Hybrid
for SEO
Hybrid

Review Hot Wheels Unleashed: Balapan Nostalgia dengan Grafis Memanjakan Mata

11 October 2021Adi Nawan

Mainan mobil-mobilan legendaris ini akhirnya hidup kembali.

Kehadiran Hot Wheels Unleashed di dunia game balap seakan menjadi angin segar untuk banyak gamer. Tak hanya bagi para pecinta Hot Wheels, game ini juga cocok untuk gamer kasual yang ingin memainkan sebuah game balap yang menyenangkan dan mudah dipahami.

Game ini memiliki semua hal yang dibutuhkan sebuah game balaparcade mulai koleksi mobil yang dibawa langsung dari mainan aslinya, lintasan balap gila, berbagai item untuk dikoleksi, dan juga beragam kustomisasi yang bisa dilakukan di dalamnya.

Ditambah lagi, game ini juga menawarkan nostalgia kepada para penggemar Hot Wheels baik yang dulu senang mengoleksi dan memainkan mainan aslinya, menonton serial animasinya, atau memainkan game-game adaptasi lainnya seperti Hot Wheels: Beat That atau Hot Wheels: Stunt Track Challenge.

Lalu bagaimana dengan Hot Wheels: Unleashed ini? Apakah game-nya mampu memenuhi ekspektasi dari para fans yang telah menanti lama sejak game Hot Wheels terakhir dirilis? Berikut adalah Review Hot Wheels: Unleashed.

Membawa Hot Wheels ke dunia nyata

Setiap detail dalam game ini ditampilkan dengan indah

Salah satu keputusan tepat sekaligus pencapaian yang berhasil diraih oleh developer Milestone adalah menghadirkan visualisasi photorealistic dengan model mobil dan lintasan yang ditampilkan layaknya mainan aslinya. Berkat penggunaan Unreal Engine 4, berbagai material mulai dari plastik hingga metal yang ada pada setiap mobil tampak seperti nyata. Bahkan detail-detail seperti sambungan cetakan mainan hingga bekas sidik jari juga muncul bila pemain benar-benar mau memperhatikannya.

Realisme tersebut didukung dengan lintasan serta lokasi yang juga tampil tidak kalah detail dari mobilnya. Mulai dari ruang bawah tanah hingga di atas gedung pencakar langit, semua lokasi yang muncul dalam game ini terlihat menakjubkan. Tata cahaya terutama untuk dalam ruangan tampil indah dengan berbagai pantulan cahaya di berbagai permukaan.

Koleksi masif yang wajib dilengkapi

Ada banyak mobil yang wajib dikoleksi. Image credit: Milestones

Sama seperti di dunia nyata, Hot Wheels Unleashed juga berfokus kepada mobil-mobil yang harus dikoleksi. Hingga review ini ditulis, total ada 68 mobil mainan yang dapat dikoleksi. Pilihan mobilnya juga bervariasi, mulai dari mobil-mobil original milik Hot Wheels dengan beragam bentuk hingga mobil-mobil dunia nyata seperti Ford Mustang hingga DMC DeLorean dari film Back to the Future. Mobil-mobil tersebut nantinya dapat dikoleksi dengan membeli langsung dengan harga yang lebih mahal (dan pilihan terbatas) atau mengadu peruntungan lewat ‘blind box’ alias gacha’.

Sama seperti mainan aslinya, setiap mobil dalam game ini juga memiliki tingkat kelangkaan masing-masing. Ada 4 tingkatan mobil yang ada yaitu Common, Rare, Legendary, dan Super Treasure Hunt. Untuk mobil-mobil di tingkat Common dan Rare, pemain dapat melakukan upgrade yang akan meningkatkan performa sekaligus tingkat kelangkaannya. Sayangnya, peningkatan yang dilakukan nantinya tidak akan mengubah visualisasi dari mobilnya.

