24 January 2023

by Yubian Asfar

Honda dan Sony Kenalkan Prototipe Mobil Listrik AFEELA

Proyek ini menjadi kolaborasi perdana kedua perusahaan asal Jepang tersebut di segmen otomotif

Perkembangan segmen otomotif bertenaga listrik atau electric vehicle (EV) kian cepat berkembang. Kini Honda dan Sony menyambut positif hal tersebut. Kedua perusahaan mengumumkan prototipe mobil listrik bernama AFEELA di CES 2023 yang berlokasi di Amerika Serikat.

Proyek ambisius ini menyatukan kedua perusahaan tersebut dengan nama Sony Honda Mobility Inc. atau SHM. Produk ini menjadi hal yang berbeda ketika ditampilkan pada acara Consumer Electronics Show (CES) 2023 di Las Vegas, Nevada.

Sumber: shm-afeela.com

Ketika brand lain mengumumkan idenya di sektor peripheral gaming, namun Sony Honda Mobility Inc. menghadirkan mobil listrik. Memang pasar Amerika Serikat untuk mobil listrik sudah berkembang, salah satu indikasinya adalah tersebarnya charging station untuk mobil listrik di berbagai lokasi secara merata.

Di Amerika Serikat juga sudah banyak mobil listrik yang beredar, salah satunya dari Tesla sebagai perusahaan besutan Elon Musk.

Produk mobil listrik AFEELA sendiri dirancang dengan tujuan menciptakan standar baru untuk mobilitas kendaraan listrik. Elemen mobil bergeser dari tenaga dan performa ke perangkat lunak, jaringan serta pengalaman berkendara yang lebih canggih.

AFEELA Jadi Tonggak Awal Proyek Sony dan Honda

Sumber: shm-afeela.com

Pemilihan nama AFEELA sendiri mewakili kata “FEEL” (merasa) yang menjadi pusat pengalaman mobilitas mobil listrik. AFEELA mengungkapkan hubungan interaktif antara pengguna sebagai entitas cerdas yang memadukan teknologi penginderaan dan jaringan yang canggih.

Yasuhide Mizuno selaku CEO Sony Honda Mobility Inc. mengatakan bahwa inovasi akan terus hadir di balik proyek kerja sama ini.

“Sony Honda Mobility Inc. berusaha untuk menjadi Mobility Tech Company yang akan mengejar inovasi dalam mobilitas dengan menggabungkan teknologi mutakhir dan semangat bersama dengan orang-orang yang memelopori masa depan dengan kreativitas," ucapnya.

Fitur keselamatan dan keamanan yang digunakan AFEELA memang canggih, lebih tepatnya dilengkapi dengan total 45 kamera dan sensor di berbagai sisi kendaraan. Tidak lupa kecerdasan berkendara AFEELA, yaitu kehadiran chip dari keluarga Qualcomm Snapdragon yang akan digunakan dalam fitur utama termasuk AD/ADAS, HMI/IVI, dan telematika.

Sumber: shm-afeela.com

Benar, SHM juga akan membangun kerja sama strategis di bidang teknologi bersama Qualcomm Technologies untuk mewujudkan pengalaman dan kenyamanan terbaik di dalam sebuah mobil listrik.

Tertarik membeli? Untuk sementara waktu Sony Honda Mobility Inc. masih mengembangkan model produksi tersebut dan baru siap membuka pre-order di awal tahun 2025.

Pengumuman prototipe mobil ini menjadi ajang pengenalan bahwa Sony dan Honda siap memberikan gebrakan baru di pasar otomotif, dimulai dari regional Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada).