Dark
Light

POCO Ungkap Kebiasaan Konsumen Gen Z di Asia Tenggara

by
1 min read
September 3, 2023

Tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu pengguna terbesar dari smartphone saat ini adalah anak-anak muda yang kini masuk dalam kategori Gen Z. Dan salah satu brand smartphone yang menyoroti hal tersebut adalah POCO.

POCO baru saja mengumpulkan pakar industri dari seluruh kemitraan bisnis mereka untuk membahas perkembangan kebiasaan dan preferensi pengguna smartphone Gen Z di Asia Tenggara.

Dalam acara tersebut ikut hadir General Manager Xiaomi Southeast Asia, Quanxin Wang. Head of Marketing POCO Global, Anne Wang, dan juga Head of Product Marketing POCO Global Angus Ng.

Disamping itu, hadir juga petinggi-petinggi dari berbagai perusahaan teknologi di Asia Tenggara seperti Lazada, MediaTek, PUBG, Shopee dan TikTok Shop.

Acara bertajuk “POCO Partners Southeast Asia Forum 2023” tersebut diadakan di Bangkok, Thailand pada 21 Agustus 2023 lalu. Semuanya berkumpul untuk membahas perkembangan teknologi dan wawasan berbasis data di Asia Tenggara.

Gen Z diyakini sebagai “game changer” dalam kebiasaan dan preferensi penggunaan smartphone pada konsumen. Dan hal tersebut terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh YouGov atas nama POCO.

Survei yang dilakukan mencakup 2.500 konsumen yang menargetkan Gen Z dan Milenial di lima pasar Asia Tenggara, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam yang bermain game di smartphone setidaknya sebulan sekali.

Studi tersebut dilakukan untuk melihat kebiasaan penggunaan anak berusia 18-40 tahun di seluruh Asia Tenggara. Hasilnya, smartphone menjadi sangat penting dalam hidup mereka. Dengan sekitar 50% responden mengalami peningkatan waktu penggunaan smartphone.

Peningkatan penggunaan smartphone tertinggi dalam tiga tahun terakhir ada dalam game mobile (53%), belanja online (51%), dan juga aktivitas streaming video (48%). Hiburan masih menjadi peringkat tertinggi dalam aktivitas harian.

Di bawahnya, ada lebih dari setengah (56%) pengguna yang menggunakan smartphone mereka untuk panggilan telepon setiap hari dan kurang dari setengahnya (47%) untuk mengambil foto dan video setiap hari.

Sebagai generasi yang mengutamakan smartphone, Gen Z menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas mobile. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu per minggu dibandingkan dengan generasi milenial untuk semua aktivitas hiburan online.

Pertumbuhan aktivitas hiburan akan terus berlanjut, dengan sekitar empat dari sepuluh responden mengantisipasi untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game, streaming video, dan berbelanja online.

Pada akhir forumnya, diambil kesimpulan bahwa kemampuan gaming smartphone diimbangi dengan harga yang terjangkau masih menjadi agenda utama. Pimpinan tren ke depannya juga akan berpindah ke generasi konsumen yang lebih mudah, sehingga permainan brand juga perlu diperluas ke depannya.

Sony A6700
Previous Story

Kamera Mirrorless APS-C Tercanggih dari Sony, A6700 Tiba di Indonesia

Next Story

Mengabadikan FIBA Internasional Basket dengan OPPO Reno10 Plus 5G

Latest from Blog

Don't Miss

POCO Resmi Rilis POCO Pad, Ini Harga dan Spesifikasinya

POCO kembali membuat gebrakan di pasar gadget Indonesia dengan meluncurkan

POCO F6 dan POCO M6 dengan Performa Ekstrem Resmi Rilis, Ini Harganya

POCO kembali menghadirkan inovasi terbarunya. Kali ini, POCO meluncurkan dua