Sedangkan untuk mobil-mobil Legendary dan Super Treasure Hunt tidak bisa di-upgrade, namun telah memiliki performa yang tinggi dan memang sangat sulit didapatkan lewat Blind Box. Beberapa mobil dari kategori ini juga memiliki keunikannya masing-masing seperti suara nitrous yang unik pada DeLorean Back to the Future. Terakhir, ada juga mobil-mobil yang berstatus Secret Car dan seperti namanya mobil-mobil ini hanya bisa didapatkan dari balapan rahasia yang ada di dalam campaign game-nya.

Mengumpulkan berbagai hal lewat City Rumble

Semua progres pemain akan berada di City Rumble

Melanjutkan topik sebelumnya mengenai campaign, Hot Wheels memang memusatkan progres pemain di dalam campaign bernama City Rumble. Meskipun disebut campaign namun sebenarnya tidak ada cerita yang akan  diikuti pemain di dalamnya. City Rumble lebih berfungsi sebagai pemetaan event yang akan dilakukan oleh pemain selanjutnya.

Positifnya, setiap event memiliki hadiah uniknya masing-masing. Mulai dari mata uang, gears, blind box, hingga koleksi item untuk Basement atau Track Editor. Sistem progresif juga diterapkan sehingga pemain harus menyelesaikan balapan tertentu untuk dapat terus melanjutkan campaign. Bagusnya hal ini membuat setiap event di dalamnya terasa signifikan untuk dilakukan.

Apalagi, melengkapi koleksi item untuk Basement dan Track Editor tidak bisa didapatkan dari gacha. Sehingga campaign di sini memiliki tujuan lain yang lebih dari sekadar mencari uang. Ditambah lagi, ada juga Secret Event yang hanya dapat terbuka bila syaratnya telah dipenuhi oleh pemain.

Balapan seru namun minim variasi

Balapan akan terus tegang dari start hingga finish

Gameplay dari Hot Wheels Unleashed terbilang cukup sederhana dan mudah  dipahami. Hal yang unik adalah physics mobil dalam game ini bergerak layaknya mainan. Sehingga mobil yang dikemudikan akan terasa ringan dan mudah terbalik saat menabrak pembatas atau tidak tepat saat mendarat, terutama untuk mobil-mobil yang tinggi.

Namun hal tersebut menjadi keunikan tersendiri dari game ini yang membuatnya berbeda dari game balap arcade kebanyakan. Sistem berbelok dengan mekanisme ‘brake-to-drift’ memang sering ditemui di berbagai game balap, tetapi tantangan utama yang akan dihadapi pemain adalah bagaimana menguasai setiap belokan di lintasan, menyempurnakan drift agar tidak kehilangan kecepatan, dan juga mengeksekusi jalan pintas.

memotong jalur memiliki konsekuensi yang besar

Sayangnya variasi balapan yang disediakan dalam game ini terbilang minim, karena hanya ada tiga mode yang disediakan yaitu quick race, time attack, boss race. Secara sederhana quick race merupakan balapan melawan 11 mobil lain. Sedangkan time attack mengharuskan pemain untuk melaju di lintasan melawan batas waktu yang telah ditentukan. Dan yang terakhir adalah boss race, balapan ini mirip dengan quick race namun memiliki lintasan yang lebih panjang, rumit dan memiliki berbagai tantangan tambahan di dalamnya.

Pilihan lokasi yang disediakan juga terbatas yaitu hanya di enam lokasi, namun untungnya semua lokasi yang ada tersebut dipresentasikan dengan visualisasi yang sangat menarik. Untungnya juga developer Milestone cukup lihai dalam membangun lintasan yang variatif di setiap balapannya yang akhirnya membuat setiap balapan memiliki keunikannya masing-masing dan tidak terasa repetitif.

Beristirahat sejenak dengan konten sampingan

Selain balapan, pemain juga bisa memodifikasi basement yang bertindak sebagai ‘man-cave’

Selain memacu mobil mainanmu di trek plastik orange mulai dari langit-langit hingga ke bawah meja untuk menyelesaikan campaign, pemain juga dapat rehat untuk melakukan berbagai aktivitas sampingan sembari bersantai. Salah satunya adalah memodifikasi ruang pribadi pemain yang disebut “Basement”.

