan volume, serta SIM tray pada sisi seberangnya. Sisanya berada di bawah, termasuk jack audio 3,5mm, mikrofon, port USB-C, dan speaker mono.

Dari segi layar, Infinix Hot 40i dibekali layar IPS LCD berukuran 6.56 inci, tetapi resolusinya masih sebatas HD+ (720×1612 piksel). Layarnya yang cukup lapang, enak untuk menonton video dan bermain game. Cuma mungkin sedikit kurang nendang karena resolusinya masih HD+, tetapi Infinix memberikan refresh rate di 90Hz.

Selain itu, layarnya punya kecerahan 480 nits dan mendukung fitur Eye Care, yang dapat mengurangi emisi cahaya biru dan melindungi mata pengguna dari kelelahan. Meski begitu, pastikan kita tetap menjaga jarak pandang yang aman dan beristirahat sejenak dari melihat layar smartphone setiap 20-30 menit.

Kamera Utama 50MP

Meski modul kameranya terlihat gahar, anggap saja Infinix Hot 40i hanya memiliki satu kamera belakang saja. Kamera sekundernya 0,8MP cuma sekedar dekorasi atau pelengkap saja, tanpa lensa ultrawide apalagi telephoto.

Untungnya kamera utamanya resolusinya sudah 50MP dan secara bawaan menghasilkan foto 12,5MP atau quad bayer 4-in-1. Sehingga tiap piksel berukuran lebih besar dan dapat diandalkan di berbagai kondisi cahaya.

Fitur kamera yang ditawarkan mencakup mode foto yang dapat mendeteksi scene atau kondisi cahaya guna mengoptimalkan kualitas. Untuk mode beauty, bisa atur berbagai macam parameter. Lalu ada mode portrait, pro, super night, video, short video, time-lapse, slow motion, dan sebagainya. Di bawah ini beberapa contoh hasil fotonya:

Perekam videonya dapat menghasilkan footage dengan resolusi 1080p pada 30fps saja. Untuk sekedar bikin konten kasual seperti video pendek di IG Reels atau TikTok, hasilnya cukup baik dengan catatan cari tempat dengan cahaya yang memadai. Di kondisi minim cahaya, hasilnya akan turun drastis.

Ditenagai Chipset Unisoc T606

Pada halaman Infinix Hot 40i di website resminya, terpampang jelas tagline “Gaming Anti Ngelag”. Untuk game Mobile Legends: Bang Bang, saya mencoba mendorong pengaturannya ke kanan yang dapat berjalan pada high frame rate Super dan kualitas grafis yang direkomendasikan high tetapi bisa sampai ke Ultra dengan cukup lancar.

Dapur pacu yang menenagai Infinix Hot 40i adalah Unisoc T606. Berjalan pada sistem operasi Android 13 di atas XOS 13, serta didukung RAM 8GB ditambah MemFusion untuk RAM virtual hingga 8GB dan penyimpanan internalnya 256GB.

Chipset Unisoc T606 masih dibuat pada proses fabrikasi 12nm dan memiliki CPU octa-core. Dua inti performanya berbasis Cortex-A75 dengan kecepatan clock hingga 1.6GHz dan enam inti efisiensi Cortex-A55 pada, serta GPU Mali-G57 MP1.

Untuk pemakaian harian, performanya tergolong cukup lancar dan proses memuat atau loading mungkin juga akan Anda jumpai pada aplikasi tertentu. Berikut hasil benchmark dari Infinix Hot 40i:

  • Geekbench 6 single-core 380
  • Geekbench 6 multi-core 1.400
  • Geekbench 6 GPU 450
  • PC Mark Work 3.0 8.342
  • 3D Mark Wild Life 428
  • 3D Mark Wild Life Extreme 117

Verdict Review Infinix Hot 40i

Infinix Hot 40i adalah smartphone yang dirancang untuk generasi muda dengan budget yang ketat. Meski ditujukan untuk segmen entry-level, Infinix Hot 40i mengusung desain dengan elemen kekinian dan pilihan warna stylish seperti Horizon Gold, Starlit Black, Starfall Green, dan Palm Blue. Namun ada beberapa kompromi, seperti layar yang resolusinya masih HD+ dan hanya satu kamera saja yang utama 50MP yang bisa digunakan. Hasil optimalnya hanya bisa didapatkan pada kondisi pencahayaan yang mencukupi.

Meski ditenagai chipset 12nm yakni Unisoc T606, performanya tergolong memadai untuk pemakaian harian. Ditambah RAM 8GB ditambah 8GB RAM virtual dan penyimpanan internalnya 256GB yang memungkinkan pengguna tidak perlu khawatir kehabisan ruang. Secara keseluruhan, Infinix Hot 40i adalah smartphone terjangkau pilihan di tahun 2024 ini dan masuk daftar rekomendasi smartphone untuk Lebaran.

Sparks

  • Fitur cukup komplet, termasuk Magic Ring, NFC, dan sensor sidik jari
  • Desain kamera boba dan pilihan warna stylish
  • Layar lega 6,56 inci dengan refresh rate 90Hz
  • Kamera utama 50MP
  • Konfigurasi memori lapang 8GB/256GB

Slacks

  • Resolusi layar masih sebatas HD+
  • Kamera sekunder cuma pelengkap, anggap hanya punya satu kamera