Di sini, pemain dapat menikmati semua bagian yang telah dikoleksi untuk memodifikasi ruangan sesuai selera pemain. Pemain dapat mengubah desain wallpaper, jenis lantai, pilihan furniture, hingga ke berbagai aksesoris kecil. Pemain juga bebas menentukan warna di hampir semua perabotan yang ada sehingga segala perubahan yang dilakukan akan terasa personal. Kerennya semua modifikasi di ruangan ini nantinya akan muncul ketika pemain balapan di lokasi basement.

membuat jalur Hot Wheels di sekeliling basement? Mengapa tidak?

Kemudian yang kedua adalah Track Editor yang telah disinggung sebelumnya. Di sini pemain dapat menggunakan berbagai macam part lintasan yang telah dikoleksi untuk membuat jalur lintasan impian masing masing. Pemain dapat memilih satu dari 6 lokasi yang telah tersedia dan memenuhinya dengan imajinasi para pemain terhadap lintasan Hot Wheels impiannya.

Selain lintasan standar, terdapat juga beragam variasi seperti lompatan, trek magnetik yang memungkinkan mobilnya menempel melawan gravitasi, hingga part khusus yang sebelumnya ada dalam boss race seperti laba-laba yang mengeluarkan jaring pengikat hingga kepala dinosaurus yang dapat mengigit mobil para pemain.

Berkreasi dengan mobil mainan yang dimiliki

Livery yang sudah dibuat akan dibagikan, anda juga bisa melihat kreasi pemain lain

Selain memodifikasi Basement dan juga membuat lintasan balap, Hot Wheels Unleashed juga memberikan pemain kemampuan untuk memodifikasi cat dan stiker dari mobil Hot Wheels favoritnya. Pemain bisa mengganti warna, memberikan berbagai stiker, hingga menentukan material yang digunakan untuk berbagai bagian mobilnya. Kontrol yang diberikan cukup luwes dan sederhana sehingga proses mengatur stiker akan terasa mudah dalam waktu singkat.

Dan setelah sibuk memodifikasi, pemain juga dapat memotret mobil atau bahkan lintasan yang telah dibuat menggunakan Photo Mode yang disediakan oleh game-nya. Photo Mode yang disediakan game ini juga cukup lengkap, mulai dari pengaturan zoom, fokus, filter, efek, hingga beragam frame untuk memperindah foto yang diambil.

Verdict

Image credit: Milestone

Pada akhirnya, Hot Wheels Unleashed menawarkan sebuah game balap arcade yang menyenangkan terutama bagi Anda yang memang menyukai Hot Wheels. Ada nostalgia sekaligus perasaan kagum untuk melihat mainan mobil ini dapat dikemudikan langsung di lintasan gila yang mungkin sebelumnya cuma ada dalam angan-angan.

Pemain juga akan dengan mudah beradaptasi dengan kontrol dari game ini yang terbilang cukup sederhana, namun masih memiliki ruang untuk improvisasi dan membuat para pemain menguasai game ini. Campaign yang tersedia juga akan memberikan arah yang jelas kepada pemain apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk dapat mengoleksi semua hal di dalam game ini.

Mendapatkan mobil Legendary dan Super Treasure Hunt terasa sangat menyenangkan

Namun game ini memiliki proses grinding yang cukup berat untuk mendapatkan uang yang cukup untuk membeli Blind Box ataupun Gears untuk meng-upgrade mobil favorit. Lokasi yang terbatas 6 dengan mode permainan yang sangat minim mungkin akan terasa repetitif bagi sebagian pemain.

Untungnya, semua kerja keras tersebut akan terbayar saat pemainnya akhirnya mendapatkan mobil mainan yang diinginkan atau berhasil memaksimalkan performa dari mobil kesukaan. Beberapa aktivitas di samping balapan juga cukup menyenangkan untuk dilakukan. Sehingga membuat game seharga Rp 400.000 ini sangat layak untuk dimainkan. Semoga saja ke depannya game ini mendapatkan update atau ekspansi untuk menambah konten-konten yang masih kurang dalam game ini

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV